7 Cara Mengatasi Korosi Secara Mekanis dan Alami

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
4 Oktober 2023 8:10 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi besi yang mengalami korosi. Foto: Pexels
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi besi yang mengalami korosi. Foto: Pexels
ADVERTISEMENT
Cara mengatasi korosi perlu dilakukan untuk menghilangkan karat pada logam. Korosi adalah reaksi oksidasi pada logam yang disebabkan oleh oksigen dan kelembapan. Istilah ini dikenal juga sebagai perkaratan.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Kimia Itu Asyik untuk SMA Kelas XII oleh Sri Purnawati, korosi pada permukaan logam merupakan proses yang mengandung reaksi redoks (reduksi-oksidasi). Pada peristiwa ini, logam mengalami oksidasi, sedangkan oksigen mengalami reduksi.
Korosi dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kontak langsung logam dengan air dan oksigen, keberadaan zat pengotor, temperatur tinggi, kondisi pH asam, adanya koloni mikroba, dan lain sebagainya. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Cara Mengatasi Korosi

Ilustrasi soda kue dapat digunakan untuk mengatasi korosi. Foto: Pexels
Pada dasarnya, cara menghilangkan korosi tergantung pada seberapa parah perkaratan yang terjadi pada suatu logam. Sebab, dalam kondisi yang sangat parah, akan sulit untuk menghilangkan korosi sepenuhnya.
Meski begitu, ada beberapa cara menghilangkan karat yang bisa dilakukan sesuai tingkat keparahannya. Mengutip laman Corrosionpedia, berikut adalah beberapa cara mengatasi korosi secara mekanis dan alami.
ADVERTISEMENT

1. Sikat Kawat dan Amplas

Untuk korosi yang sifatnya ringan, Anda dapat menggunakan sikat kawat atau amplas untuk mengikis karat dari permukaan logam. Cara ini paling umum digunakan dan efektif untuk membersihkan karat ringan.

2. Pengerukan

Jika korosi lebih parah dan telah merusak lapisan permukaan logam, Anda bisa melakukan pengerukan pada karat untuk mengatasinya.
Cara ini dilakukan dengan menghilangkan lapisan yang terkena korosi menggunakan alat pahat atau pisau. Setelah itu, Anda dapat menghaluskan permukaan dengan amplas.

3. Penggunaan Mesin

Untuk barang yang lebih besar, seperti peralatan yang biasa dipakai di industri atau konstruksi, Anda bisa menggunakan mesin penghilang karat.
Mesin ini menggunakan roda berputar yang dilengkapi dengan sikat kawat atau bahan abrasif lainnya untuk menghilangkan korosi dari permukaan logam.
ADVERTISEMENT

4. Sandblasting

Sandblasting adalah proses penyemprotan bahan abrasif, seperti pasir, pada kecepatan tinggi ke permukaan logam untuk mengikis korosi. Metode ini sangat efektif untuk menghilangkan karat yang membadel pada logam.

5. Chemical Rust Removers

Chemical rust removers adalah produk kimia khusus yang dirancang untuk menghilangkan karat. Anda dapat merendam logam dalam larutan kimia ini untuk melarutkan karat. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan dengan cermat.

6. Penggunaan Soda Kue

Soda kue adalah bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan korosi pada logam dengan karat ringan. Taburkan soda kue pada area yang berkarat dan biarkan selama 1 jam. Setelah itu, gosok dengan sikat logam, lalu bilas dan keringkan.

7. Penggunaan Asam Sitrat

Asam sitrat efektif untuk mengatasi korosi pada logam yang tebal. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan asam sitrat ini juga akan menghilangkan cat pada besi tersebut.
ADVERTISEMENT
Anda bisa membuat larutan asam sitrat dengan mencampurkan 2-3 sendok makan bahan ini ke dalam semangkuk air panas. Rendam logam yang berkarat semalaman pada larutan tersebut, lalu gosok dengan sikat logam. Bilas dan keringkan.
Itulah beberapa cara mengatasi korosi pada logam. Setelah Anda berhasil menghilangkan korosi, pastikan untuk melindungi permukaan logam dari korosi lebih lanjut dengan menggunakan lapisan pelindung, seperti cat anti-karat.
(SFR)