kumparan
search-gray
Food & Travel20 Juli 2018 23:47

7 Tips Jalan-jalan Aman di Mexico City

Konten kiriman user
“Meksiko enak, enggak? Meksiko ‘kan enggak aman, ya?” Saya sering mendapatkan pertanyaan seperti ini dari teman yang mengetahui saya pernah tinggal di Meksiko. Pertanyaan itu dapat dimaklumi mengingat berita tentang Meksiko yang muncul media elektronik di Indonesia atau film Hollywood memang lebih banyak menampilkan kengerian pertikaian, penculikan bahkan pembunuhan antar mafia kartel narkoba di Meksiko.
ADVERTISEMENT
Jika Anda juga bertanya-tanya, “Meksiko itu aman enggak sih?”, jawabannya adalah “umumnya iya”, terutama di Ibukota Meksiko, Mexico City. Dalam bahasa Spanyol, Mexico City yang juga disebut dengan Ciudad de Mexico (CDMX) atau Distrito Federal (DF) ini relatif cukup aman untuk wisatawan. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya jumlah wisatawan asing ke Mexico City setiap tahunnya.
Menurut data Kementerian Pariwisata Meksiko (SECTUR), selama bulan Januari 2017, terdapat 299.064 orang wisatawan asing yang masuk ke Mexico City dengan menggunakan pesawat. Jumlah ini meningkat 18.6% dari 252.227 di bulan yang sama tahun 2016. Sebagian besar wisatawan asing tersebut berasal dari Amerika Serikat (lebih dari 1 juta orang), diikuti Kolombia, Spanyol, Argentina, Brazil, Kanada, Peru, Prancis, dan Jerman. Terdapat pula peningkatan wisatawan asing dari Asia seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea.
Meksiko
Meksiko (Foto: Flickr Antony Stanley)
Sulit untuk tidak jatuh cinta pada Mexico City. Meskipun padat dan macet, kota ini menawarkan perjalanan melongok kembali sejarah yang telah berusia lebih dari 800 tahun, makanan enak dan berbeda, tempat belanja, dan wisata keluarga.
ADVERTISEMENT
Berbagai tujuan rekreasi dan wisata menarik di kota ini juga dilengkapi dengan infrastruktur pariwisata yang memadai. Tidak heran, dengan fasilitas pariwisata yang ditawarkan, kota metropolis ini pernah menempati urutan pertama dalam daftar “52 Places to Go in 2016” versi New York Times.
Anda tertarik untuk mengunjungi Mexico City? Supaya perjalanan Anda lebih menyenangkan, berikut 7 tips jalan-jalan aman di Mexico City.
Hindari Bepergian Sendirian, terutama di Malam Hari
Sebisa mungkin tidak pergi sendirian, terutama di malam hari, baik dengan transportasi pribadi maupun kendaraan umum. Mexico City adalah kota yang indah. Banyak tempat menarik tetapi beberapa tempat tidak aman untuk didatangi sendirian. Jika terpaksa harus bepergian malam hari, pergilah bersama teman.
ADVERTISEMENT
Anda tentu tidak mau berpapasan atau terjebak dalam pertikaian antar geng jalanan, bukan? Selain itu, jika menggunakan transportasi umum, sebagai tips, tingkatkan kewaspadaan Anda.
Sistem transportasi umum di Meksiko sangat beragam, terjangkau dan efisien, seperti Metro (kereta bawah tanah), bis, sepeda (Ecobici) yang dapat disewa, dan taksi. Namun, disarankan untuk menggunakan bis hanya di siang hari karena pencopet dan pembajak biasanya beroperasi pada malam hari.
Perlu berhati-hati pula jika bis yang dikendarai melalui jalan biasa (libre) dan bukan jalan tol karena (cuotas) karena kejahatan di jalan biasa cukup tinggi. Jika memungkinkan, gunakan bis kelas utama (premier) untuk memastikan keamanan yang lebih.
Taksi yang paling aman taksi sitio (Radio Taxi) yang hanya dapat dipesan di pangkalan taksi di depan supermarket, pusat perbelanjaan atau jalan utama. Akan lebih aman jika menggunakan taksi online (Uber) daripada taksi biasa atau jalan kaki.
ADVERTISEMENT
Hindari Daerah Berbahaya
Meskipun Mexico City relatif aman, Anda perlu menghindari beberapa tempat yang sangat tidak direkomendasikan demi keselamatan Anda. Tepito, adalah salah satunya. Merupakan sebuah pasar gelap, Tepito memiliki reputasi keamanan yang buruk.
Terletak sedikit di luar pusat kota (Centro Histórico/ Zocalo), sekilas tempat ini terlihat sebagai pasar kaget. Banyak pedagang berjualan di sepanjang jalan di Tepito.
Foto: Pedagang di Tepito (sumber foto: https://commons.wikimedia.org)
Menurut penduduk setempat, Tepito sering menjadi area penjualan obat terlarang dan senjata ilegal. Jika penduduk Mexico City saja tidak akan pergi ke Tepito, maka sebagai pengunjung, Anda sebaiknya menghindari tempat ini agar tidak menjadi target pencopet dan perampok.
Selain itu, jika tidak benar-benar diperlukan, hindari bepergian ke beberapa negara yang dekat/ berbatasan dengan Mexico City. Dilansir dari Dailymail, pada awal tahun 2018, State Department Amerika Serikat menetapkan lima negara bagian Meksiko dalam peringatan perjalanan (travel warning) karena dianggap sama berbahayanya dengan Yaman, Suriah, dan Afghanistan.
ADVERTISEMENT
Lima negara bagian tersebut adalah Guerrero (351 km), Michoacan (374 km), Colima (735 km), Sinaloa (1288 km), dan Tamaulipas (832 km). Jika tetap harus bepergian ke negara bagian tersebut, tetap selalu waspada.
(sumber: http://www.dailymail.co.uk)
Sembunyikan Harta Anda
Hindari memamerkan benda berharga Anda di tempat umum. Tips ini berlaku umum jika Anda hendak bepergian ke tempat asing.
Tips lainnya, jangan menghitung uang di tempat umum karena akan memancing pencopet dan penjambret. Jika Anda tetap harus memakai perhiasan dan membawa barang berharga, tetaplah berhati-hati dan menjaga barang Anda.
Tukar Peso di Bank/ Money Changer di Bandara
Sejauh ini, jarang ditemukan tempat penukaran mata uang asing ke mata uang Meksiko, yaitu Peso, di Jakarta. Lalu, bagaimana mendapatkan Peso? Tukarlah di Mexico City. Namun, umumnya di sebagian besar bank di Mexico City, memiliki ketentuan jumlah maksimal penukaran mata uang asing, khususnya dolar Amerika, ke mata uang setempat, Peso.
Foto: Mata uang Peso Meksiko (sumber: https://www.twenty20.com)
ADVERTISEMENT
Kebijakan ini konon diambil untuk menghindari praktik pencucian uang oleh kartel narkoba. Oleh karena kebijakan ini, dalam satu hari seseorang hanya bisa menukar sekitar US$ 500. Tetapi, menukar uang di Bank akan lebih aman dengan nilai tukar lebih baik.
Jika terburu-buru, Anda juga dapat menukarkan uang Anda di money changer di bandara. Untuk keperluan menukar uang ini, Anda perlu membawa paspor atau dokumen perjalanan Anda yang asli (bukan copy).
Bawa Hanya Copy Dokumen Perjalanan Asli
Selalu bawa hanya copy dokumen perjalanan (paspor) atau dokumen Anda lainnya. Kehilangan dokumen asli hanya akan menimbulkan masalah serius untuk Anda, terutama di imigrasi bandara. Tidak umum jika Anda harus menunjukkan dokumen asli. Namun, jika diperlukan, Anda dapat menunjukkan copy dokumen. Jangan lupa, selalu simpan dokumen perjalanan asli Anda di tempat yang aman, ya.
ADVERTISEMENT
Sedikit Bahasa Spanyol Akan Menolong Anda
Jangan berasumsi semua orang di Mexico City bisa berbahasa Inggris. Meskipun menjadi tempat banyak ekspatriat, sangat sedikit penduduk lokal yang bisa berbahasa Inggris. Cobalah pelajari sedikit kalimat dalam bahasa Spanyol untuk keperluan sehari-hari.
Orang Meksiko sama seperti kita. Mereka ramah dan akan senang jika orang asing bisa berkomunikasi dalam bahasa mereka, bahasa Spanyol.
Gambar: Frase berguna dalam bahasa Spanyol (sumber: TripAdvisor)
Catat Nomor Darurat
Himbauan ini berlaku tidak hanya ketika Anda berkunjung ke Mexico City. Catat nomor darurat yang berlaku di negara/ kota setempat. Beberapa nomor darurat di Mexico City adalah 911 (polisi), 066 (ambulans), 080 (pemadam kebakaran).
Yang tidak kalah pentingnya, sebelum bepergian, bawa asuransi perjalanan bersama Anda dan unduh aplikasi Safe Travel di telepon genggam Anda, untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai Meksiko dan negara lainnya yang Anda kunjungi.
ADVERTISEMENT
Setibanya Anda di Mexico City, jangan lupa lapor diri ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Mexico City, ya. Rekan-rekan di KBRI Mexico City dengan senang hati menyambut Anda di alamat Jalan Julio Verne No.27, Colonia Polanco, Mexico, DF 11560. Anda juga dapat menghubungi telepon: (52-55) 5280 6363, 5280 3449 pada jam kerja. Jika memerlukan bantuan atau dalam keadaan darurat (24 jam dan 7 hari seminggu), Anda dapat menghubungi nomor hotline KBRI di +52 1 55 6298 5506.
Semoga 7 tips di atas bermanfaat dan disfrutar de la Ciudad de México (Enjoy Mexico City)!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white