12 Contoh Balasan Email Offering Letter yang Baik dan Benar

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
19 April 2024 23:11 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Contoh Balasan Email Offering Letter, Foto: Pexels/cottonbro studio
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Contoh Balasan Email Offering Letter, Foto: Pexels/cottonbro studio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Offering Letter adalah surat penawaran kerja dari HR suatu perusahaan. Jika para calon karyawan yang menerima surat ini dari suatu perusahaan, perlu tahu bagaimana cara membalas suratnya dan seperti apa contoh balasan email offering letter yang baik dan benar.
ADVERTISEMENT
Mengutip dari 7 Perbedaan Offering Letter dan Kontrak Kerja serta Contohnya - Universitas Medan Area, 16 Januari 2023, dalam situs lpm.uma.ac.id, sebelum resmi bergabung dengan perusahaan, umumnya tim HR akan mengirimkan offering letter atau surat penawaran kerja kepada kandidat yang terpilih dalam rekrutmen karyawan.
Surat penawaran kerja tersebut menunjukkan bukti keseriusan perusahaan dalam meminang pelamar yang memenuhi syarat untuk bisa segera bekerja. Umumnya, surat ini berisikan hak dan kewajiban karyawan setelah resmi bekerja di perusahaan. Hal ini juga menjadi gambaran kerja dan bisa menjadi pertimbangan seseorang pelamar.

12 Contoh Balasan Email Offering Letter

Ilustrasi Contoh Balasan Email Offering Letter, Foto: Pexels/Pixabay
Offering letter adalah surat penawaran kerja, yang artinya saat menerima surat ini seorang pelamar belum resmi menjadi karyawan perusahaan tersebut. Berikut ada beberapa contoh balasan email offering letter yang baik dan benar:
ADVERTISEMENT

1. Contoh 1, Menerima Tawaran

Perihal: Aou Thanaboon - Penerimaan Tawaran Pekerjaan
Yang Terhormat Bapak Tawan,
Terima kasih telah menawarkan saya posisi Design Grafis di Raja Snack. Saya senang menerima tawaran Anda dan sangat bersemangat untuk memulai perjalanan ini.
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, saya menerima gaji awal saya sebesar Rp2.000.000 untuk posisi ini. Saya juga menerima syarat dan kebijakan perusahaan sebagaimana dirinci dalam surat penawaran.
Mohon beritahu saya jika ada informasi atau formalitas yang perlu dilakukan sebelum bergabung. Saya bisa dihubungi melalui telepon atau email yang tercantum di bawah.
Terima kasih, sekali lagi, atas kesempatan yang telah Anda berikan kepada saya. Saya menantikan untuk bergabung dengan tim di Raja Snack .
Hormat saya,
ADVERTISEMENT
Aou Thanaboon

2. Contoh 2, Menerima Tawaran

Halo Ibu Namtan,
Sekali lagi terima kasih telah membagikan detail penawaran kepada saya kemarin. Setelah meninjau persyaratannya, saya dengan senang hati menerima posisi manajer marketing. Saya sangat antusias dengan kesempatan ini dan tidak sabar untuk bergabung dengan tim pada tanggal 3 November.
Harap beri tahu saya apa langkah selanjutnya dan jika ada sesuatu yang perlu saya lakukan atau tandatangani sebelum orientasi.
Hormat saya,
Jane Ramida

3. Contoh 3, Menerima Tawaran

Subjek: Menerima Tawaran Dreamy Agency – Chimon Ruangwiwat
Ibu Rama Vihokratana yang terhormat,
Terima kasih atas tawaran pekerjaannya. Saya sangat gembira dengan kesempatan ini, jadi terimalah email ini sebagai penerimaan resmi saya atas posisi Direktur Pemasaran Media Sosial di Dreamy Agency.
Saya berharap dapat bekerja dengan tim pemasaran dan menerapkan keterampilan saya pada posisi tersebut.
ADVERTISEMENT
Sesuai surat penawaran dan diskusi kami melalui telepon, saya menerima gaji awal sebesar Rp5.000.000 dengan termasuk tunjangan setelah 60 hari bekerja. Saya berharap dapat memulai dan bertemu tim pada tanggal 1 Mei.
Jika Anda memerlukan informasi tambahan sebelum tanggal mulai, harap beritahu saya. Anda dapat menghubungi saya di (+62) 838-5678-3470 atau mengirim email kepada saya di [email protected].
Terima kasih sekali lagi atas kesempatan luar biasa ini.
Regard
Chimon Ruangwiwat

4. Contoh 4, Menolak Tawaran

Halo Bapak Winny Thanawin,
Sekali lagi terima kasih atas kesempatan bertemu tim minggu lalu. Senang rasanya mengetahui lebih banyak tentang posisi manajer komunikasi dari semua orang, dan saya sangat bersemangat menerima tawaran pekerjaan.
Namun, setelah mempertimbangkan dengan cermat, saya memutuskan peran ini tidak sesuai dengan tujuan karir saya saat ini. Senang sekali bisa mengenal Anda, dan saya harap saya mempunyai kesempatan untuk bekerja sama dengan Anda di masa depan. Tolong tetap saling mengabari!
ADVERTISEMENT
Hormat saya,
Satang Kittiphop

5. Contoh 5, Meminta Waktu untuk Pertimbangan

Kepada Yth,
Bapak Ohm Pawat
Saya sangat bersemangat menerima telepon Anda dan menerima tawaran pekerjaan untuk posisi pelatih penjualan.
Saya ingin membuat keputusan yang matang dan bijaksana mengenai hal ini dan akan menghargai kesempatan untuk mengobrol dengan beberapa anggota tim lagi untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya perusahaan. Apakah hal ini mungkin untuk diatur?
Untuk memberi saya waktu mempelajari lebih lanjut tentang peran tersebut, bolehkah saya menghubungi Anda kembali mengenai tawaran tersebut paling lambat tanggal 15? Terima kasih sebelumnya atas bantuan Anda dalam hal ini.
Hormat saya,
Phuwintang

6. Contoh 6, Meminta untuk Bernegosiasi

Kepada Yth,
Ibu View Benyapa
Terima kasih banyak telah menawarkan saya peran operasi sumber daya manusia. Saya bersenang-senang bertemu semua orang dan bersemangat dengan prospek bergabung dengan tim!
ADVERTISEMENT
Setelah meninjau tawaran tersebut, saya memiliki beberapa pertanyaan yang ingin Anda ajukan—khususnya tentang gaji pokok dan proses relokasi. Apakah Anda punya waktu minggu ini untuk berdiskusi? Saya bebas hampir setiap sore sekitar jam 1 siang.
Hormat saya,
Chimon Wachirawit

7. Contoh 7, Menerima Tawaran

Baris subjek: Penerimaan Tawaran Pekerjaan - Nanon Korapat
Ibu Bella yang terhormat,
Mohon terima email ini sebagai penerimaan resmi saya atas peran koordinator acara di Ruang Rasa Entertainment. Saya sangat senang dengan kesempatan untuk bekerja dengan Anda dan anggota tim lainnya di Ruang Rasa.
Saya bersemangat dengan acara yang akan saya kerjakan dan tidak sabar untuk memulainya.
Seperti yang telah kita diskusikan, tanggal mulai 20 Mei dapat saya terima, begitu pula gaji pokok tahunan sebesar Rp60.000.000 dan cuti berbayar selama tiga minggu.
ADVERTISEMENT
Tolong beritahu saya jika ada informasi atau dokumen tambahan yang Anda perlukan dari saya atau apa pun yang harus saya persiapkan atau bawa pada hari pertama saya. Saya selalu bisa dihubungi melalui email di alamat ini, atau Anda dapat menghubungi saya di 085212395544.
Terima kasih atas kesempatan menarik ini.
Salam,
Marc Wachirawit

8. Contoh 8, Meminta Waktu untuk Pertimbangan

Yang terhormat Bapak/Ibu HR,
Terima kasih telah membagikan detail tawaran untuk posisi Manajer Sumber Daya Manusia.
Saya tidak suka menunda tanggapan formal saya terhadap tawaran pekerjaan, namun saya mempertimbangkan persyaratannya dengan cermat dan memerlukan waktu beberapa hari sebelum menanggapinya.
Bisakah saya menghubungi Anda kembali mengenai tawaran tersebut paling lambat tanggal 23 April?
Terima kasih sebelumnya.
Salam Hormat,
Could Dirgantara
ADVERTISEMENT

9. Contoh 9, Meminta Informasi Lebih Lanjut

Yang terhormat Bapak/Ibu HR,
Terima kasih telah mempertimbangkan saya untuk posisi Manajer Produk. Saya menikmati proses wawancara, dan saya menantikan untuk menjadi bagian dari tim!
Saya mempunyai beberapa pertanyaan setelah meninjau tawaran yang ingin saya berikan kepada Anda, khususnya tentang asuransi kesehatan dan cuti berbayar. Apakah ini sesuatu yang bisa Anda bicarakan segera?
Saya sangat menghargai klarifikasi persyaratan tersebut, dan saya bebas untuk menghubungi Anda sesegera mungkin. Saya bebas hampir setiap sore sekitar jam 2 siang.
Regard,
Alif Guntur

10. Contoh 10, Meminta Bernegosiasi

Subjek: Penerimaan Tawaran Pekerjaan
Yth,
Bapak/Ibu HR
DI tempat
Sekali lagi terima kasih telah membagikan detail penawaran kepada saya sebelumnya. Bekerja dengan GK TV adalah sesuatu yang telah saya upayakan selama beberapa waktu, dan saya bersemangat dengan prospek bergabung dengan tim ini.
ADVERTISEMENT
Namun, saya mempunyai beberapa pertanyaan tentang paket kompensasi dan ingin tahu kapan Anda bersedia membicarakannya. Biarkan saya tahu. Terima kasih atas bantuan Anda sebelumnya.
Regard,
Intan Yuliana

11. Contoh 11, Bernegosiasi Saat Memiliki Tawaran Pekerjaan Lain

Kepada Yth,
Bapak Earth Pirapat
Saya sangat senang menerima tawaran untuk peran Pengembang Backend di perusahaan yang bapak pimpin. Terima kasih atas kelancaran proses wawancara dan kesabaran Anda dalam mengatasi semua kekhawatiran saya.
Saya ingin memberitahu Anda bahwa saya menerima tawaran pekerjaan lain secara tidak terduga minggu ini, dan meskipun posisi itu juga menarik bagi saya, bekerja dengan Anda akan menjadi pilihan pertama saya.
Namun, gaji yang ditawarkan jauh lebih tinggi dibandingkan tawaran tersebut. Dan itu membuat keputusan saya sulit. Apakah ada ruang untuk negosiasi mengenai gaji dan tunjangan?
ADVERTISEMENT
Hormat saya,
Poon Mitpakdee

12. Contoh 12, Menerima Tawaran

Kepada Yth,
Ibu Bintang
Sekali lagi terima kasih telah membagikan detail penawaran kepada saya sebelumnya. Saya telah membahas persyaratannya dan sangat senang bergabung dengan perusahaan Anda sebagai ahli strategi konten.
Saya sangat bersemangat dengan kesempatan ini dan tidak sabar untuk memulainya pada tanggal 20 Februari. Harap beritahu saya apa langkah selanjutnya dan jika Anda memerlukan dokumentasi atau informasi tambahan dari saya.
Hormat saya,
Gemini Norawit
Demikianlah beberapa contoh balasan email offering letter yang baik dan benar. Saat membalas email, gunakanlah bahasa yang formal dan sopan. Sebisa mungkin tidak perlu bertele-tele. Dari contoh di atas, pelamar juga bisa menambah kata-kata sesuai yang diinginkan. (IF)
ADVERTISEMENT