7 Contoh Teks Argumentasi Singkat dengan Beragam Tema

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
29 Juli 2022 14:21
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi buku berisi contoh teks argumentasi singkat. Foto:  Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi buku berisi contoh teks argumentasi singkat. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Contoh teks argumentasi singkat bisa ditemukan di berbagai bahan bacaan, termasuk dalam uraian artikel ini. Secara sederhana, teks argumentasi adalah karangan mengenai pendapat atau alasan penulis untuk membuktikan kebenaran dari suatu hal.
ADVERTISEMENT
Tak heran, jika teks argumentasi sering kali dimanfaatkan dalam kompetisi debat. Bagi yang membutuhkan referensi, di bawah ini ada beberapa contoh teks argumentasi singkat dan menarik untuk dipelajari.

Kumpulan Contoh Teks Argumentasi Singkat dengan Beragam Tema

Sebenarnya, contoh teks argumentasi singkat telah dibahas dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di bangku SMP. Bagi yang ingin kembali atau baru mulai mempelajari materi tersebut, berikut contoh teks argumentasi singkat yang diambil dari berbagai sumber.
Ilustrasi kumpulan teks argumentasi. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kumpulan teks argumentasi. Foto: Unsplash

Contoh teks argumentasi singkat tentang sekolah berprestasi

Contoh teks argumentasi singkat yang pertama, dikutip dari buku BPSC Modul Bahasa Indonesia SD/MI Kelas IV oleh Agus Sasono, adalah sebagai berikut:

Sekolah Dasar Suka Maju dinobatkan sebagai sekolah terbaik yang ada di Kota Sura. Hal ini terbukti dengan adanya juara-juara Olimpiade dari sekolah ini.

Prestasi ini juga tidak hanya membanggakan di bidang akademik, tetapi juga di bidang olahraga dan kesenian. Prestasi tersebut tidak terjadi begitu saja, tetapi berkat adanya kerja keras guru dan komite sekolah untuk menghasilkan anak didik dengan lulusan terbaik.

ADVERTISEMENT

Contoh teks argumentasi singkat tentang alat transportasi

Berikut contoh teks argumentasi singkat kedua, yang ditulis dalam buku Bahan Ajar Bahasa Indonesia oleh Mansyur M dan Amin Tunda.

Dua tahun terakhir, terhitung semenjak Boeing B-737 milik perusahaan penerbangan Aloha Airlines kecelakaan, berita pesawat tua mencuat ke permukaan. Hal Ini mampu dimaklumi karena pesawat yang badannya koyak sepanjang empat meter itu telah dioperasikan lebih dari 19 tahun.

Hal ini, membuat orang beralasan dan cemas terbang menggunakan pesawat berusia tua. Di Indonesia, lebih mengejutkan, menurut data statistik ada 60% pesawat yang beroperasi merupakan pesawat tua.

Amankah? Kalau memang aman, kemudian bagaimana cara merawatnya dan seberapa biayanya sebagai akibat perawatan pesawat tua tersebut? Untuk menaikkan perekonomian negara, kita wajib menaikkan pembangunan pada bidang industri penerbangan.

ADVERTISEMENT

Contoh teks argumentasi singkat tentang politik

Di bawah ini adalah contoh teks argumentasi singkat ketiga, yang dinukil buku SKM (Sukses Kuasai Materi) SMA Kelas X oleh Tim Cahaya eduka.

Enam belas tahun reformasi 1998 kita lewati, politik terlanjur menjadi sesuatu yang membuat mual. Partal yang semestinya menjadi fondasi demokrasi berubah menjadi sekadar belalai kepentingan para oligarki.

Lembaga perwakilan dipenuhi orang-orang yang secara formal mewakili pemilih tapi sesungguhnya tak lebih dari sekadar pembeli suara orang ramal, Korupsi merajalela dan dalam beberapa kasus justru dilakukan oleh politikus yang masih belia.

Pemerintah menjadi perkumpulan pemenang persaingan pemilu semata-mereka yang siap mencari kesempatan mendapat kompensasi atas "jerih payah" yang sudah dikeluarkan dalam pemilu.

Itulah sebabnya, ketika para relawan itu datang, kita menyaksikan hadirnya harapan. Wujud yang paling spektakuler adalah konser Salam 2 Jari di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, 5 Juli 2014.

Ketika itu, seratusan ribu orang menghadiri konser untuk tidak sekadar menikmati musik atau mengitari kampanye calon presiden Jokowi, tetapi juga menyaksikan volunterisme orang ramai.

Abdee "Slank" untuk menyebut salah satu tokoh paling berperan dalam perhelatan itu, merupakan representasi mereka yang selama ini "diam": voice of the voiceless. Keberadaan relawan ini harus dipelihara.

Salah satu caranya adalah tidak mengooptasi mereka dalam sebuah struktur. Biarlah mereka menjadi penjaga moral yang bebas-berkumpul untuk meluruskan yang bengkok, dan setelah tugas itu selesai kembali ke kesibukan masing-masing.

Tugas pemerintah adalah memberi ruang hidup" agar para relawan itu terus berkarya: memelihara kebebasan dan memastikan suara mereka tidak dianggap sebagai pengganggu yang berisik.

Ilustrasi teks argumentasi. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teks argumentasi. Foto: Unsplash

Contoh teks argumentasi singkat tentang ekonomi

ADVERTISEMENT
Contoh teks argumentasi singkat keempat yang juga bisa dipelajari, seperti dihimpun dari buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMA & MA Kelas X terbitan Grasindo, yakni sebagai berikut.

Untuk meningkatkan perekonomian negara, kita harus meningkatkan pembangunan dalam bidang industri. Kenyataan membuktikan bahwa negara-negara yang lebih dulu maju itu dapat menjadi negara maju bukan hanya bertumpu pada pertanian, melainkan pada industri.

Amerika, Jerman, Korea, dan Jepang adalah contoh negara-negara maju karena sektor industri di negara-negara itu berkembang pesat. Jepang merupakan contoh nyata bahwa pembangunan industri dapat meningkatkan perekonomian.

Kemajuan industri Jepang luar biasa. Barang-barang produksi Jepang melimpah-ruah. Contoh nyata dapat kita lihat di sekitar kita. Mobil dan motor buatan Jepang berseliweran di jalan-jalan.

Demikian juga alat-alat elektronika di rumah kita, mulai dari radio, televisi, lemari es, setrika, sampai mesin cuci. Hampir semuanya buatan Jepang.

Bukan hanya di negara kita, produk Jepang itu juga menguasai pasaran dunia. Perekonomian Jepang sangat kuat dan bahkan termasuk salah satu negara yang ekonominya terkuat di dunia hingga sekarang.

ADVERTISEMENT

Contoh teks argumentasi singkat tentang kedisiplinan lalu lintas

Berikut adalah contoh teks argumentasi singkat kelima, yang ditulis dalam buku Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia oleh Kenang Tri Hatmo, M.Pd.

Kedisiplinan lalu lintas masyarakat di Jakarta cenderung menurun. Hal ini terbukti pada bertambahnya jumlah pelanggaran yang tercatat di kepolisian.

Selain itu, jumlah korban yang meninggal akibat kecelakaan pun juga semakin meningkat. Oleh karena itu, kesadaran masyarakat tentang kedisplinan berlalu lintas perlu ditingkatkan.

Contoh teks argumentasi singkat tentang hutan bakau

Diambil dari buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMA & MA Kelas X terbitan Grasindo, contoh teks argumentasi singkat keenam yang juga bisa dipelajari adalah sebagai berikut.

Sepuluh tahun yang lalu, hutan bakau dibabat habis-habisan. Lahan bekas hutan bakau itu disulap menjadi tambak-tambak udang windu. Memang, pengusaha udang windu pada waktu itu memperoleh keuntungan besar karena harganya sangat mahal di luar negeri.

Akan tetapi, setelah barang dagangan itu tidak laku di pasaran internasional, para pengusaha kembali ke kota, meninggalkan kerusakan lingkungan.

Laut tercemar karena hutan bakau yang menyaring limbah yang masuk ke laut tidak ada lagi. Sekarang, puluhan ribu nelayan sulit menghidupi keluarganya karena tidak ada ikan yang dapat ditangkap di tepi pantai.

ADVERTISEMENT

Contoh teks argumentasi singkat tentang lingkungan

Mengutip buku Pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Untuk SMA & MA Kelas X terbitan Grasindo, berikut contoh teks argumentasi singkat ketujuh.

Kita tentu senang berada di lingkungan yang bersih. Lebih-lebih jika lingkungan itu bebas dari sampah yang berceceran. Mengapa? Sampah, apalagi yang menggunung, selain mengesankan jorok dan menimbulkan bau busuk, juga menjadi sarang penyakit

Berbagai bibit penyakit yang berkembang biak di dalam sampah itu mengancam kesehatan kita. Makin banyak sampah di sekitar kita, makin besar juga ancaman itu. Sebaliknya, makin bersih lingkungan kita, makin besar juga harapan kita untuk hidup sehat.

Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat berharga bagi kita. Mungkin kita kurang menyadari hal itu jika kita sedang sehat. Akan tetapi, jika kesehatan kita terganggu alias sakit, kita baru menyadari bahwa biaya untuk memulihkan menjadi sehat lagi tidak sedikit.

Lebih-lebih jika penyakitnya tergolong berat maka perlu biaya untuk membayar dokter, membeli obat, dan biaya opname di rumah sakit yang jumlahnya tentu tidak sedikit.

ADVERTISEMENT
(NDA)
Apa itu teks argumentasi sebab-akibat?
chevron-down
Apa langkah pertama dalam menyusun teks argumentasi?
chevron-down
Apa isi kesimpulan dalam teks argumentasi?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020