Apa yang Dimaksud dengan Wisata Bahari?

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
1 November 2021 18:31
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Keindahan wisata bahari Bunaken. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki keindahan serta keunikan wisata baharinya. Wisata bahari ini tersebar dari wilayah Sabang hingga Merauke.
ADVERTISEMENT
Lantas, apa yang dimaksud dengan wisata bahari? Wisata bahari adalah seluruh kegiatan rekreasi yang aktivitasnya dilakukan pada media kelautan. Media kelautan yang dimaksud meliputi daerah pantai, pulau-pulau sekitarnya, serta kawasan lautan.
Pada dasarnya, aktivitas wisata bahari mengundang tantangan, keberanian, ketenangan, nilai sejarah, dan yang terpenting menimbulkan rasa cinta terhadap lingkungan laut dan kehidupan di dalamnya.
Tidak hanya berlokasi di wilayah laut, wisata taman bahari harus didukung dengan keadaan lingkungan yang alami, sejuk, dan sehat, sehingga kegiatan rekreasi dapat berlangsung secara optimal.
Lantas, apa saja hal-hal yang harus ada dalam wisata bahari? Apa saja destinasi wisata bahari di Indonesia yang memiliki keindahan luar biasa? Agar tidak lagi menjadi penasaran, simak uraiannya berikut ini.
Dalam laut Wakatobi. Foto: Dokumen Kemenparekraf

Hal-Hal yang Wajib Ada dalam Wisata Bahari

Dikutip melalui ui.ac.id milik Universitas Indonesia, wisata bahari harus meliputi beberapa fasilitas berikut ini.
ADVERTISEMENT
Indonesia sendiri terkenal memiliki wisata bahari yang menjadi daya tarik turis lokal maupun mancanegara. Wisata bahari ini terus dikembangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, yang bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat.
Keindahan Raja Ampat Papua yang luar biasa. Sumber: Kementerian PUPR

Destinasi Wisata Bahari di Indonesia

Berdasarkan situs Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, berikut beberapa destinasi wisata bahari yang menjadi favorit lokal maupun mancanegara hingga saat ini.
1. Labuan Bajo
Labuan Bajo menyimpan pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Kawasan wisata bahari ini yang terletak di ujung barat Pulau Flores, Kabupaten Manggarai Barat. Laut Bajo merupakan tempat hidup ribuan bahkan jutaan spesies ikan dan terumbu karang.
ADVERTISEMENT
Sebab memiliki potensi wisata yang cukup besar, pemerintah telah menetapkan Labuan Bajo sebagai destinasi super prioritas pada tahun 2018 silam.
2. Bunaken
Taman Nasional Bunaken memiliki luas 890,65 kilometer persegi ini, terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang laut, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir.
Terdapat sekitar 3.000 jenis ikan, seperti ikan ekor kuning, kuda ikan gusumi, dan gorapa di dalamnya. Tak ketinggalan, terdapat spesies langka seperti lumba-lumba, sapi laut, dugong dan berbagai jenis ikan hias yang memanjakan mata.
Hotel Meruorah Komodo Labuan Bajo milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Foto: Dok. ASDP
3. Raja Ampat
Raja Ampat merupakan salah satu kabupaten yang menempati wilayah Papua Barat. Perairan Raja Ampat memiliki 75% spesies laut seluruh dunia, berupa 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, dan ribuan biota laut lainnya.
ADVERTISEMENT
Hal inilah yang membuat Raja Ampat menjadi tujuan wisata bahari favorit bagi wisatawan di seluruh dunia.
4. Wakatobi
Wakatobi terletak di Sulawesi Tenggara dan menjadi salah satu destinasi unggulan wisata bahari Indonesia. Wakatobi tercatat memiliki kawasan terumbu karang seluas 118 ribu hektar.
Pada wilayah ini, juga terdapat Taman Nasional Wakatobi yang telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu kawasan cagar biosfer dunia di Indonesia.
(VIO)