Tekno & Sains
·
15 September 2021 17:17
·
waktu baca 3 menit

6 Contoh Hak Kita terhadap Lingkungan Hidup

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
6 Contoh Hak Kita terhadap Lingkungan Hidup (648453)
searchPerbesar
Manusia memiliki hak untuk memanfaatkan lingkungan demi keberlangsungan hidupnya. Sumber: iStock.com
Hak asasi manusia adalah seperangkat hak yang dimiliki manusia sejak dalam kandungan. Hak ini anugerah dan pemberian Tuhan Yang Maha Esa yang wajib dihormati setiap manusia dan juga dijunjung tinggi, dan dilindungi oleh negara, hukum, pemerintah, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Manusia memiliki sejumlah kebebasan yang bisa dipilih dalam menjalankan hidup, termasuk hak dalam memanfaatkan lingkungan.
Berikut penjelasan mengenai hak kita sebagai manusia atas lingkungan hidup.

Hak Kita terhadap Lingkungan

Setiap manusia memiliki hak untuk melangsungkan hidupnya. Untuk melangsungkan hidup, manusia membutuhkan lingkungan untuk memenuhi kebutuhannya.
Melansir dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Paket A SD/MI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat beberapa hak manusia atas lingkungan hidup, di antaranya:
  1. Hak untuk mendapatkan udara yang bersih dan sehat.
  2. Hak untuk membangun tempat tinggal yang layak.
  3. Hak untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang berasal dari alam.
  4. Hak untuk memanfaatkan bahan-bahan dari alam untuk kebutuhan sehari-hari.
  5. Hak untuk menggunakan dan mengelola sumber daya alam yan tersedia.
  6. Hak untuk menikmati keindahan alam.
6 Contoh Hak Kita terhadap Lingkungan Hidup (648454)
searchPerbesar
Lingkungan bisa dimanfaatkan sebagai tempat tinggal manusia dan manusia memiliki hak atas hal tersebut. Sumber: Pixabay.com

Hak Masyarakat Indonesia Atas Lingkungan Hidup

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, manusia memiliki hak untuk mengelola serta memanfaatkan lingkungan untuk kelangsungan hidupnya.
ADVERTISEMENT
Bagi warga negara Indonesia, hak atas lingkungan hidup telah dijamin dan dilindungi oleh konstitusi dan negara serta tertuang dalam Undang-Undang Dasar 1945.
Dikutip dari jurnal Hak Atas Lingkungan Hidup dan Kaitannya dengan Peran serta Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Dalam Perspektif Otonomi daerah oleh Nopyandri, S.H., LL.M, adapun pasal yang mengatur hak manusia atas lingkungan adalah Pasal 28H Undang-Undang Dasar 1945 yang menyatakan bahwa:
"Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan".
6 Contoh Hak Kita terhadap Lingkungan Hidup (648455)
searchPerbesar
Dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2019, kita sebagai warga negara Indonesia berhak untuk mengambil peran dalam melindungi lingkungan. Sumber: iStock.com
Selain itu, hak kita terhadap lingkungan hidup ini juga diatur dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009, tepatnya pada Pasal 65 yang mengatur hak-hak masyarakat terhadap lingkungan hidup ataupun terhadap pengelolaan lingkungan hidup.
ADVERTISEMENT
Dalam pasal tersebut juga menyebutkan bahwa ada lima hak yang dijamin oleh konstitusi, yakni:
  1. Setiap orang berhak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat sebagai bagian dari hak asasi manusia.
  2. Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan lingkungan hidup, akses informasi, akses partisipasi, dan akses keadilan dalam memenuhi hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat.
  3. Setiap orang berhak mengajukan usul dan/atau keberatan terhadap rencana usaha dan/atau kegiatan yang diperkirakan dapat menimbulkan dampak terhadap lingkungan hidup.
  4. Setiap orang berhak untuk berperan dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
  5. Setiap orang berhak melakukan pengaduan akibat dugaan pencemaran dan/atau perusakan lingkungan hidup.
(SAI)