5 Manfaat Castor Oil untuk Kecantikan, Salah Satunya Mengatasi Ketombe

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
28 Agustus 2023 17:09 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi manfaat castor oil untuk kecantikan. Foto: Unsplash.
ADVERTISEMENT
Castor oil merupakan salah satu kandungan yang kerap ditemukan dalam produk kecantikan, khususnya moisturizer. Selain berfungsi untuk melembapkan, kandungan dan manfaat castor oil juga sangat bagus untuk kesehatan kulit dan rambut.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, castor oil dikenal sebagai minyak jarak. Minyak ini adalah hasil ekstrak dari biji tanaman jarak atau ricinus communis L. Warnanya kuning dengan tekstur yang sangat kental.
Sudah sejak lama masyarakat memanfaatkan minyak jarak sebagai bahan untuk pengobatan tradisional maupun perawatan kecantikan. Untuk mengetahui seperti apa manfaat minyak jarak untuk kecantikan, simak ulasan berikut.

Kandungan Minyak Jarak

Ilustrasi manfaat castor oil untuk kecantikna. Foto: Shutterstock.
Jarak merupakan tanaman perdu beracun yang cukup mematikan. Tanaman ini memiliki kandungan fitotoksin dan globulin yang sangat kuat serta mematikan. Namun, racun di dalamnya akan hilang apabila dipanaskan.
Tanaman jarak juga mengandung berbagai senyawa yang bermanfaat bagi tubuh. Mengutip buku Prosiding Seminar Nasional Farmasi yang diterbitkan Sanata Dharma University Press, minyak jarak mengandung asam risinoleat 87 persen.
ADVERTISEMENT
Asam risinoleat memiliki sifat analgesik dan antibakteri sehingga kerap dipakai dalam industri farmasi sebagai bahan pembuatan obat pereda nyeri atau antibiotik. Selain asam risinoleat, kandungan lain dalam minyak jarak adalah senyawa atsiri 5,6 persen, asam oleat 7 persen, asam linoleat 3 persen, dan protein sebesar 16 persen.

Manfaat Castor Oil untuk Kecantikan

Ilustrasi manfat castor oil untuk kecantikan. Foto: Unsplash.
Castor oil sudah lama digunakan sebagai bahan dalam perawatan kecantikan, terutama kulit dan rambut. Berikut beberapa manfaat minyak jarak untuk kecantikan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menghaluskan kulit

Seseorang dengan kulit kering dan bersisik bisa memanfaatkan castor oil sebagai pelembab alami. Kandungan asam oleat pada castor oil mampu memberi kelembapan maksimal pada kulit. Dalam penggunaan jangka panjang, minyak jarak juga dapat memperbaiki jaringan kulit sehingga teksturnya menjadi lebih halus.
ADVERTISEMENT

2. Mengurangi rambut rontok

Castor oil menjadi kandungan utama dalam berbagai produk perawatan rambut. Dalam pengobatan tradisional, minyak ini diklaim dapat membuat rambut lebih hitam dan lebat.
Mengutip laman Allure, Dokter Kulit AS, Marisa Garshick, menjelaskan bahwa asam risinoleat dalam minyak jarak dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala yang membuat rambut lebih kuat.

3. Mengatasi ketombe

Minyak jarak juga kerap digunakan untuk mengatasi masalah ketombe. Kandungan asam risinoleat pada minyak jarak memiliki sifat antibakteri. Senyawa tersebut menarik minyak dan kelembaban berlebih dari kulit kepala sehingga mencegah bakteri dan jamur berkembang biak.

4. Mengurangi rambut bercabang

Manfaat lain castor oil adalah mengatasi rambut bercabang. Kondisi rambut bercabang terjadi saat batang rambut sangat kering dan rapuh yang membuatnya mudah patah saat disisir. Kandungan protein dalam castor oil dapat menjadi nutrisi untuk rambut yang membuatnya tumbuh lebih sehat.
ADVERTISEMENT

5. Melembapkan bibir pecah-pecah

Bibir kering dan pecah-pecah dapat mengganggu penampilan seseorang. Kondisi ini dapat diatasi dengan mengoleskan castor oil sebelum tidur.
Castor oil mengandung asam linoleat yang termasuk kategori lemak esensial omega 6. Senyawa kimia ini mampu melembapkan dan merangsang regenerasi sel-sel kulit baru.
(GLW)