Job Desk Adalah Penjabaran Pekerjaan, Simak Penjelasannya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
11 November 2021 14:05
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Job Desk Adalah Penjabaran Pekerjaan, Simak Penjelasannya (15440)
zoom-in-whitePerbesar
Job desc atau job desk adalah penjabaran kerja, jabatan, dan tanggung jawab pekerja. Foto: Unsplash
Job description atau sering disebut sebagai job desc atau job desk adalah penjabaran kerja, jabatan, dan tanggung jawab pekerja.
ADVERTISEMENT
Hingga kini, sebenarnya masih banyak orang yang masih bingung mana penulisan yang benar, job desc atau job desk?
Melihat dari kepanjangan asal katanya, penulisan yang benar adalah job desc yang mengacu pada kata job description dalam bahasa Inggris.
Sementara kata job desk sering kali dikaitkan dengan dua pengertian. Pertama, job desk yang berarti "job deskripsi" dan kedua, "desk job" sebagai istilah untuk menyebut model pekerjaan yang mengharuskan orang untuk bekerja di meja, alias kerja kantoran.
Jadi, istilah job desc yang benar jika mengacu pada maksud dari job description. Untuk mengetahui lebih jauh terkait hal ini, simak pembahasan berikut.

Pengertian Job Desc atau Job Desk

Job Desk Adalah Penjabaran Pekerjaan, Simak Penjelasannya (15441)
zoom-in-whitePerbesar
Job desc adalah penjabaran pekerjaan yang berkaitan dengan tanggung jawab masing-masing posisi pekerja yang sudah ditentukan. Foto: Unsplash
Dikutip dari Studi Kelayakan Bisnis oleh Sulasih dkk., job desc adalah sebuah pedoman yang dibuat perusahaan untuk karyawan agar bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai dengan posisi yang sudah ditentukan.
ADVERTISEMENT
Menurut R. Wayne Mondy dan Joseph J. Martocchio dalam Human Resource Management, pengertian job desc merupakan sebuah penjabaran pekerjaan yang sudah dirincikan sesuai dengan jabatan yang ditentukan.
Job desc harus sesuai dengan posisi karyawan sehingga bisa membantu perusahaan untuk mengamati perkembangan karyawan selama melakukan pekerjaan.
Sementara menurut Moekijat dalam Manajemen Kepegawaian dan Hubungan dalam Perusahaan, job desc adalah gambaran jabatan yang ditulis secara singkat, jelas, dan teliti yang berkaitan tentang tanggung jawab masing-masing jabatan yang sudah ditentukan.
Job desc dibuat dalam bentuk dokumen yang berisi ringkasan informasi penting tentang masing-masing jabatan agar mempermudah untuk membedakan jabatan yang satu dengan yang lain dalam perusahaan.
Penjabaran tersebut disusun secara terstruktur agar lebih mudah dipahami oleh karyawan.
ADVERTISEMENT
Jadi, dapat disimpulkan bahwa job desk adalah penjabaran pekerjaan yang berkaitan dengan tanggung jawab masing-masing posisi pekerja yang sudah ditentukan.

Kriteria Penyusunan Job Desc

Job Desk Adalah Penjabaran Pekerjaan, Simak Penjelasannya (15442)
zoom-in-whitePerbesar
Ada beberapa kriteria yang harus dijabarkan secara jelas dalam penyusunan job desc. Foto: Unsplash
Menurut Gary Dessler dalam Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi Kesepuluh, beberapa kriteria yang harus dijabarkan secara jelas dalam penyusunan job desk adalah:
1. Identifikasi Pekerjaan
Identifikasi pekerjaan memberikan posisi karyawan dalam bentuk struktur organisasi, yang meliputi beberapa informasi mengenai jabatan karyawan. Pemberian jabatan karyawan harus jelas dan tepat sesuai dengan yang dibutuhkan organisasi.
2. Tujuan Pekerjaan
Tujuan pekerjaan menjelaskan mengenai tujuan utama dari pekerjaan atau yang dikenal dengan job objective yang harus menggambarkan dasar dan inti dari pekerjaan tersebut.
3. Tugas dan Tanggung Jawab
ADVERTISEMENT
Tugas dan tanggung jawab menjelaskan mengenai daftar tugas utama dan tanggung jawab seseorang ketika sudah diberikan jabatan tetap.
Tugas dan tanggung jawab merupakan inti dari rancangan job desc yang harus dijelaskan secara detail dan akurat terhadap apa yang akan karyawan lakukan selama bekerja.
4. Hubungan
Hubungan menjelaskan mengenai hubungan posisi internal maupun eksternal perusahaan yang akan berguna untuk mencapai standar performa yang sudah di bentuk, agar karyawan merasakan kepuasan atas apa yang sudah dikerjakan.
5. Pengetahuan
Pengetahuan berkaitan dengan keterampilan seseorang, wawasan, pengalaman yang didapat, kemampuan dalam bekerja dan kapabilitas formal yang dibutuhkan seseorang agar dapat menyelesaikan pekerjaan yang sudah diberikan.
Job Desk Adalah Penjabaran Pekerjaan, Simak Penjelasannya (15443)
zoom-in-whitePerbesar
Salah satu kriteria penyusunan job desc adalah pemecahan masalah. Foto: Unsplash
6. Pemecahan Masalah
ADVERTISEMENT
Pemecahan masalah merupakan bagian yang berkaitan dengan identifikasi pemikiran ketika pengambilan keputusan. Setiap pekerjaan akan selalu membutuhkan penyelesaian masalah yang bervariasi.
7. Akuntabilitas
Akuntabilitas menjelaskan mengenai keuangan dari pekerja dengan melihat nilai dari aset, peningkatan penjualan dan lebihnya diberikan kepada pekerja yang bertanggung jawab atas pekerjaan yang sudah diberikan.
8. Kewenangan
Kewenangan bisa disebut dengan hak dan wewenang yang dimiliki setiap karyawan dalam memberikan keputusan serta pendapat.
9. Standar Kinerja
Standar kerja biasanya diberlakukan dengan adanya syarat-syarat tertentu guna untuk meningkatkan performa kerja serta mengevaluasi hasil kinerja karyawan.
10. Lisensi
Lisensi merupakan dokumen yang legal yang dipakai sebagai kelengkapan surat izin dalam pekerjaan yang memiliki tingkat bahaya yang cukup tinggi.
ADVERTISEMENT
(SFR)