kumparan
19 Mar 2019 0:41 WIB

8 Bakso Enak dan Legendaris di Jakarta

Foto: Dok. pergikuliner.com
Bakso adalah perpaduan dari dua suku kata, yakni ‘bak’ dan ‘so’ yang artinya babi dan sup. Daging bulat bertepung ini lahir di negeri Tiongkok.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, bakso banyak sekali penggemarnya, bahkan dijadikan makanan khas di beberapa kota di Indonesia. Diantaranya Wonogiri dan Solo.
Kendati sama-sama menjadikan bakso sebagai komoditas, keduanya memiliki perbedaan. Bakso dari Wonogiri disajikan dengan kuah yang bening karena menggunakan kaldu tulang sapi, sedangkan bakso Solo menggunakan kaldu daging yang membuat kuahnya terlihat lebih keruh.
Bagi kamu yang ingin mencicipi nikmatnya bakso Solo atau Wonogiri, kamu tak perlu jauh-jauh mengunjungi kedua kota tersebut. Sebab, di Jakarta banyak bakso enak dan tak kalah dari bakso Solo dan Wonogiri.
Penasaran? Ini dia 8 bakso enak dan legendaris di Jakarta.

Bakso Solo Samrat

Foto: Dok. Qraved.com
Gerai bakso dengan cabang di berbagai daerah ini jadi pilihan utama saya saat sedang rindu dengan si bulat kenyal.
ADVERTISEMENT
Cabang yang biasa saya kunjungi biasanya di jalan Prof. Dr. Satrio No 28, Karet, Jakarta. Letaknya tidak jauh dari dari Lotte Shopping Avenue.
Di sini kamu bisa pilih beragam jenis bakso, mulai dari bakso puyuh, bakso rusuk dan bakso tenis.
Jika ingi berkunjung ke bakso solo samrat, kamu bisa siapkan kocek sekitar Rp 30.000 - Rp 50 ribu untuk satu porsinya.

Bakso Terasa Benhil

Foto: Dok.Justian Edwin
Kawasan Bendungan Hilir (Benhil) terkenal dengan kawasan yang menjual beragam makanan yang enak, salah satunya adalah Bakso Teras Benhil.
Bakso Teras Benhil beralamat di jalan Bendungan Hilir, Blok G2 No 3A, Jakarta. Bagi kalian yang ingin mencicipi bakso ini siap-siap untuk mengantre ya, karena kedai bakso ini ramai dikunjungi.
ADVERTISEMENT
Harga bakso di kedai ini tidak jauh beda dengan Bakso Solo Samrat, sekitar Rp 30 ribu untuk seporsi bakso urat berukuran besar. Kabar baik untuk para penggila tetelan, karena Bakso Terasa Benhil tidak pernah pelit dengan porsi tetelannya.

Bakso Kumis Blok S

Foto: Dok. Zomato.com/FoodieJKT
Pujasera Blok S tidak pernah seharipun terlihat sepi. Siang dan malam, orang silih berganti sembari mengantre. Salah satu bagian dari deretan pujasera Blok S adalah Bakso Kumis.
Walau terletak di deretan pujasera, Bakso Kumis memiliki konsep self service alias kamu yang meracik sendiri porsi bakso favoritmu. Hal ini membuat antrean tidak mengular dan tidak mengundang emosi para pembeli yang kelaparan.
Harga Bakso Kumis Blok S sangat terjangkau, cukup siapkan Rp 20 ribu untuk seporsi bakso yang lembut dengan kuah hangat.
ADVERTISEMENT

Mie Ayam Bakso Yunus Tebet

Foto: inspirasikukeni.blogspot.com
Sebagai 'mantan' warga Tebet, tidak adil rasanya jika saya tidak memasukkan kedai legendaris ini. Mie Ayam Bakso Yunus adalah sebuah kedai mie ayam dan bakso legendaris yang sudah hadir di Tebet sejak ayah saya masih remaja.
Selain terkenal dengan baksonya, Mie Ayam Bakso Yunus juga dikenal dengan mie ayam yamien yang manis gurih. Konon, banyak selebriti kerap makan di kedai bakso ini!
Mie Ayam BAkso Yunus ini terletak di jalan Tebet Barat Dalam VIII No 8D, Tebet, Jakarta.
Bagi kamu ingin datang mencicipi bakso ini, baiknya tidak membawa kendaraan mobil, karena di kedai ini sulit untuk mencari parkir.

Bakso Akiaw 99

Foto: Dok. jajanbeken.com
Bakso Akiaw yang ‘merantau’ jauh dari Medan memiliki empat cabang di Jakarta. Kedai ini memiliki keistimewaan tersendiri, karena tidak hanya menyediakan bakso sapi dan bakso urat saja. Bakso Akiaw juga punya bakso ikan sebagai pilihan alternatif. Pun begitu dengan mie yang bisa kamu pilih sesuai selera.
ADVERTISEMENT
Jika bosan dengan campuran bakso dan mie, tambahkan berbagai macam sajian pendamping yang tersedia. Kamu bisa pilih tetelan, potongan daging, hingga jeroan sebagai teman menyantap bakso kesukaanmu.
Bakso Akiaw bisa kamu kunjungi di jalan Mangga Besar Raya, Jakarta.

Bakso JWR

Foto: Dok. baksojwr.com
Sembilan cabang di berbagai sudut Jakarta menjadi validasi bahwa sajian bakso dari Bakso JWR memang disukai pelanggannya. Ketika pertama kali mencobanya beberapa tahun lalu, saya sempat berseloroh bahwa Bakso JWR adalah salah satu bakso terenak di Jakarta.
Salah satu cabang bakso JWR berada di jalan Tanjung Duren Raya No 96, Tanjung Juren, Jakarta.
Bakso JWR ini memiliki kuah yang tidak terlalu kental namun rasanya gurih, daging sapinya sangat terasa.
ADVERTISEMENT
Butir baksonya juga berukuran cukup besar, sepadan dengan harganya yang tidak semurah bakso gerobak.

Danau Bakso Cibubur

Foto: Dok. Qraved.com
Danau Bakso Cibubur adalah bakso favorit keluarga saya. Entah bagaimana akhirnya mereka menemukan kedai bakso yang cukup jauh dari rumah ini. Namun yang pasti, rasanya tidak berubah sejak dulu.
Memang tidak ada yang membuah bakso ini menjadi fenomenal, namun pengalaman santap bakso bersama keluarga membuatnya terasa istimewa.
Danau Bakso Cibubur tidak hanya menjual bakso saja, tetapi juga beberapa kudapan lain seperti mi ayam dan siomay.
Kedai bakso ini beralamat di jalan Lapangan Tembak No 4, Cibubur, Jakarta.

Bakso Rusuk Sunan Giri

Foto: Dok. Bakso Rusuk Sunan Giri
Saya mencoba Bakso Rusuk Sunan Giri di Rawamangun, lalu menemukan cabangnya di Bintaro. Kualitas setiap cabang cukup konsisten, dengan rasa kuah kaldu yang tidak terlalu kental namun tetap menggoyang lidah. Seporsi bakso berkuah panas hadir dengan mie kuning dan bihun.
ADVERTISEMENT
Jika ada satu hal yang disayangkan dari Bakso Rusuk Sunan Giri adalah porsi bakso halusnya yang tidak terlalu banyak. Layaknya dilema mie instan, kurang puas jika makan seporsi, terlalu banyak jika makan dua porsi.
Jika penasaran dengan rasanya, kamu bisa kunjungi kedai bakso ini di jalan Balai Pustaka Timur, Rawamangun, Jakarta Timur.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan