Begini Cara Mengetahui Zodiak Kita Sendiri

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
7 Juli 2022 14:41
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi zodiak. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi zodiak. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Banyak yang beranggapan bahwa kepribadian atau karakter seseorang dapat dilihat dari zodiak yang dimilikinya. Namun, tidak sedikit pula orang yang masih belum mengetahui zodiaknya sendiri. Lantas, bagaimana cara mengetahui zodiak kita sendiri?
ADVERTISEMENT
Dalam menentukan bintang zodiak yang dimiliki, setidaknya terdapat dua cara yang bisa dilakukan, yakni menggunakan tanggal serta waktu lahir dan kepribadian yang dimiliki.
Bagi yang penasaran, di bawah ini akan dijelaskan secara lengkap tentang apa itu zodiak dan bagaimana cara mengetahui zodiak kita sendiri.

Apa Itu Zodiak?

Dirangkum dari laman Wonderpolis, zodiak telah ada sejak ribuan tahun yang lalu, di mana ini pertama kali diawali oleh para astronom Babilonia. Para astronom ini berupaya memetakan bintang-bintang di langit.
Tujuannya adalah untuk membuat kalender pertanian yang akan menentukan kapan tanaman harus ditanam dan dipanen berdasarkan terbit dan terbenamnya bintang atau rasi bintang tertentu secara alami.
Berdasarkan jalur matahari melintasi langit sepanjang tahun (ekliptika), para astronom Babilonia mengembangkan sistem koordinat langit yang mendasarkan garis lintang pada ekliptika dan garis bujur pada posisi matahari di titik balik musim semi.
ADVERTISEMENT
Mereka kemudian membagi bola langit menjadi 12 divisi garis bujur atau yang biasa disebut sebagai 12 bintang zodiak. Zodiak ini akhirnya menyebar ke budaya lain, termasuk Yunani dan Romawi kuno.
Kata zodiak ini pun berasal dari kata Yunani “zoidiakos”, yang berarti "tanda binatang kecil". Ini dianggap masuk akal karena beberapa tanda zodiak didasarkan pada hewan.
Ilustrasi zodiak. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi zodiak. Foto: Pixabay
Saat ini, zodiak kerap dikaitkan dengan astrologi daripada astronomi. Astronomi adalah studi ilmiah tentang benda-benda langit, ruang dan alam semesta fisik, sedangkan astrologi lebih merupakan seni.
Astrologi dapat digambarkan sebagai kumpulan kepercayaan dan tradisi yang berfokus pada bagaimana pergerakan bintang dan planet berhubungan dengan peristiwa manusia di Bumi.
Banyak orang percaya pada astrologi, tapi tak sedikit pula orang tidak berpikir bahwa pergerakan bintang dan planet ada hubungannya dengan kehidupan di Bumi.
ADVERTISEMENT
Ahli astrologi akhirnya mulai mempelajari pergerakan bintang dan planet untuk memprediksi bagaimana pergerakan tersebut dapat mempengaruhi perilaku manusia.
Ulang tahun setiap orang dikaitkan dengan tanda zodiak tertentu dan ahli astrologi percaya bahwa prediksi tentang kepribadian seseorang dapat dibuat berdasarkan lokasi dan pergerakan bintang dan planet pada saat kelahiran mereka.

Apa Saja Nama-Nama Zodiak?

Zodiak atau rasi bintang adalah suatu pembagian berdasarkan tanggal lahir seseorang. Zodiak ini terbagi menjadi 12, yaitu Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, Sagitarius, dan Capricorn.
Membaca zodiak kini menjadi salah satu hal yang disenangi masyarakat, karena dari sana mereka dapat mengetahui kepribadian hingga nasib seseorang. Oleh karena itu, tak heran apabila saat ini banyak yang ingin mencari tahu zodiak apa yang mereka miliki.
ADVERTISEMENT

Bagaimana Kita Bisa Mengetahui Zodiak Sendiri?

Ilustrasi cara mengetahui zodiak kita sendiri. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi cara mengetahui zodiak kita sendiri. Foto: Pixabay
Ada 12 bintang zodiak atau astrologi yang masing-masing dikategorikan menurut waktu tertentu dalam setahun. Ini juga dikenal sebagai tanda matahari yang jangkauannya terkadang dapat bertambah atau berkurang 1 hari yang berbeda setiap tahunnya.
Meski dapat berubah, astrologi Barat biasanya tetap menggunakan tanggal tetap dalam menentukan zodiak. Dihimpun dari laman PrepScholar, berikut cara mengetahui zodiak kita sendiri berdasarkan tanggal serta waktu lahir dan kepribadian yang dimiliki.

1. Aries (21 Maret-19 April)

Aries adalah pertama dari dua belas zodiak dan diwakili oleh konstelasi dan domba jantan. Jika lahir di bawah tanda ini, seseorang dianggap memiliki kepribadian yang berani, dinamis, ambisius, dan kompetitif.
Aries juga dikenal karena kecepatan dan kualitas kepemimpinan mereka, serta kecenderungan untuk menjadi impulsif (karena termasuk ke dalam elemen "api") dan blak-blakan.
ADVERTISEMENT

2. Taurus (20 April-20 Mei)

Taurus adalah yang kedua dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh rasi bintang. Jika lahir di bawah tanda ini, seseorang dianggap berdedikasi, dapat diandalkan, fokus, dan kreatif.
Taurus juga dikenal cerdas dan dapat dipercaya, serta keras kepala (pertandanya adalah banteng). Taurus suka mencari kesenangan dan dapat diketahui mempertanyakan otoritas.

3. Gemini (21 Mei-20 Juni)

Gemini adalah yang ketiga dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh konstelasi Gemini, yang terdiri dari Dioscuri (si kembar), Castor, dan Pollux. Jika lahir di bawah tanda ini, seseorang dianggap energik, ekspresif, cerdas, dan suka bermain.
Gemini kerap dikenal karena sifatnya yang ramah dan beragam minat, tetapi mereka juga telah mendapatkan reputasi (kemungkinan salah tempat) bermuka dua.

4. Cancer (21 Juni-22 Juli)

Cancer adalah yang keempat dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh rasi bintang Kanker, yang paling sering digambarkan sebagai kepiting.
ADVERTISEMENT
Jika lahir di bawah tanda ini, seseorang akan dianggap berani, penyayang, protektif, dan intuitif. Cancer juga dikenal karena sifatnya yang memberi perhatian, serta kecenderungan untuk menjauh dan pasif-agresif.

5. Leo (23 Juli-22 Agustus)

Leo adalah yang kelima dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh konstelasi dan singa. Jika lahir di bawah tanda ini, seseorang dianggap lincah, ramah, dan berapi-api.
Leo dikenal karena sifatnya yang hangat dan harga diri yang tinggi, tetapi mereka dapat memiliki kecenderungan untuk menjadi pecemburu.

6. Virgo (23 Agustus-22 September)

Virgo adalah yang keenam dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh rasi bintang gadis. Jika lahir di bawah tanda ini, akan dianggap praktis, analitis, dan canggih.
Virgo dikenal karena kebaikan dan perhatiannya terhadap detail, tetapi mereka cenderung pemalu dan memiliki standar tinggi yang bisa tampak tidak adil untuk diri mereka sendiri dan orang yang mereka cintai.
ADVERTISEMENT

7. Libra (23 September-22 Oktober)

Libra adalah yang ketujuh dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh satu-satunya rasi bintang mati, timbangan. Jika lahir di bawah tanda ini, seseorang dianggap realistis, sosial dan diplomatis.
Libra dikenal karena sifat dan persahabatan mereka yang tidak mementingkan diri sendiri, tetapi mereka dapat memiliki kecenderungan untuk terlalu pragmatis.

8. Scorpio (23 Oktober-21 November)

Scorpio adalah yang kedelapan dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh konstelasi kalajengking. Jika lahir di bawah tanda ini, seseorang dianggap setia, banyak akal, dan fokus.
Scorpio juga dikenal karena keberanian dan sifatnya yang perintis, tetapi mereka dapat tampak berduri dan tertutup bagi orang asing.

9. Sagitarius (22 November-21 Desember)

Sagitarius adalah kesembilan dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh konstelasi, pemanah. Jika lahir di bawah tanda ini, akan dianggap optimis, mandiri, dan intelektual.
ADVERTISEMENT
Sagitarius dikenal sebagai magnetis dan murah hati, tetapi mereka dapat memiliki kecenderungan untuk menjadi arogan dan terlalu blak-blakan.

10. Capricorn (22 Desember-19 Januari)

Capricorn adalah kesepuluh dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh konstelasi, kambing laut. Jika lahir di bawah tanda ini, maka dianggap sabar, pekerja keras, dan disiplin.
Capricorn dikenal karena kegigihan dan preferensi mereka untuk batasan dan aturan, tetapi mereka dapat memiliki kecenderungan untuk keras kepala dan terlalu fokus pada kesempurnaan.

11. Aquarius (Januari 20-Februari 18)

Aquarius adalah yang kesebelas dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh konstelasi, pembawa air. Jika lahir di bawah tanda ini, seseorang akan dianggap inovatif, setia, dan orisinal.
Aquarius dikenal karena kreativitas dan sifat pemberontaknya, tetapi mereka dapat memiliki kecenderungan untuk menyendiri dengan orang yang dicintai dan tanpa kompromi.
ADVERTISEMENT

12. Pisces (19 Februari-20 Maret)

Pisces adalah yang terakhir dari dua belas tanda zodiak dan diwakili oleh rasi bintang ikan. Jika lahir di bawah tanda ini, seseorang akan dianggap intuitif, kreatif, dan berempati.
Pisces dikenal karena belas kasih dan sifat artistiknya, tetapi mereka dapat memiliki kecenderungan untuk terlalu sensitif atau delusi.
(NDA)
Apa ciri khas orang dengan zodiak Aquarius?
chevron-down
Apa ciri khas orang dengan zodiak Pisces?
chevron-down
Apa ciri khas orang dengan zodiak Leo?
chevron-down