21 Contoh Usaha Modal kecil yang Belum Banyak Pesaing

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
2 Maret 2024 6:31 WIB
·
waktu baca 7 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, Unsplash/Brooke Cagle.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, Unsplash/Brooke Cagle.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memilih atau menentukan usaha modal kecil yang sesuai dan belum memiliki banyak pesaing merupakan satu langkah maju untuk mengembangkan diri sendiri. Namun, pada kenyataannya diantara sekian banyak contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing tidak mudah diterapkan.
ADVERTISEMENT
Selain karena bingung dengan trik pemasarannya, biasanya sebuah usaha seperti ini bukan sesuatu yang dibutuhkan oleh banyak orang dalam kesehariannya. Oleh sebab itu, penting sekali menuliskan beberapa hal, seperti alasan ingin membuka usaha atau bisnis tersebut hingga jumlah peluang pasar.
Salah satu cara memilih jenis usaha yaitu menyesuaikan dengan keahlian yang dimiliki atau hobi. Misalnya, bagi yang hobi berkebun, bisa menjual bibit tanaman, pupuk organik, pot, atau paket berkebun untuk pemula.

Contoh Usaha Modal Kecil yang Belum Banyak Pesaing

Ilustrasi contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing, Unsplash/bruce mars.
Meskipun tidak sedikit orang yang cukup skeptis dengan bisnis modal kecil, nyatanya modal tidak selalu tentang materi, bisa juga soft skill atau berdasarkan hobi.
Mengutip dari buku 101++ Ide Jitu Peluang Usaha Raih Sukses dengan Pilihan Andal, Tim Gemini Writer (2008), berikut adalah contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing sebagai referensi untuk dicoba:
ADVERTISEMENT

1. Bisnis Produk Eco Friendly

Meskipun saat ini gaya hidup ramah lingkungan sedang tren mengingat peningkatan polusi udara dan krisis iklim, tidak banyak orang yang berani mengambil langkah untuk berbisnis produk eco friendly. Padahal, bisnis ini tidak membutuhkan modal besar.
Contoh sederhananya yaitu kemasan daur ulang, sabun handmade, sabun cuci baju dari buah lerak, loofah, dan lain sebagainya.

2. Konsultan Keamanan Internet

Punya kemampuan di bidang IT, sistem komunikasi, dan komputer? Bisa jadi peluang usaha modal kecil karena cukup hanya membutuhkan skill saja.
Selain itu, belum memiliki banyak orang yang mengembangkan usaha jasa sebagai konsultan keamanan internet.
Apalagi, mengingat saat di era digital seperti ini dimana konsultan keamanan internet dibutuhkan untuk mengamankan informasi sensitif klien dan pelanggan, atau membantu pemilik bisnis menghindari penipuan, peretas, dan virus.
ADVERTISEMENT

3. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi atau affiliate marketing merupakan salah satu teknik pemasaran online mirip dropshipper yang melibatkan promosi produk dan layanan dari dari perusaan lain, dimana nantinya akan ada komisi dari prospek yang dihasilkan.
Cara untuk memulai bisnis ini yaitu hanya dengan menyiapkan 'rumah' seperti blog/situs web atau akun media sosial profesional.

4. Koki Pribadi

Punya keterampilan memasak atau fresh graduate jurusan tata boga? Menjadi koki pribadi bisa merupakan salah satu bisnis jasa hanya bermodalkan skill dimana tugasnya biasanya mengatur rencana dan menyiapkan semua menu makanan mingguan atau harian untuk klien.

5. Jasa Pembukuan (Bookkeeping Services)

Untuk membuka bisnis jasa pembukuan, tidak harus menjadi akuntan publik bersertifikat. Selama latar pendidikan berkaitan dengan akuntansi dan memiliki keterampilan di bidang ini, siapapun bisa menjadi seorang akuntan.
ADVERTISEMENT
Hal yang dibutuhkan hanyalah kemampuan dalam mengolah angka, pengetahuan dasar tentang akuntansi, membuat neraca, memelihara software akuntansi dan sistem pengarsipan, menerbitkan laporan keuangan, dan memproses penggajian.

6. Konsultan Kencan Online

Suka berhubungan dengan orang lain sekaligus punya kemampuan sebagai pencari jodoh? Jasa konsultan kencan online bisa jadi bisnis yang perlu dipertimbangkan.
Seorang konsultan kencan online bisa membantu orang lain yang sedang mencari jodoh dalam hal menulis profil kencan yang menarik, mengelola akun, memfilter pesan yang tidak diinginkan, hingga melaporkan perkembangan pencarian jodoh.

7. Virtual Assistant

Kesibukan sering kali membuat banyak orang melakukan sesuatu yang sederhana tetapi penting, seperti mengecek email, mengatur jadwal pertemuan, mengumpulkan bahan riset, dan lain sebagainya.
Hal ini bisa diamnfaatkan untuk mempelajari kemampuan menjadi asisten virtual atau virtual assistant. Saat ini virtual assistant merupakan bisnis jasa yang tengah digemari anak muda karena tidak membutuhkan banyak modal.
ADVERTISEMENT
Hanya bermodalkan kemampuan dalam hal mengatur pekerjaan administrasi, mencatat kalender dan jadwal, dan hal-hal yang terkait dengannya.

8. Bisnis Sewa

Suka mengoleksi barang-barang seperti tas, pakaian, perangkat elektronik, atau pernak-pernik pesta? Pertimbangkan untuk memulai memiliki bisnis sewa.
Selain tidak membutuhkan banyak modal untuk memulainya, belum banyak orang yang menyewakan peralatan atau barang-barangnya.

9. Konsultan Lingkungan

Konsultan lingkungan menawarkan berbagai layanan untuk membantu perusahaan dalam upaya ramah lingkungan, seperti melakukan penilaian perusahaan terhadap energi, air, karbon, limbah, bahan berbahaya, dampak lingkungan dan masih banyak lagi.
Konsultan lingkungan juga bertugas untuk membuat strategi keseluruhan rencana keberlanjutan.

10. Produk Kecantikan Organik

Meskipun saat ini bisnis produk kecantikan seperti skincare tengah digandrungi, tetapi produk kecantikan organik belum terlalu banyak di pasaran. Bisnis ini menciptkan produk perawatan kulit dan rambut dari bahan alami.
ADVERTISEMENT

11. Jasa Penyediaan Bahan Baku Lokal

Bisnis jasa yang satu ini masih terdengar asing bagi sebagian orang dan tentu saja memilih bisnis jasa penyediaan bahan baku lokal bisa menjadi peluang menarik.
Tugasnya sendiri yaitu untuk memastikan kualitas produk dan pemasok bahan bagi pengembang, seperti restoran dan kafe.

12. Professional Reviewer

Diantara sekian banyaknya perusahaan yang menyediakan produk dan layanan kepada individu, mereka tentu membutuhkan seseorang yang dapat menulis ulasan tentang perusahaan tersebut.
Itulah sebabnya perusahaan membutuhkan seorang professional reviewer yang dapat menulis ulasan perusahaan.
Professional reviewer merupakan salah satu bisnis jasa yang biasanya berbasis daring dan dibayar untuk membuat ulasan bagus untuk suatu perusahaan kecil maupun besar.

13. Katering Sehat/Diet

Hobi memasak dan menerapkan gaya hidup sehat? Jangan ragu untuk menjalankan bisnis katering diet yang menyediakan makanan bergizi untuk mendukung pola hidup sehat.
ADVERTISEMENT

14. Minuman Kesehatan dan Jamu tradisional

Hampir sama dengan katering diet sehat, bisnis minuman kesehatan juga banyak dibutuhkan. Bisnis ini biasanya tidak terlepas dari peran rempah-rempah tradisional yang memiliki ragam manfaat bagi tubuh.

15. Usaha Jastip

Bisnis jasa titip (jastip) tumbuh seiring meningkatkan gaya hidup hedon di sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama kecanduan terhadap produk luar negeri dan branded seperti tas, kosmetik, dan pakaian.
Tentu saja ini juga bisa menjadi peluang paling baik yang bisa dipertimbangkan.

16. Penulis Artikel Lepas

Di era informatif seperti sekarang ini, semua orang membutuhkan informasi dalam bentuk tulisan.
Oleh sebab itu, penulis artikel dibutuhkan oleh banyak pelaku usaha atau perusahaan untuk mempromosikan produk atau jasa secara halus atau dikenal juga dengan soft-telling.

17. Bisnis Aneka Kue Rumahan

Kue rumahan merupakan bisnis yang membutuhkan modal relatif kecil tetapi bisa memberikan keuntungan yang cukup menjanjikan. Meskipun saat ini bisnis kue rumahan banyak ditemukan, pasarnya masih terbilang sepi.
ADVERTISEMENT
Selain itu, usaha aneka kue rumahan dibutuhkan oleh banyak orang sebagai camilan setiap hari atau disajikan kepada tamu. Untuk memulainya, bisa dengan membuat jenis kue rumahan yang mudah diolah dan tidak membutuhkan waktu lama dalam prosesnya.

18. Admin Media Sosial

Di era dimana hampir setiap pelaku usaha menggunakan media sosial sebagai platform marketing, maka peran seorang admin dibutuhkan untuk membantu jalannya usaha tersebut.

19. Usaha Frozen Food

Sejak pandemi, banyak orang menyadari bahwa makanan beku atau frozen food sangat dibutuhkan untuk menghemat waktu saat memasak. Selain itu, makanan beku juga bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama.

20. Make Up Artist (MUA)

Punya skill merias wajah? Kemampuan tersebut bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Banyak orang yang membutuhkan make up dalam berbagai kesempatan, tidak hanya untuk acara resmi tetapi juga dalam kegiatan yang santai dan ringan.
ADVERTISEMENT
Kemampuan ini juga bisa dipelajari secara otodidak dari internet atau ikut kelas make up.

21. Bisnis Tanaman Hias dan Florist

Bagi pecinta tanaman hias, menjadi florist merupakan salah satu usaha yang cukup menjanjikan dan nampaknya akan selalu dibutuhkan. Kemampuan merawat tanaman hias dan merangkai bunga melalui internet.
Itulah sederet contoh usaha modal kecil yang belum banyak pesaing yang bisa menjadi referensi. Sebelum memulai bisnis tersebut, penting untuk menganalisis peluang dan menghitung modal bisnis.
Akan lebih baik lagi bila kemampuan yang dimiliki terus dikembangkan, misalnya dengan mengikuti kelas bisnis profesional, mengembangkan relasi dengan sesama pebisnis, dan belajar teknik marketing. (LAIL)