Tekno & Sains
·
15 September 2021 15:15
·
waktu baca 3 menit

Ada Berapa Jenis Lingkungan? Ini Dia Jawabannya

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Ada Berapa Jenis Lingkungan? Ini Dia Jawabannya (16568)
searchPerbesar
Lingkungan terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan sifatnya. Sumber: iStock.com
Lingkungan sebagai habitat dari makhluk hidup tentunya memiliki banyak pengaruh kepada kehidupan makhluk di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Lingkungan sendiri dapat diartikan sebagai suatu kawasan yang di dalamnya terdapat makhluk hidup serta kondisi mengenai semua hal yang memengaruhi pertumbuhan makhluk hidup.
Terdapat beberapa jenis lingkungan yang ada di sekitar makhluk hidup. Berikut penjelasan selengkapnya tentang jenis-jenis lingkungan.

Ada Berapa Jenis Lingkungan?

Secara umum, lingkungan terbagi dalam beberapa kelompok berdasarkan jenisnya, yaitu:
1. Lingkungan Alami
Jenis lingkungan pertama adalah lingkungan yang terbuat secara alamiah atau tanpa campur tangan manusia. Lingkungan ini memiliki beberapa komponen, yakni komponen biotik dan komponen abiotik.
Komponen biotik adalah bagian dari lingkungan alami yang terdiri makhluk hidup seperti manusia, flora dan fauna.
Sementara itu, komponen abotika adalah komponen yang tak bernyawa, tetapi memiliki sejumlah manfaat bagi lingkungan. Contoh dari komponen abiotik adalah udara, air, batu, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Pemahaman Tentang Lingkungan Berkelanjutan yang disusun oleh Rahayu Effendi, dkk, jenis lingkungan ini bersifat dinamis karena memiliki tingkat heterogenitas organisme yang sangat tinggi.
Ada Berapa Jenis Lingkungan? Ini Dia Jawabannya (16569)
searchPerbesar
Contoh dari jenis lingkungan buatan adalah lingkungan pemukiman. Sumber: Pixabay.com
2. Lingkungan Buatan
Berbeda dengan lingkungan alami, lingkungan buatan terbentuk akibat adanya usaha dari manusia. Jenis lingkungan ini biasanya melibatkan teknologi, baik teknologi sederhana maupun teknologi modern.
Namun, lingkungan hidup buatan ini memiliki sifat kurang beranekaragam keberadaannya karena sebatas buatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
Contoh dari lingkungan buatan adalah sawah, waduk, pemukiman, dan sebagainya.
3. Lingkungan Sosial
Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan interaksi dengan orang lain. Interaksi sosial yang terjadi pada manusia ini membentuk lingkungan yang disebut lingkungan sosial.
Melansir dari buku Hukum Lingkungan Buku 11 yang ditulis oleh St.Munadjat Danusaputra, L.L Bernard menyebutkan bahwa ada tiga jenis lingkungan sosial, yaitu:
ADVERTISEMENT
  1. Lingkungan fisio-sosial adalah lingkungan sosial yang memuat meliputi kebudayaan materiil atau alat. Contoh dari lingkungan ini adalah peralatan senjata, mesin, gedung, dan lain-lain.
  2. Lingkungan bio-sosial ialah lingkungan yang terdapat interaksi manusia dengan sesama makhluk hidup lainnya seperti tumbuhan dan hewan serta semua semua bahan yang digunakan manusia yang berasal dari sumber organik.
  3. Lingkungan psiko-sosial adalah jenis lingkungan sosial yang di dalamnya memuat hubungan lahir dan batin seorang manusia dengan perilaku. Hal ini terlihat melalui kebiasaan, kepercayaan, agama, ideologi, bahasa, dan lain-lain.
Ada Berapa Jenis Lingkungan? Ini Dia Jawabannya (16570)
searchPerbesar
Lingkungan sosial adalah lingkungan yang memuat interaksi manusia dengan sekitarnya. Sumber: iStock.com
4. Lingkungan Komposit
Jenis lingkungan lainnya adalah lingkungan komposit. Lingkungan komposit dapat diartikan sebagai lingkungan yang diatur oleh lembaga atau institusional berupa lembaga-lembaga pemerintahan, baik yang ada di kota atau desa, dan lembaga masyarakat lainnya.
ADVERTISEMENT
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat 4 jenis lingkungan yang tentunya bisa dimanfaatkan makhluk hidup dengan penuh tanggungjawab.
(SAI)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020