Definisi Mikrotik, Fungsi, hingga Level Lisensinya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
15 November 2021 14:38
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Mikrotik. Foto; Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Mikrotik. Foto; Pixabay
Dalam sebuah jaringan terdapat salah satu komponen penting, yakni mikrotik. Umumnya mikrotik difungsikan untuk keperluan tertentu seperti komponen pelengkap dalam server atau router dan jaringan.
Lantas, apa yang dimaksud dengan mikrotik? Berikut uraian selengkapnya mengenai pengertian mikrotik, fungsi, dan levelnya.

Mikrotik

Menurut buku Menguasai Jaringan Komputer Pada Cisco & Mikrotik oleh Putra Wanda, mikrotik adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer sebagai router network.
Pada umumnya, mikrotik mencakup berbagai fitur yang berfungsi sebagai jaringan IP dan jaringan nirkabel (wireless). Selain itu, mikrotik juga bisa dimanfaatkan oleh ISP, provider hotspot, dan jaringan komputer di warung internet (warnet).
Menurut Adnan Tutu dalam buku Konfigurasi Dasar Mikrotik Menggunakan Metode GUI & CLI, mikrotik dapat dipasang pada routerboard. Melalui fitur-fitur di dalamnya, kita dapat merancang sebuah jaringan komputer mulai dari skala yang paling sederhana hingga yang kompleks dengan mudah.
Aawalnya, mikrotik ditujukan untuk perusahaan jasa layanan internet atau Internet Service Provider (ISP) yang melayani para pelanggannya melalui teknologi nirkabel. Namun, kini mikrotik juga menyediakan produk perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) guna menunjang konektivitas internet di sebagian besar negara di dunia.

Fungsi Mikrotik

Dalam buku Konfigurasi Dasar Mikrotik Menggunakan Metode GUI & CLI, mikrotik memiliki empat fungsi antara lain sebagai berikut:
1. Sebagai internet gateway
Mikrotik berguna sebagai penghubung sekaligus pengatur kunjungan (traffic) lalu lintas internet, baik yang keluar maupun yang masuk ke jaringan lokal.
2. Sebagai access point
Mikrotik dilengkapi dengan teknologi interface wireless. Melalui teknologi tersebut, mikrotik dapat digunakan sebagai access point pada jaringan Wi-Fi. Sebagai access point, mikrotik memungkinkan jaringan bisa digunakan untuk hotspot berskala kecil bahkan jaringan yang lebih besar sekelas Wireless ISP.
3. Sebagai routing atau intermediary device
Sebuah router berfungsi sebagai penghubung jaringan, sekaligus penentu jalur terbaik untuk menuju komputer tujuan. Begitu pula dengan mikrotik, sistem operasi ini akan memilihkan jalur terbaik untuk menuju pusat data.
4. Fungsi lainnya
Selain tiga fungsi di atas, mikrotik juga bermanfaat sebagai bridge, VPN server, dan sebagainya.
Ilustrasi Penggunaan Mikrotik. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Penggunaan Mikrotik. Foto: Pixabay

Level Lisensi pada Mikrotik

Meskipun tergolong software yang bersifat open source, mikrotik memiliki level lisensi sesuai fitur yang disediakan. Menurut Athallah dalam buku Panduan Singkat Menguasai Router Mikrotik untuk Pemula, level lisensi tersebut dapat dinaikkan dengan mudah jika pengguna membutuhkan fitur yang lebih tinggi dari level sebelumnya.
Adapun tingkatan level pada mikrotik antara lain sebagai berikut:
1. Level 0 (gratis)
Level ini tidak memerlukan lisensi untuk pemakaiannya. Pengguna hanya diberi akses selama 24 jam setelah pemasangan dilakukan.
2. Level 1 (demo)
Pada level ini, para pengguna diberi akses untuk menggunakan fungsi mikrotik secara menyeluruh. Namun, hanya dibatasi selama 24 jam saja. Setelahnya, seluruh fungsi pada mikrotik akan dikunci secara otomatis dan tidak bisa diakses kembali.
3. Level 3
Pada level tiga, seluruh fungsi pada level satu sudah terakomodir di dalamnya. Namun, fungsi yang membedakannya dengan level satu, yakni kemampuan mengatur seluruh perangkat keras yang berbasis alamat protokol internet (IP Address).
4. Level 4
Fitur tambahan dalam level ini yakni kemampuan dalam mengelola jaringan nirkabel bertipe akses poin.
5. Level 5
Pada level lima, fitur tambahan yang disajikan berupa kemampuan dalam mengelola hotspot nirkabel dengan jumlah yang lebih banyak.
6. Level 6
Sebagai level tertinggi dalam lisensi mikrotik, level enam mencakup keseluruhan fitur yang ditambah tanpa batasan untuk menggunakan fitur yang disediakan.
(ANM)
Apa yang dimaksud dengan mikrotik?
chevron-down
Di mana mikrotik dipasang?
chevron-down
Sebutkan fungsi mikrotik!
chevron-down