7 Makanan Penurun Darah Tinggi: Semangka hingga Brokoli

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
23 Maret 2022 18:17
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
7 Makanan Penurun Darah Tinggi: Semangka hingga Brokoli (127147)
zoom-in-whitePerbesar
Apa saja makanan penurun darah tinggi? Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Mengonsumsi makanan penurun darah tinggi merupakan hal yang dianjurkan para tenaga medis kepada pengidap hipertensi. Tujuannya agar tekanan darah tidak melonjak tinggi yang pada akhirnya memicu risiko penyakit lain, seperti stroke, jantung, hingga kematian.
ADVERTISEMENT
Dalam pedoman menangani tekanan darah tinggi yang dikeluarkan oleh American College of Cardiology 2017, disebutkan juga bahwa hipertensi atau tekanan darah tinggi harus ditangani secara serius dengan mengubah gaya hidup dan pola makan yang sehat.
Kira-kira apa saja makanan penurun darah tinggi yang dibutuhkan oleh para pengidap hipertensi? Mengutip dari beberapa sumber, berikut informasinya.

Makanan untuk Menurunkan Darah Tinggi

7 Makanan Penurun Darah Tinggi: Semangka hingga Brokoli (127148)
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi adalah kiwi. Foto: Pixabay
Menurut data yang disusun oleh Kementerian Kesehatan RI dari Sample Registration System (SRS) Indonesia, hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit komplikasi yang menyebabkan risiko kematian nomor lima di Indonesia.
Meski demikian, risiko tersebut bisa dikurangi apabila para pengidap hipertensi bisa menerapkan gaya hidup dan pola makan yang sehat serta teratur.
ADVERTISEMENT
Menyadur Times of India, makanan yang dianjurkan untuk menurunkan darah tinggi adalah makanan yang mengandung mineral di dalamnya.
Tidak hanya itu, dalam suatu penelitian yang diterbitkan oleh National Library of Medicine, jenis makanan yang kaya akan potasium (kalium) dan magnesium juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.
Untuk lebih jelasnya, berikut adalah makanan yang bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi seperti yang dikutip dari berbagai sumber, di antaranya:
1. Semangka
Buah apa yang cepat menurunkan darah tinggi? Menurut jurnal Watermelon Consumption Increases Plasma Arginine Concentrations in Adults dari South Central Agricultural Research Laboratory, Amerika, semangka merupakan makanan yang kaya akan potasium di dalamnya.
Selain itu, nitrit oksida yang ada di dalam semangka juga bisa membantu pembuluh darah untuk bisa mengembang dan pada akhirnya menurunkan tekanan darah yang sebelumnya tinggi.
ADVERTISEMENT
2. Pisang
Tidak hanya semangka, pisang juga termasuk buah yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah karena kandungan potasiumnya yang mencapai 9 persen. Selain itu, indeks glikemik di dalam buah pisang pun terbilang cukup rendah, sehingga hal ini bisa menurunkan risiko peningkatan gula darah.
3. Mangga
Mangga merupakan buah yang digandrungi oleh masyarakat luas karena rasa dan harum yang begitu manis. Sama seperti semangka dan pisang, di dalam buah mangga terdapat kandungan potasium dan magnesium yang bermanfaat untuk mengontrol denyut nadi serta membuat pembuluh darah bisa lebih rileks.
4. Bayam
Sayuran apa yang cepat menurunkan darah tinggi? Menurut Harvard Medical School, sayuran berdaun hijau, seperti bayam yang mengandung kalium dan magnesium berupa mineral utama untuk mengendalikan tekanan darah.
ADVERTISEMENT
5. Delima
Menurut Plant Foods for Human Nutrition, secangkir jus buah delima yang dikonsumsi setiap harinya selama 28 hari dapat menurunkan darah tinggi seseorang. Hal ini berhubungan dengan adanya efek antioksidan di dalam buah delima yang bisa menurunkan tekanan darah dalam jangka waktu yang pendek.
6. Teh
Teh termasuk salah satu minuman penurun darah tinggi yang cukup sering dikonsumsi para pengidap hipertensi. Hal ini disebabkan karena kandungan L-theanine yang ada di dalam teh bisa menghambat kenaikan tekanan darah.
7. Brokoli
Tidak hanya bayam, brokoli juga termasuk sayuran yang bisa dengan cepat menurunkan tekanan darah tinggi. Perlu diketahui bahwa brokoli adalah sumber yang baik untuk membantu menurunkan darah tinggi karena kandungan magnesium, kalsium, dan kalium di dalamnya.
ADVERTISEMENT

Kalau Darah Tinggi Tidak Boleh Makan Apa Saja?

7 Makanan Penurun Darah Tinggi: Semangka hingga Brokoli (127149)
zoom-in-whitePerbesar
Makanan kaleng termasuk makanan yang perlu dihindari oleh penderita hipertensi. Foto: Shutterstock
Setelah mengetahui makanan penurun darah tinggi yang baik dikonsumsi untuk para pengidap hipertensi. Perlu diketahui bahwa ada kandungan makanan yang perlu dihindari oleh penderita darah tinggi, di antaranya lemak, kalori, hingga garam.
Untuk mengetahui lebih jelas, berikut makanan-makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita hipertensi, di antaranya:
1. Makanan kaleng
Makanan kaleng termasuk makanan instan yang mudah untuk dimasak dan dikonsumsi. Sayangnya, makanan ini mengandung banyak natrium yang tidak baik dan tidak direkomendasikan bagi para pengidap hipertensi.
Menurut American Heart Association, kandungan natrium yang ada di dalam makanan kaleng mencapai 1.720 gram, sedangkan tubuh manusia tidak boleh mengonsumsi natrium lebih dari 1.500 gram setiap harinya.
ADVERTISEMENT
2. Minuman soda
Soda termasuk minuman favorit yang banyak digemari karena memiliki rasa yang dapat menyegarkannya. Namun, siapa sangka bahwa soda ini termasuk minuman yang perlu untuk dihindari oleh para penderita darah tinggi.
3. Daging olahan
Menyadur laman Healthline, daging olahan termasuk makanan yang harus dihindari oleh para penderita hipertensi karena kandungan natrium yang ada di dalamnya. Beberapa daging olahan yang harus dihindari, yakni burger, hot dog, sosis, kornet, ham, bacon, dan lainnya.
4. Gula
Tidak hanya menghindari makanan yang mengandung garam, makanan yang mengandung gula juga harus dihindari oleh para penderita darah tinggi. Umumnya kandungan makanan yang mengandung gula tinggi sering ditemui di dalam makanan, kue, hingga hidangan penutup.
ADVERTISEMENT
5. Fast food
Lebih lanjut, fast food termasuk makanan yang harus dihindari oleh para pengidap hipertensi karena jenis makanan ini bisa memicu naiknya tekanan darah. Hal tersebut disebabkan karena fast food mengandung cukup banyak lemak, sehingga tidak baik jika harus dikonsumsi secara berkala.
6. Makanan tinggi fruktosa
Menurut suatu penelitian yang diterbitkan WebMD, makanan tinggi fruktosa bisa menyebabkan naiknya risiko terkena darah tinggi yang tidak wajar. Umumnya makanan tinggi fruktosa yang sering dikonsumsi adalah salad siap santap.
Selain tidak baik untuk darah tinggi, makanan tinggi fruktosa juga tidak diperuntukkan bagi seseorang yang menderita obesitas.
7. Sayuran beku
Pada umumnya, sayuran merupakan makanan yang justru baik bagi penderita hipertensi. Namun, ada beberapa sayuran yang tidak boleh dikonsumsi penderita darah tinggi, salah satunya sayuran beku. Itu karena sayuran beku merupakan sumber natrium terburuk dengan kandungan yang begitu tinggi mencapai 1800 miligram natrium.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya sayuran beku, ada juga sayuran lain yang harus dihindari oleh penderita hipertensi, seperti sayuran yang dibuat menjadi acar, sayuran produk kalengan, dan lainnya.
(JA)
Bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan cepat?
chevron-down
Rebusan daun apa yang bisa menurunkan darah tinggi?
chevron-down
Buah apa yang cepat menurunkan darah tinggi?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020