Tekno & Sains
·
15 September 2021 10:59
·
waktu baca 3 menit

Apa Saja Fungsi Lingkungan bagi Manusia?

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Apa Saja Fungsi Lingkungan bagi Manusia?  (861899)
searchPerbesar
Lingkungan memiliki sejumlah fungsi yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Sumber: Pixabay.com
Manusia sebagai makhluk hidup harus menjaga dan melestarikan lingkungan yang merupakan tempat tinggal mereka.
ADVERTISEMENT
Tak hanya bermanfaat sebagai tempat tinggal, lingkungan juga memiliki sejumlah manfaat yang dapat berpengaruh terhadap kehidupan makhluk hidup di dalamnya.
Berikut beberapa fungsi yang dimiliki lingkungan bagi manusia.

Apa Saja Fungsi Lingkungan bagi Manusia?

Dikutip dari modul Lingkungan Kehidupan dan Pembangunan Berkelanjutan yang diterbitkan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banten, ada sejumlah fungsi lingkungan bagi manusia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:
1. Tempat Tinggal dan Bertahan Hidup
Lingkungan dapat memiliki fungsi utama sebagai tempat hidup makhluk hidup, termasuk manusia. Hal ini disebabkan lingkungan memiliki sejumlah komponen yang bisa membantu manusia untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, yakni:
  • Komponen udara khususnya oksigen merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Lingkungan yang berfungsi sebagai penyuplai oksigen dan udara dapat dimanfaatkan oleh manusia bernapas.
  • Komponen sinar matahari memiliki manfaat sebagai sumber energi cahaya dan sebagai penghasil energi panas yang dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  • Komponen air yang dipergunakan untuk keperluan sehari-hari seperti minum, mandi, mencuci, pengairan sawah dan kebun, dan sebagainya.
  • Komponen hewan dan tumbuh-tumbuhan yang dapat dimanfaatkan manusia sebagai sumber energi dan nutrisi yang baik bagi tubuh.
  • Komponen tanah yang merupakan suatu kebutuhan bagi manusia untuk mendirikan sarana dan prasarana yang dapat membantu menunjang kehidupan manusia seperti bangunan tempat tinggal.
Apa Saja Fungsi Lingkungan bagi Manusia?  (861900)
searchPerbesar
Tumbuh-tumbuhan sebagai komponen biotik lingkungan bisa difungsikan sebagai sumber nutrisi oleh manusia. Sumber: Pixabay.com
2. Tempat untuk Bersosialisasi
ADVERTISEMENT
Selain menjadi tempat tinggal, lingkungan juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersosialisasi. Hal ini disebabkan oleh sifat manusia, yaitu makhluk sosial.
Dalam suatu lingkungan tersebut terdiri dari kumpulan manusia yang hidup saling berdampingan, bekerja sama, dan saling tolong menolong.
3. Tempat Mencari Keuntungan
Fungsi lain dari lingkungan adalah tempat manusia mencari keuntungan. Seperti yang diketahui, lingkungan memiliki sumber daya alam seperti emas, perak, intan, minyak bumi, dan sebagainya yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat mencari keuntungan.
Hal ini tentu juga akan meningkatkan pendapatan atau devisa negara. Selain itu, manusia juga dapat memanfaatkan lingkungan sebagai tempat pembangunan.
Namun, hal yang perlu diingat adalah segala perbuatan manusia dalam memanfaatkan lingkungan untuk mendapatkan keuntungan harus diikuti dengan perilaku ramah lingkungan.
ADVERTISEMENT
4. Tempat untuk Hiburan
Apa saja fungsi lingkungan bagi manusia yang lain? Manusia tak hanya membutuhkan makanan dan tempat tinggal, tetapi juga hiburan untuk menghindari stres dan rasa jenuh dari aktivitas sehari-hari.
Lingkungan bisa digunakan sebagai sarana dan prasarana untuk hiburan seperti wisata alam yang tersedia, seperti gunung, bukit, taman, dan lain-lain.
Apa Saja Fungsi Lingkungan bagi Manusia?  (861901)
searchPerbesar
Salah satu fungsi lingkungan adalah sebagai tempat untuk hiburan. Sumber: Pixabay.com
5. Sarana Edukasi
Lingkungan sebagai sarana edukasi untuk manusia yang bisa menambah wawasan dan ilmu mengenai lingkungan hidup dan komponennya.
Para pelajar juga bisa belajar langsung melalui lingkungan tentang peristiwa-peristiwa di lingkungan hidup.
6. Sumber Kebudayaan dan Peradaban
Fungsi lainnya dari lingkungan adalah sebagai sumber kebudayaan. Lingkungan hidup memiliki kedudukan penting dalam kebudayaan serta peradaban dunia.
Banyak seniman serta para penemu mendapatkan inspirasi dan ide dari lingkungan hidup. Oleh karena itu, lingkungan dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kebudayaan dan peradaban.
ADVERTISEMENT
(SAI)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white