Cara Daftar Lazada PayLater dengan Praktis dan Mudah

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
13 Mei 2022 20:00
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Daftar Lazada PayLater dengan Praktis dan Mudah (278067)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mendaftar Lazada PayLater. Foto: Kumparan.
Salah satu aplikasi belanja online yang menyediakan fitur paylater adalah aplikasi Lazada. Platform niaga elektronik ini memudahkan para penggunanya untuk membeli barang dengan sistem kredit Lazada PayLater. Lantas, bagaimana cara daftar Lazada PayLater?
ADVERTISEMENT
Sebagai tambahan informasi, Lazada adalah aplikasi belanja online asal Singapura yang diluncurkan pada awal 2012. e-commerce ini dinilai sebagai pelopor niaga elektronik di Asia Tenggara. Selain negara asalnya, Lazada sudah hadir di Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Indonesia.
Selain menyediakan beragam variasi produk dari berbagai kategori, Lazada juga menawarkan berbagai diskon dan fitur menarik yang membuat para penggunanya nyaman berbelanja pada aplikasi tersebut. Salah satu fitur yang memudahkan para pembeli, yakni sistem Lazada PayLater.
Lazada Paylater merupakan sistem pembayaran kredit dengan limit tertentu dan memudahkan konsumen dalam melakukan transaksi pada aplikasi Lazada. Lalu apa saja syarat yang dibutuhkan untuk daftar Lazada PayLater? Simak Jawabannya di bawah ini.

Syarat Daftar Lazada PayLater

Cara Daftar Lazada PayLater dengan Praktis dan Mudah (278068)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi syarat daftar Lazada PayLater. Foto: Unsplash.com
Melansir situs resmi Lazada, fitur Lazada PayLater merupakan layanan pinjaman atau cicilan yang bisa dilunasi dalam jangka waktu tertentu tanpa kartu kredit. Untuk mendaftar fitur tersebut, para pengguna harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.
ADVERTISEMENT
Beberapa syarat tersebut digunakan sebagai proses verifikasi. Adapun syarat-syarat daftar Lazada PayLater yang bisa kamu siapkan adalah sebagai berikut:
  • Foto KTP sesuai identitas di Lazada.
  • Foto swafoto (selfie).
  • Foto swafoto bersama KTP.
  • Pengguna terpilih yang sudah melakukan transaksi di Lazada.
Sistem Lazada PayLater diketahui bekerja sama dengan Akulaku dan juga Atome. Keduanya merupakan perusahaan jasa yang menyediakan layanan fasilitas kredit dengan fitur pembayaran secara angsuran melalui aplikasi.
Sebelum mendaftar Lazada PayLater, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar pengajuan Lazada PayLater mudah disetujui oleh pihak Lazada. Tips yang pertama, sebelum mendaftar Lazada PayLater, ada baiknya kamu sudah memiliki akun pada Aplikasi akulaku atau Atome.
Tips selanjutnya, pastikan nomor yang terdaftar pada kedua aplikasi tersebut sama dengan nomor yang terdaftar di akun Lazada kamu. Jika mengggunakan nomor yang berbeda, kamu bisa mengganti salah satunya agar bisa sama.
ADVERTISEMENT
Lantas bagaimana cara daftar Lazada PayLater? Untuk mengetahui jawabannya, simak arikel di bawah ini.

Cara Daftar Lazada PayLater

Cara Daftar Lazada PayLater dengan Praktis dan Mudah (278069)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi mendaftar Lazada PayLater. Foto: Unsplash.com
Cara daftar Lazada Paylater sangat mudah dan praktis. Bagi pemula yang baru pertama kali melakukannya, kamu dapat menyimak langkah-langkah selengkapnya di bawah ini.
Cara Daftar Lazada PayLater
Berikut cara mendaftar Lazada PayLater:
1. Buka aplikasi
Buka aplikasi Lazada.
2. Pilih menu akun
Pada halaman utama pilih menu "Akun", lalu klik "Aktif Sekarang".
3. Centang kontak yang tersedia
Centang di kotak yang tersedia untuk menyatakan bahwa kamu setuju terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku, lalu klik "Apply Now".
4. Masukkan kode OTP
Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor ponselmu, klik Kode verifikasi.
5. Lakukan verifikasi KTP
Lakukan verifikasi KTP dengan mengambil foto KTP pribadi.
6. Ambil swafoto
Ambil foto diri (selfie) sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
7. Cek kembali data yang ditulis
Pastikan bahwa informasi yang diinput sudah benar, yaitu rincian kontak dan alamat.
8. Isi data tambahan
Isi data diri tambahan lainnya seperti kontak darurat, nama perusahaan, dan lokasi. Klik Berikutnya.
9. Selesai
Aplikasi paylater-mu sedang ditinjau. Jadi, tunggu hingga proses selesai.
Jika pengajuan paylater kamu ditolak, ada tiga faktor utama yang bisa menjadi alasan. Pertama, data yang diberikan tidak valid dan kurang lengkap. Kedua, ada peluang bahwa kamu tak memenuhi syarat untuk pengajuan kredit. Ketiga, kamu sedang memiliki masalah kredit di beberapa platform lain.
Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa menghubungi call center Lazada untuk melakukan pengajuan ulang. Lalu bagaimana menggunakan PayLater Lazada?
Setelah akun Lazada PayLater aktif, kamu bisa mendapatkan limit kredit hingga Rp6 juta. Selanjutnya, kamu bisa menggunakan fitur tersebut sebagai proses lanjutan saat membeli barang di Lazada.
ADVERTISEMENT
Cara menggunakan fitur Lazada PayLater juga tidak sulit. Kamu hanya perlu memilih opsi pembayaran dengan PayLater di halaman Metode Pembayaran. Limit kreditmu akan terpotong sesuai dengan nominal yang digunakan untuk membayar.
Setelah melakukan transaksi menggunakan Paylater, jangan lupa untuk melakukan pembayaran tagihan dengan tepat waktu. Hal ini bertujuan agar kamu tidak terkena biaya tambahan sehingga menyebabkan tagihan Lazada PayLater semakin membengkak.

Bagaimana Jika Telat Bayar Lazada Paylater?

Cara Daftar Lazada PayLater dengan Praktis dan Mudah (278070)
zoom-in-whitePerbesar
Agnes Monica merupakan salah satu Brand Ambassador Lazada. Foto: Lazada.
Melansir situs resmi Help Center Lazada, jika telat membayar tagihan Lazada PayLater dari tanggal yang ditentukan, kamu akan dikenakan biaya keterlambatan. Biaya tersebut dibebankan berdasarkan jumlah yang belum dibayar dengan keterangan sebagai berikut:
  • Biaya keterlambatan untuk akun paylater yang terhubung dengan akun Akulaku dibebankan biaya sebesar 0,3 persen.
  • Biaya keterlambatan untuk akun paylater yang terhubung dengan akun Atome dibebankan biaya sebesar Rp80.000 per bulan atau per tagihan.
ADVERTISEMENT

Kapan jatuh tempo Lazada PayLater?

Mengutip laman resmi Help Center Lazada, jatuh tempo Lazada PayLater adalah tanggal 2 di bulan berikutnya setelah melakukan transaksi. Sedangkan tanggal penagihan Lazada PayLater adalah tanggal 17 di setiap bulannya.
Apabila tidak melakukan pembayaran melebihi tanggal 2 bulan berikutnya, status tagihan kamu akan berubah menjadi terlambat. Sehingga kamu akan dikenakan biaya keterlambatan seperti yang telah dipaparkan sebelumnya. Jadi, pastikan tagihan pembayaran Lazada PayLater kamu lunas sebelum tanggal pembayaran terakhir.

Mengapa PayLater Tidak Bisa Digunakan?

Cara Daftar Lazada PayLater dengan Praktis dan Mudah (278071)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bertransaksi menggunakan Lazada PayLater. Foto: Pexels.com
Masih dari sumber yang sama, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan Lazada PayLater kamu tidak bisa digunakan, di antaranya yaitu:

1. Ada tagihan pembayaran Lazada PayLater yang belum lunas

Salah satu faktor yang menyebabkan Lazada PayLater tidak bisa digunakan, yakni karena pengguna belum melunasi cicilan Lazada PayLater. Jika masih memiliki cicilan, secara otomatis PayLater Lazada kamu tidak bisa digunakan.
ADVERTISEMENT

2. Telat membayar angsuran

Seperti yang dipaparkan di atas, kamu harus membayar tagihan Lazada PayLater dengan tepat waktu. Jika telat membayar angsuran, fitur Lazada PayLater yang kamu miliki tidak bisa digunakan untuk sementara waktu.

3. Aplikasi Lazada kamu belum diperbarui

Selanjutnya penyebab Lazada PayLater kamu tidak bisa digunakan adalah belum dimutakhirkan (update) ke versi terbaru. Hal ini juga bisa menjadi alasan aplikasi eror atau fitur di aplikasi Lazada tersebut tak bisa digunakan.
Itulah ulasan lengkap tentang cara daftar PayLater Lazada yang bisa kamu lakukan. Selamat Mencoba!
(IPT)