Credit Suisse Tawarkan 889 Juta Saham ke Investor untuk Pulih dari Krisis

Segala informasi soal bisnis, mulai rumor pasar hingga kabar terbaru dunia bisnis.
Konten dari Pengguna
25 November 2022 12:49
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
 Ilustrasi kantor Credit Suisse. Foto: AFP/Fabrice Coffrini
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kantor Credit Suisse. Foto: AFP/Fabrice Coffrini
ADVERTISEMENT
Credit Suisse menawarkan 889 juta saham baru bagi investor yang sudah ada dengan harga 2,52 franc Swiss atau USD 2,67 dolar per sahamnya. Pihak bank mengatakan bahwa mereka mengkonfirmasi persyaratan akhir dari kenaikan modal 4 miliar franc.
ADVERTISEMENT
Menurut laporan Reuters, penambahan modal tersebut disetujui oleh investor pada Rabu (23/11) dan dimaksudkan untuk mendanai rencana perubahan haluan bank, serta upaya untuk pulih dari krisis terbesar dalam 166 tahun sejarahnya. Penerbitan saham tersebut diperkirakan akan meningkatkan modal sekitar 2,24 miliar franc Swiss.
Selain itu, bank terbesar kedua di Swiss juga mengkonfirmasi telah menerbitkan 462 juta saham baru kepada investor yang memenuhi syarat melalui penempatan saham, dengan Saudi National Bank sebagai investor terbesar setelah membeli 307 juta saham baru untuk memberikan saham sebesar 9,9 persen.
Di bawah kenaikan modal, pemegang saham akan diberikan satu hak pemesanan terlebih dahulu untuk setiap saham yang mereka pegang pada 25 November. Tujuh hak akan memungkinkan pemegang untuk membeli dua saham baru dengan harga diskon 2,52 franc per saham, dengan periode pelaksanaan yang berlangsung dari 28 November hingga 8 Desember pukul 12.00 waktu setempat.
ADVERTISEMENT
Selain itu, jumlah saham dan harganya pun sama berdasarkan harga referensi yang ditetapkan sebesar 4,07 franc per saham.
Seperti yang diketahui, saham Credit Suisse yang sebelumnya kehilangan 59 persen nilainya sepanjang tahun ini, ditutup di 3.551 franc pada Kamis kemarin. Awal pekan ini Credit Suisse menandai berada di jalur kerugian sebelum pajak hingga 1,5 miliar franc Swiss pada kuartal keempat, kerugian tersebut disebabkan oleh klien mereka yang kaya berpaling dari bank membuat terus mengeluarkan miliaran franc.