Andeng-andeng: Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
16 Februari 2022 20:17
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Andeng-andeng: Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya (104815)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi andeng-andeng. Foto: Unsplash.com
ADVERTISEMENT
Andeng-andeng adalah bintik kecil berwarna cokelat, agak kehitaman, atau berwarna serupa dengan kulit. Andeng-andeng terletak di atas permukaan kulit. Tekstur permukaan andeng-andeng bermacam-macam, mulai dari halus, kasar, atau ditumbuhi bulu.
ADVERTISEMENT
Andeng-andeng merupakan hal wajar yang kerap kita temui di tubuh manusia. Kondisi ini umumnya tidak berbahaya dan bersifat jinak sehingga kamu tak perlu takut jika memiliki tanda kecil ini di tubuh.
Namun ternyata ada juga andeng-andeng yang bersifat ganas, dalam istilah medis kondisi ini dinamakan melanoma. Ciri andeng-andeng tersebut, yakni mudah berdarah, sering gatal, kemerahan, bengkak, dan berkerak.

Pengertian Andeng-andeng

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), andeng andeng adalah bercak hitam pada kulit atau sering dikenal dengan sebutan tahi lalat.
Biasanya andeng-andeng muncul ketika seseorang baru lahir atau segera setelah lahir. Namun ada juga andeng-andeng yang baru muncul selama 30 tahun pertama dalam kehidupan.
Dengan demikian jumlah andeng-andeng bisa saja berubah, hal itu karena adanya perubahan pada hormon. Selain itu, warna andeng-andeng pada ibu hamil juga berubah warna menjadi lebih gelap.
ADVERTISEMENT

Penyebab Andeng-andeng

Andeng-andeng: Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya (104816)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi andeng-andeng pada wajah. Foto: Unsplash.com
Andeng-andeng muncul karena pengelompokkan sel penghasil zat warna kulit atau sel melanosit. Zat warna kulit ini tidak menyebar, melainkan akan membentuk pigmen yang akan menutupi permukaan kulit.
Penyebab andeng-andeng antara lain karena faktor keturunan atau genetik. Orang yang mempunyai andeng-andeng di tubuhnya bisa saja disebabkan oleh faktor genetik dari orang tua.
Penyebab lainnya, yaitu karena persebaran sel melanosit tak merata. Andeng-andeng akan terbentuk saat sel melanosit yang tumbuh secara berkelompok tidak tersebar secara rata ke seluruh kulit. Ini menjadi jawaban kenapa andeng andeng tiba tiba muncul padahal sebelumnya tidak ada.
Namun jika kemunculan andeng-andeng di tubuh semakin banyak, kamu perlu berhati-hati karena bisa saja itu merupakan gejala melanoma, yakni penyakit radang hitam pada kulit.
ADVERTISEMENT
Lantas apakah andeng andeng bisa dihilangkan? Jawabannya adalah bisa, jika andeng-andeng itu jinak atau tidak menimbulkan gejala apa pun sejak kemunculannya.

Cara Menghilangkan Andeng-andeng

Andeng-andeng: Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya (104817)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bawang putih. Bawang putih dapat membantu menghilangkan andeng-andeng. Foto: Pexels.com
Jika kamu memiliki andeng-andeng yang menganggu penampilan, kamu bisa mencoba menghilangkan andeng-andeng tersebut.
Namun sebelum itu kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui keadaan andeng-andeng tersebut dan mengetahui proses menghilangkan maupun risikonya.
Setelah mendapat persetujuan dari dokter ahli untuk menghilangkan andeng-andeng, maka tindakan baru bisa dimulai.
Cara Menghilangkan Andeng-andeng Hidup dan Mati
  • Melalui bedah eksisi
Pada andeng-andeng yang berukuran besar, dokter akan menerapkan metode bedah eksisi. Secara singkat, area andeng-andeng yang akan dihilangkan harus dibius terlebih dahulu.
Lalu dilanjut dengan memotong andeng-andeng dan jaringan kulit di sekitarnya dengan menggunakan pisau bedah. Kemudian luka bekas pembedahan ditutup dengan jahitan.
ADVERTISEMENT
  • Bedah beku dengan cairan nitrogen
Cairan nitrogen bekerja dengan menghancurkan jaringan. Dengan demikian andeng-andeng bisa segera hilang. Tindakan bedah beku dengan cairan nitrogen dilakukan dengan cara menyemprotkan nitrogen bersuhu dingin ke andeng-andeng yang ingin dihilangkan.
Setelah disemprotkan kulit akan mengalami luka lepuh. Namun, luka lepuh bisa sembuh dengan sendirinya. Waktu yang dibutuhkan, yaitu selama 7 hingga 10 hari.
  • Bedah listrik (kauterisasi)
Tindakan selanjutnya untuk menghilangkan andeng-andeng adalah dengan melakukan kauterisasi, yakni membakar lapisan kulit pada andeng-andeng.
Caranya, yaitu area kulit yang menjadi tempat munculnya andeng-andeng harus dibius terlebih dahulu. Selanjutnya dokter akan mengalirkan listrik ke jaringan kulit dengan alat logam. Tindakan ini membuat kulit kering dan memunculkan bercak cokelat pada kulit yang terlepas.
ADVERTISEMENT
Itu dia tiga cara menghilangkan andeng-andeng mati dan hidup yang bisa kamu pilih. Pastikan tindakan tersebut dilakukan setelah mendapatkan persetujuan selama konsultasi dengan dokter terkait.
Cara Menghilangkan Andeng-andeng di Wajah Secara Alami
  • Bawang putih
Cara menghilangkan andeng-andeng di wajah secara alami bisa dilakukan dengan menggunakan bawang putih. Hal ini karena bawang putih memiliki enzim yang mampu melarutkan gugus sel penyebab andeng-andeng.
Perawatan alami ini dilakukan dengan mengoleskan bawang putih ke area andeng-andeng yang ingin dihilangkan. Terapkan cara ini secara rutin agar andeng-andeng berkurang atau hilang.
  • Minyak biji rami
Menyadur dari Flax and Flaxseed Oil: An Ancient Medicine & Modern Functional Food, minyak biji rami memiliki khasiat yang membantu menyembuhkan luka dan menghilangkan flek hitam dan noda.
ADVERTISEMENT
Dalam hal ini, minyak biji rami juga mampu membantu menghilangkan atau menyamarkan andeng-andeng.
  • Cuka apel
Cuka apel bisa kamu coba untuk menghilangkan andeng-andeng. Pasalnya, cuka apel mempunyai sifat proteolitik yang mampu memecah rantai molekul protein.
Cara menggunakannya sangat mudah, kamu hanya perlu merendam satu lembar kapas di dalam cuka apel. Selanjutnya gosokkan kapas tersebut pada andeng-andeng secara perlahan.
Jangan menggosok terlalu keras karena akan menyebabkan iritasi dan berdarah. Untuk hasil optimal, lakukan cara ini tiga kali dalam satu minggu selama satu hingga dua bulan.

Arti Andeng-andeng

Andeng-andeng: Pengertian, Penyebab, dan Cara Menghilangkannya (104818)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi andeng-andeng pada wajah. Foto: Pexels.com
Andeng-andeng merupakan tanda lahir yang bisa dimiliki siapa saja. Letak andeng-andeng pada setiap orang juga tidak selalu sama.
Masyarakat Tiongkok mempunyai kepercayaan terhadap letak andeng-andeng sebagai penanda nasib di masa depan. Salah satunya arti dari letak andeng-andeng di wajah. Apakah kamu sudah tahu arti andeng-andeng di wajah?
ADVERTISEMENT
Andeng-andeng pada wajah terletak tidak menentu, ada yang di dahi, pipi, dagu, bibir, serta hidung. Arti andeng andeng di hidung sendiri dinilai menandakan adanya masalah percintaan dan ketidakstabilan yang akan dialami seseorang.
Selain di wajah, banyak juga orang dengan andeng-andeng di tangan kanan. Menyadur dari Your Chinese Astrology, arti andeng-andeng di tangan kanan yakni kamu disebut mempunyai janji pada kehidupan sebelumnya.
Bisa jadi kamu pernah berjanji untuk bertemu dengan pasangan di kehidupan yang sekarang. Tidak hanya itu, andeng-andeng yang terletak di tangan kanan juga melambangkan bahwa kamu merupakan orang yang detail dan perhitungan.
(ZHR)
Andeng-andeng artinya apa?
chevron-down
Apakah andeng-andeng bisa dihilangkan?
chevron-down
Apakah andeng-andeng bisa muncul tiba-tiba?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020