Apakah Bekantan Merupakan Hewan Herbivora? Ini Penjelasannya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
31 Agustus 2023 12:06 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bekantan merupakan hewan herbivora. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Bekantan merupakan hewan herbivora. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Pertanyaan tentang apakah bekantan merupakan hewan herbivora sering muncul. Sebab, bekantan merupakan sejenis primata berhidung panjang dengan warna rambut coklat kemerahan yang diketahui memakan buah, biji-bijian, daun muda, dan mangrove.
ADVERTISEMENT
Dalam ensiklopedia Animalia disebutkan bahwa bekantan termasuk hewan herbivora, atau pemakan tumbuh-tumbuhan. Bekantan sering disebut proboscis monkey.
Nama spesiesnya adalah Nasalis larvatus. Di Malaysia, bekantan juga dikenal dengan sebutan monyet belanda.

Klasifikasi Bekantan

Bekantan merupakan hewan herbivora. Foto: Unsplash.
Wujud fisik dari bekantan cukup mudah dibedakan dari primata lainnya. Bekantan memiliki ciri fisik yang unik, yaitu hidung yang panjang.
Hidung bekantan jantan panjangnya bisa mencapai 18 cm, sementara pada bekantan betina cenderung lebih pendek. Semakin panjang hidung bekantan jantan, semakin menarik pula bagi lawan jenis.
Karakteristik lain dari bekantan adalah perut yang buncit. Bentuk perut yang buncit tersebut dikarenakan bekantan gemar mengonsumsi daun berkualitas rendah. Untuk mendapatkan energi yang cukup, mereka harus makan daun ini dalam jumlah yang banyak, dan hal tersebut memperbesar perut mereka.
ADVERTISEMENT
Selain itu, bekantan juga mengonsumsi buah-buahan mentah. Mereka tidak mengonsumsi buah-buahan yang ranum dan matang, karena kandungan gulanya akan berfermentasi dan membuat perut bekantan semakin kembung.
Bekantan merupakan hewan ini asli dan endemik dari pulau Kalimantan, Indonesia. Umumnya, bekantan hidup di daerah pesisir yang ditutupi hutan bakau dan rawa.
Habitat lain yang ditinggali bekantan adalah dataran rendah di sepanjang sungai serta hutan tepi sungai dan hutan hujan tropis. Bekantan biasanya hidup di dekat perairan di wilayah jelajahnya. Selain Kalimantan, bekantan juga bisa ditemui di beberapa daerah di Malaysia dan Brunei Darussalam.
Dalam biologi, setiap makhluk hidup diklasifikasikan ke dalam urutan takson. Tingkatan takson dari bekantan secara urut adalah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
Sayangnya, saat ini populasi bekantan semakin berkurang. Mamalia ini sudah masuk dalam kategori hewan terancam punah menurut IUCN Red List.

Apa Itu Herbivora

Bekantan merupakan hewan herbicora. Foto: Unsplash
Sebagaimana dijelaskan di atas, bekantan termasuk dalam kelompok hewan herbivora. Dikutip dari ensiklopedia Animalia, herbivora merupakan sebutan bagi hewan yang secara anatomis dan fisiologis hidup dengan memakan bahan tumbuhan, seperti dedaunan sebagai komponen utamanya.
Sebagai hasil dari pola makan nabati mereka, hewan herbivora biasanya memiliki mulut yang disesuaikan untuk menggiling tumbuh-tumbuhan tersebut.
Misalnya, pada herbivora seperti kuda, mereka memiliki gigi yang lebar dan rata yang disesuaikan untuk menggiling rumput, kulit pohon, dan bahan tanaman keras lainnya. Herbivora juga memiliki usus mutualistik yang membantu mereka mencerna tumbuhan.
ADVERTISEMENT
(TAR)