Interaksi Manusia dengan Lingkungan: Fisik, Biologis, dan Sosial

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
26 Agustus 2021 16:40 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Interaksi manusia dengan hewan di lingkungan alam. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Interaksi manusia dengan hewan di lingkungan alam. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Lingkungan merupakan salah satu faktor yang memengaruhi kelangsungan hidup organisme yang ada di dalamnya. Organisme yang hidup di dalam lingkungan terdiri dari seluruh makhluk hidup, seperti tumbuhan, hewan, dan manusia.
ADVERTISEMENT
Antar makhluk hidup saling berinteraksi dan menggantungkan agar siklus hidup dalam lingkungan dapat terus berjalan. Masing-masing makhluk hidup juga memiliki peran dan fungsinya ketika interaksi sedang terjadi.
Ada pun interaksi yang terjalin antara manusia dengan lingkungannya dapat bersifat menguntungkan maupun merugikan. Hal ini bergantung pada interaksi yang dihasilkan oleh masing-masing individu.
Ilustrasi interaksi manusia dengan tumbuhan. Foto: Pixabay

Bentuk Interaksi Manusia dengan Lingkungan

Menurut Purnama dalam buku Dasar-Dasar Lingkungan karya Fahrul Islam dkk (2020: 16), lingkungan yang menjadi tempat interaksi sesama manusia dibagi menjadi tiga jenis, yaitu lingkungan fisik, lingkungan biologi, dan lingkungan sosial. Berikut masing-masing penjelasannya.
Lingkungan Fisik
Lingkungan fisik adalah faktor eskternal berupa konsumen benda mati. Komponen tersebut meliputi air, tanah, udara, radiasi, cuaca, iklim, bahan pangan dan lain sebagainya. Lingkungan fisik berinteraksi terhadap manusia secara konstan dan berlangsung sepanjang waktu.
ADVERTISEMENT
Lingkungan Biologis
Lingkungan biologis menyangkut benda hidup yang meliputi tanaman, hewan, virus, bakteri, jamur, parasit, protozoa dan lain sebagainya.
Lingkungan biologis sangat berpengaruh dan memegang peranan penting dalam interaksi antarmanusia sebagai unsur lingkungan yang menguntungkan (sumber kehidupan) ataupun yang mengancam kehidupan manusia.
Lingkungan Sosial
Lingkungan sosial merupakan faktor eksternal yang berhubungan dengan kebudayaan (adat istiadat, tradisi, kebiasaan, kepercayaan, dan agama), gaya hidup, tingkat pendidikan, tingkat sosial, politik, dan sistem organisasi. Lingkungan sosial di dalamnya juga terdiri dari peraturan yang berlaku bagi setiap individu yang hidup bermasyarakat.
Dirangkum dalam buku berjudul Ekologi Manusia, Prof. Dr. Eri Barlian, M.S. & Dr. Iswandi U., M.Si. (2020:23), inilah contoh interaksi manusia dengan lingkungan fisik, biologis, dan sosial yang sering terjadi di dalam kehidupan sehari-hari.
Ilustrasi interaksi manusia yang terjadi di dalam lingkungan sosial, Foto: Pixabay

Contoh Interaksi dengan Lingkungan Fisik

ADVERTISEMENT

Contoh Interaksi dengan Lingkungan Biologis

Contoh Interaksi dengan Lingkungan Sosial

(VIO)