Unik! Ide Bisnis Cuan dari Kontainer Bekas Jadi Hotel Ramah Lingkungan

Segala informasi soal bisnis, mulai rumor pasar hingga kabar terbaru dunia bisnis.
Konten dari Pengguna
7 Desember 2021 8:36
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Unik! Ide Bisnis Cuan dari Kontainer Bekas Jadi Hotel Ramah Lingkungan (6891)
zoom-in-whitePerbesar
Urban Merdeka Hotel di Bandung (Foto: Instagram @urbanmerdeka)
ADVERTISEMENT
Kontainer yang kita tahu, selama ini hanya digunakan untuk layanan ekspor dan impor atau sarana angkutan logistik antar wilayah. Namun, apa jadinya jika kontainer jadi sumber cuan di sektor penginapan?
ADVERTISEMENT
Di samping kelangkaan kontainer yang tengah terjadi saat ini, kontainer bekas yang sudah tak bisa dipakai sebagai mobilitas komoditi justru dijadikan hotel-hotel kreatif dan layak disinggahi.
Fasilitas hotel kontainer tentunya tak kalah mumpuni dengan hotel berbintang lainnya. Meski hanya menggunakan peti kemas bekas, kenyamanan pengunjung tetap diprioritaskan dengan berbagai modifikasi pada lapisan dinding dan fasilitas toilet di dalam layaknya hotel mewah.
Selain itu, hotel kontainer jadi bisnis yang menggiurkan karena dengan menjual keunikan, sensasi menginap di peti kemas, dan harga yang terjangkau pastinya banyak pelanggan yang penasaran.
Hotel kontainer yang beroperasi dan layak dicoba salah satu diantaranya yaitu Urban Merdeka Hotel di Jalan Merdeka, Bandung. Seorang pengunjung hotel tersebut memberikan kesan dan ulasan selama penginapan lewat akun Twitter @Widino miliknya.
ADVERTISEMENT
“Dapet lagi pengalaman unik nginep di hotel, kali ini gw tidur di dalam container. Iyaa, bener2 container yang dijadiin kamar hotel wkwkw. Bandung tuh ya ada ada aja idenya heran,” tulisnya saat mengawali thread ulasan Urban Merdeka Hotel, Minggu (5/12).
Fasilitas didalam kamar dilengkapi dengan jendela untuk sirkulasi, televisi, AC, hingga kamar mandi di dalam. Bahkan diluar kamar pun pengunjung dapat bersantai di private living room yang berada di sekat antar kamar.
Dari foto-foto yang dibagikan Widino, hotel kontainer tersebut terlihat mengusung konsep industrial kekinian dengan warna dan desain eksentrik di beberapa sudutnya.
Tak hanya penginapan, di lantai bawah hotel terdapat foodcourt yang menjual beragam makanan dan minuman. Untuk lokasi, hotel kontainer ini memilih lokasi yang cukup strategis di tengah kota.
ADVERTISEMENT
Selain menjual keunikan dan sensasi baru menginap dalam kontainer, bisnis hotel ini bisa dibilang ramah lingkungan tanpa membangun kembali bangunan besar yang dapat merusak lahan sekitar.
Harga penginapan di hotel kontainer pun terjangkau, untuk satu malam di Urban Merdeka Hotel menggocek harga Rp 170 ribu saja. Biaya yang terbilang murah untuk staycation sendiri atau bersama teman.
Di Indonesia sendiri sudah ada beberapa hotel kontainer yang berdiri, namun kemunculannya masih terbilang sedikit. Ini bisa jadi ide bisnis unik dan sumber cuan yang menguntungkan!