5 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien secara Alami

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
10 Januari 2022 13:29
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
5 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien secara Alami  (2174)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi benjolan ambeien yang sangat tidak nyaman bagi penderitanya. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Cara menghilangkan benjolan ambeien ternyata bisa dilakukan di rumah. Penderita ambeien pasti merasakan ketidaknyamanan yang amat tersiksa. Ambien adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bagian bawah.
ADVERTISEMENT
Ambeien atau dikenal sebagai wasir mirip dengan varises. Penyakit ini bisa muncul di bagian luar maupun dalam anus dan gejalanya bisa berbeda-beda.
Menurut buku Obat Asli Indonesia: Resep-Resep Mujarab susunan Sh Tentrem (1993: 04), gejela ambien luar di antaranya, yaitu:
  • Daerah seputar anus terasa gatal dan muncul iritasi
  • Bagian anus terasa nyeri atau tidak nyaman
  • Area sekitar anus terasa membengkak
  • Ada darah saat buang air besar (BAB)
Sementara itu, gejala ambeien dalam biasanya tidak terasa. Penderita baru merasakan gejalanya saat BAB, yaitu munculnya benjolan kecil di anus dan terdapat darah yang keluar. Benjolan tersebut menyebabkan nyeri dan iritasi.
Tak perlu khawatir, ambeien memang dapat menghilang dengan sendirinya. Namun, ada beberapa cara alami yang mungkin dapat membantu penyembuhan kondisi ini dengan lebih cepat.
ADVERTISEMENT

Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien secara Alami

Mengutip buku ciptaan Gagas Ulung yang berjudul Sehat Alami dengan Herbal (2014: 116), berikut uraian cara menghilangkan benjolan ambeien secara alami.
5 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien secara Alami  (2175)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menghilangkan dapat menggunakan cara-cara alami. Foto: Shutterstock
1. Berendam Air Hangat
Merendam ambeien dengan air hangat ternyata dapat mengurangi bengkak dan iritasi. Beberapa orang bahkan menambahkan bahan lain yang diklaim mampu meningkatkan manfaat ini, seperti garam laut atau cuka apel.
2. Minyak Kelapa
Minyak kelapa dianggap mampu bekerja secara efektif untuk mengurangi rasa gatal serta bengkak pada ambeien. Selain itu, minyak kelapa juga bisa menjadi pelumas pada anus, sehingga penderita ambeien tidak terlalu tersiksa saat buang air besar.
3. Lidah Buaya
Bukan menjadi rahasia lagi, gel lidah buaya memang ampuh untuk menyembuhkan ambeien. Sebab, kandungan dalam lidah buaya memiliki kemampuan antiperadangan yang bisa membantu mengurangi iritasi di kulit.
ADVERTISEMENT
Meski masih belum cukup bukti klinis tentang efektivitas lidah buaya untuk menyembuhkan wasir, tetapi National Center for Complimentary and Integrated Health sendiri sudah menyatakan bahwa lidah buaya aman digunakan untuk penggunaan topikal.
5 Cara Menghilangkan Benjolan Ambeien secara Alami  (2176)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bahan-bahan alami untuk menghilangkan bengkak akibat penyakit ambeien. Foto: Pixabay
4. Witch Hazel
Witch hazel bisa meredakan rasa gatal sekaligus nyeri pada ambeien. Witch hazel adalah sebuah bahan antiperadangan yang natural, sehingga mampu mengatasi benjolan pada ambeien.
Witch hazel sendiri bisa dibeli dalam bentuk cairan. Untuk mengaplikasikannya, dapat langsung dioleskan pada lokasi yang mengalami pembengkakan.
Jika tidak dapat menemukan produk witch hazel dalam bentuk cairan, penderita bisa menemukannya di berbagai macam produk antigatal maupun sabun.

5. Bawang Putih

Bawang putih ternyata juga bisa menjadi pengobatan ambeien luar. Bawang putih mengandung asam amino serta mineral dan enzim, seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Tumbuhan ini juga memiliki zat anti inflamasi, antibakteri, dan detoksifikasi.
ADVERTISEMENT
Fungsi bawang putih untuk ambeien juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah. Cara mengaplikasikannya mudah saja, tumbuk halus 2 siung bawang putih, lalu oleskan pada benjolan yang ada di sekitar anus.
Untuk membasmi bakteri dari dalam, penderita bisa meminum jus bawang putih setiap hari. Baik pengobatan dengan cara mengoleskan pada benjolan ataupun meminumnya harus dilakukan dengan rutin, agar benjolan ambeien cepat kempes.
Itulah beberapa cara mengobati ambeien luar secara alami. Jika ambeien tak kunjung reda setelah melakukan berbagai cara di atas, penderita bisa berkonsultasi dengan dokter, supaya mendapatkan penanganan yang lebih tepat.
(VIO)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020