Viral Jual NFT Pakai Foto Selfie, "Ghazali Everyday" Hasilkan Rp 12 Miliar

Segala informasi soal bisnis, mulai rumor pasar hingga kabar terbaru dunia bisnis.
Konten dari Pengguna
13 Januari 2022 8:56
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Viral Jual NFT Pakai Foto Selfie, "Ghazali Everyday" Hasilkan Rp 12 Miliar (29767)
zoom-in-whitePerbesar
NFT Ghozali Everday (Foto: Twitter @Ghozali_Ghozalu)
Produk non-fungible token (NFT) belakangan semakin banyak bermunculan. Salah satu yang sedang ramai diperbincangkan yaitu NFT milik pemuda asal Indonesia, Ghozali Ghozalu.
ADVERTISEMENT
Melalui platform jual beli NFT OpenSea, Ghozali menjual foto selfie dirinya sendiri secara konsisten di tempat dan ekspresi wajah yang sama setiap hari, yang diberi nama "Ghozali Everyday".
Platform OpenSea merupakan wadah bagi para penjual dan kolektor untuk bertransaksi dengan menggunakan mata uang kripto Ethereum (ETH).
Pria berusia 22 tahun itu, diketahui telah mengambil foto dirinya sendiri selama 5 tahun, terhitung sejak tahun 2017-2021. Siapapun dapat mengoleksi fotonya yang dipajang di platform tersebut.
"Ini benar-benar gambar saya di depan komputer hari demi hari," tulis Ghozali dalam laman OpenSea miliknya.
Awalnya, harga satu foto selfie Ghozali hanya senilai 0,0001 ETH atau sekitar Rp 45 ribu saja. Namun, konsistensinya menjual selfie diri sendiri menarik perhatian banyak orang dan viral diperbincangkan. Hal ini mengundang para kolektor untuk membelinya.
ADVERTISEMENT
"Hari ini (foto selfie) terjual lebih dari 230+ dan sampai sekarang aku nggak tahu kenapa ada yang mau beli #NFT foto milikku. Tapi aku berterima kasih kepada kalian semua untuk upaya 5 tahunku yang terbayar lunas," tulis Ghozali di akun Twitternya.
Terpantau per 13 Januari, tawaran tertinggi dari NFT nya mencapai 1.01 ETH atau sekitar Rp 48.829.132 namun harga ini dapat bertambah atau berkurang tergantung pasar.
Selain itu, dari 933 koleksi, volume perdagangannya berhasil mencapai 258 ETH atau sekitar Rp 12 miliar. Terakhir, Ghozali mengumumkan NFT nya hanya tersisa 331 item saja.
Lewat akun Twitternya, @Ghozali_Ghozalu berbagi ada beberapa cerita di balik setiap koleksi fotonya. Salah satunya ketika seseorang mengunggah koleksinya yang dibalas dengan kisah dibaliknya.
ADVERTISEMENT
"Singkat cerita, di malam hari saya tak bisa tidur karena banyak berpikir, saya menyadari besok saya harus pergi ke sekolah" kata Ghazali membalas salah satu kolektor mengunggah fotonya.
Sejak viral, volume perdagangan Ghozali Everyday terus meningkat dalam 24 jam dengan peningkatan 54764,77% dan berhasil tembus ke 30 besar peringkat tertinggi di OpenSea.
"Kedepannya untuk tahun ini semoga saya bisa lulus kuliah dan bisa mengambil foto kelulusan saya, itu akan menjadi perjalanan yang keren," katanya.