Kata Sifat: Pengertian, Ciri-ciri, dan Contohnya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
17 April 2024 11:10 WIB
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kata sifat. Foto: Pixabay/ lil_foot_
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kata sifat. Foto: Pixabay/ lil_foot_
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ada banyak jenis kata dalam bahasa Indonesia, salah satunya kata sifat atau disebut juga dengan adjektiva. Kata sifat adalah kata yang menggambarkan suatu keadaan atau kondisi kata benda sehingga menjadi lebih spesifik, misalnya menerangkan watak.
ADVERTISEMENT
Kata sifat cukup penting dalam sebuah kalimat, sebab dapat menambah arti dari sesuatu yang dibendakan. Dengan begitu, kalimat akan lebih jelas dan mudah dimengerti.
Agar lebih memahami tentang kata sifat, simaklah artikel ini yang akan menerangkan jenis kata ini lengkap dengan contohnya.

Pengertian Kata Sifat

Ilustrasi kata sifat. Foto: Pexels
Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata sifat atau adjektiva adalah kata yang menerangkan nomina (kata benda) dan secara umum dapat bergabung dengan kata "lebih" dan " sangat".
Sementara itu, mengutip buku Panduan Praktis Menulis Artikel karya Syatrya Utama dan Windi Listianingsih pada 2009, kata sifat adalah kata yang menyatakan keadaan atau sifat dari kata yang dibendakan.
Adapun dari pengertian di atas dapat diketahui fungsi kata sifat dalam sebuah kalimat, yakni untuk memberikan atau mengubah keterangan terhadap kata benda. Selain itu, kata sifat berfungsi untuk menerangkan keadaan subjek atau objek.
ADVERTISEMENT
Kata sifat sendiri ada beberapa jenis, yaitu yang masih berbentuk dasar dan yang sudah berbentuk turunan. Kata sifat dasar adalah yang belum mendapatkan imbuhan. Misalnya manis, pahit, ramah, besar, dan kecil.
Kemudian, kata sifat turunan adalah yang sudah mendapatkan imbuhan. Misalnya terbaik, secantik, dan cerah ceria. Tak hanya itu saja, ada juga kata sifat yang diserap dari bahasa asing atau disebut dengan kata sifat serapan. Contohnya ekonomis, kondusif, kapitalis, dan aktif.

Ciri-Ciri Kata Sifat

Ilustrasi kata sifat. Foto: Unsplash/Dmitry Ratushny
Kata sifat memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis kata lainnya. Mengutip Adjektiva Bahasa Indonesia oleh Dewi Ratnasari, M. Hum, terbitan pustaka.unpad.ac.id, berikut ini ciri-ciri kata sifat.
ADVERTISEMENT

Contoh Kata Sifat Sesuai Jenisnya

Ilustrasi kata sifat. Foto: pexels.com/Jeshoots.com
Agar lebih mudah memahami apa itu kata sifat, berikut ini adalah beberapa contoh kata sifat berdasarkan jenis-jenisnya.
ADVERTISEMENT

1. Kata Sifat Dasar

Kata sifat dasar adalah kata sifat yang masing menggunakan kata dasar dan belum mendapatkan imbuhan apapun. Berikut contohnya:

2. Kata Sifat dengan Imbuhan

Kemudian, ada beberapa kata sifat yang bisa diberi imbuhan. Berikut ini contohnya:

3. Kata Sifat dari Pengulangan Kata

Jenis selanjutnya adalah kata sifat yang terbentuk dari pengulangan kata. Berikut beberapa contohnya:

4. Kata Sifat dari Kata Serapan

Kata sifat juga bisa diperoleh dari kata serapan. Di bawah ini contohnya:

5. Kata Sifat dari Kelompok Kata

Kata sifat dapat terbentuk dari kelompok kata atau kata majemuk, dengan kata lain dari gabungan dua kata atau lebih sehingga menghasilkan makna baru. Berikut contohnya:
ADVERTISEMENT

Contoh Kata Sifat dalam Sebuah Kalimat

Ilustrasi kata sifat. Foto: Unsplash.com/Sincerely-Media
Masih dikutip dari Adjektiva Bahasa Indonesia oleh Dewi Ratnasari, M. Hum, terbitan pustaka.unpad.ac.id, di bawah ini adalah contoh kata sifat apabila digunakan dalam sebuah kalimat:
ADVERTISEMENT
(NSF)