Kata Kerja Mental: Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, dan Contohnya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
17 April 2024 14:05 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kata kerja mental. Foto: Unsplash.com/Thought Catalog
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kata kerja mental. Foto: Unsplash.com/Thought Catalog
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam bahasa Indonesia, ada banyak jenis kata kerja, salah satunya kata kerja mental. Kata kerja mental atau verba mental adalah jenis kata kerja yang menerangkan suatu respons atau reaksi terhadap sebuah kejadian atau aktivitas dalam sebuah kalimat.
ADVERTISEMENT
Kata kerja mental juga disebut dengan kata kerja tingkah laku, sebab menerangkan perilaku atau tindakan seseorang. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui penjelasan lengkap tentang kata kerja mental dan contoh-contohnya.

Pengertian Kata Kerja Mental

Ilustrasi kata kerja mental. Foto: Unplash.com/Bernd Klutsch
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata kerja adalah jenis kata yang memiliki fungsi untuk menggambarkan proses, perbuatan, dan keadaan. Sementara itu, pengertian mental adalah hal-hal yang bersangkutan dengan batin dan watak manusia.
Dapat disimpulkan bahwa kata kerja mental adalah jenis kata kerja yang menerangkan tindakan yang berkaitan dengan batin manusia sebagai respons terhadap sebuah kejadian dalam sebuah kalimat.
Dikutip dari Buku Ajar Bahasa Indonesia untuk Kelas IX SMK karya Fitri Itut Rahayu, pengertian kata kerja mental adalah kata kerja yang menggambarkan afeksi, persepsi, dan kognisi seseorang. Sebuah kalimat yang menggunakan kata kerja mental umumnya terdiri dari pengindera dan sebuah kejadian.
ADVERTISEMENT
Dapat disimpulkan bahwa kata kerja mental adalah kata kerja yang digunakan untuk menjelaskan reaksi, respons, dan sikap seseorang terhadap sebuah aktivitas atau tindakan.
Dalam konfigurasi di sebuah kalimat, kata kerja mental adalah predikat yang tak dapat berdiri sendiri dan bergantung pada subjek dan kejadian yang sedang dibahas.

Ciri-Ciri Kata Kerja Mental

Ilustrasi kata kerja mental. Foto: unsplash
Kata kerja mental memiliki sejumlah ciri-ciri atau karakteristik yang membedakan dengan jenis kata kerja lain. Dirangkum dari Analisis Kata Kerja Mental dalam Berita Utama Surat Kabar Kedaulatan Rakyat Periode Januari - Februari 2022, Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, berikut ini ciri-ciri kata kerja mental:
ADVERTISEMENT

Fungsi Kata Kerja Mental

Ilustrasi kata kerja mental. Foto: Unsplash.com/liliartsy
Fungsi kata kerja mental dalam sebuah kalimat adalah sebagai predikat. Menyadur artikel ilmiah berjudul Penggunaan Kata Kerja Mental pada Produk Teks Eksposisi Siswa SMA di Kota Mataram oleh Nur Ida Rosmayanti, dkk., kata kerja mental digunakan untuk menunjukkan sikap dari penulis.
Lebih lanjut, kata kerja mental digunakan untuk menggambarkan perilaku atau tindakan seseorang saat mengalami keadaan tertentu, seperti lebih menunjukkan perasaan daripada bertindak.
Penggunaan kata kerja mental dapat dijumpai dalam berbagai jenis teks, seperti teks eksposisi, teks berita, teks sejarah, teks laporan, dan lainnya.

Contoh Kata Kerja Mental

Ilustrasi kata kerja mental. Foto: Unsplash/Aaron Burden
Agar lebih memahami materi kata kerja mental, di bawah ini dibagikan beberapa contohnya sesuai dengan tujuannya:
ADVERTISEMENT

1. Persepsi

Kata kerja mental sebagai persepsi artinya adalah kata kerja yang digunakan untuk mengetahui suatu hal melalui panca indra manusia. Berikut contohnya:

2. Afeksi

Kata kerja mental sebagai afeksi artinya kata kerja tersebut digunakan untuk menggambarkan perasaan dan emosi seseorang. Berikut contohnya:

3. Kognisi

Kata kerja mental sebagai konginis artinya adalah kata kerja yang digunakan untuk menggambarkan proses seseorang mendapatkan sebuah informasi. Berikut contohnya:

Contoh Kata Kerja Mental dalam Sebuah Kalimat

Ilustrasi kata kerja mental. Foto: cottonbro studio/Pexels
Dirangkum dari Modul Pembelajaran SMA Bahasa Indonesia kelas XII terbitan kemdikbud pada 2020 dan beberapa sumber lainnya, berikut ini contoh kata kerja mental apabila digunakan dalam sebuah kalimat:
ADVERTISEMENT
(NSF)