Bisnis
·
21 September 2021 11:01
·
waktu baca 3 menit

Kegiatan Ekonomi: Pengertian dan Jenis-Jenisnya

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Kegiatan Ekonomi: Pengertian dan Jenis-Jenisnya (64623)
searchPerbesar
Kegiatan ekonomi merupakan seluruh kegiatan yang menghasilkan, memperjualbelikan, dan menggunakan suatu barang atau jasa. Sumber: Unsplash.com
Kegiatan ekonomi tidak lepas dari kehidupan sehari-hari manusia sebab kegiatan ini memiliki sejumlah manfaat untuk memenuhi kebutuhan harian manusia.
ADVERTISEMENT
Pada umumnya, kegiatan ekonomi terbagi menjadi tiga jenis, yaitu produksi, konsumsi, dan distribusi. Untuk memahami ketiga jenis kegiatan ekonomi ini, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian dan Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi

Secara sederhana, kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai segala aktivitas manusia yang membuat, menciptakan, menjual-belikan, memakai, menggunakan dan menyebarkan suatu barang atau jasa.
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kegiatan ekonomi terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1. Produksi
Dikutip dari buku Modul Pembelajaran SMP Terbuka Kelas VII yang ditulis oleh Dr.Sutajo, dkk, kegiatan produksi adalah kegiatan ekonomi untuk menghasilkan suatu barang atau jasa.
Berdasarkan pengertiannya, produksi memiliki tujuan untuk memenuhi permintaan konsumen dengan cara membuat atau menghasilkan suatu barang.
Kegiatan produksi juga biasanya dapat menambah nilai guna suatu barang atau jasa. Nilai guna terbagi menjadi empat macam, yaitu:
ADVERTISEMENT
  • Nilai guna bentuk (Form Utility) atau nilai guna suatu benda atau materi bertambah ketika mengalami perubahan bentuk. Contohnya, kayu jati menjadi kursi dan meja.
  • Nilai guna tempat (Place Utility) atau pertambahan nilai suatu benda ketika berada di suatu tempat. Misalnya, jaket tebal saat di gunung.
  • Nilai guna waktu (Time Utility) atau nilai guna suatu benda akan mengalami pertambahan saat digunakan di waktu yang tepat. Contohnya, payung yang digunakan di saat musim hujan.
  • Nilai guna kepemilikan (Ownership Utility) atau nilai guna suatu barang akan bertambah nilai gunanya jika barang itu telah dimiliki oleh orang yang membutuhkannya. Misalnya, baju akan mengalami pertambahan nilai ketika dijual dan berganti kepemilikan.
Kegiatan Ekonomi: Pengertian dan Jenis-Jenisnya (64624)
searchPerbesar
Kegiatan produksi adalah salah satu kegiatan ekonomi yang dilakukan manusia untuk menghasilkan barang atau jasa. Sumber: Pexels.com
2. Distribusi
Kegiatan ekonomi selanjutnya adalah kegiatan distribusi. Kegiatan ini bisa diartikan sebagai suatu kegiatan menyalurkan barang atau jasa dari pihak produsen kepada pihak konsumen.
ADVERTISEMENT
Untuk alur kegiatan distribusi ini biasanya dilakukan dengan cara membeli barang-barang dari pihak produsen, kemudian dijual kepada pihak konsumen.
Tujuan dari distribusi meliputi:
  • Untuk menyalurkan barang dari produsen ke konsumen.
  • Supaya barang produksi lebih berguna;
  • Kebutuhan barang dan jasa konsumen dapat terpenuhi.
Pelaku kegiatan distribusi disebut distributor. Distributor terbagi menjadi beberapa macam, yakni:
  1. Pedagang besar atau grosir adalah pedagang yang membeli dan menjual kembali suatu barang atau jasa dalam jumlah yang besar.
  2. Pedagang kecil atau retail adalah pedagang yang membeli barang atau jasa dari pedagang grosir, kemudian menjualnya kembali ke masyarakat.
  3. Perantara adalah orang-orang yang menjadi penengah dan penghubung antara produsen dan konsumen. Perantara biasanya terbagi menjadi tiga jenis, yaitu agen, komisioner dan makelar.
Kegiatan Ekonomi: Pengertian dan Jenis-Jenisnya (64625)
searchPerbesar
Distribusi adalah kegiatan ekonomi yang menyebarkan dan memperjualbelikan barang atau jasa. Sumber: Unsplash.com
3. Konsumsi
ADVERTISEMENT
Kegiatan ekonomi selanjutnya adalah konsumsi. Melansir dari buku Peran Pelaku Ekonomi dalam Kegiatan Ekonomi yang disusun oleh Wiwit Yuliani, S.Pd, konsumsi adalah tindakan penggunaan barang dan atau jasa dengan mengurangi atau menghabiskan nilai guna barang dan atau jasa untuk memenuhi kebutuhan hidup.
Manusia melakukan kegiatan konsumsi karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu:
  • Pendapatan
  • Harga barang dan jasa
  • Kebiasaan konsumen
  • Selera konsumen
  • Adat istiadat
  • Harga barang subtitusi
(SAI)
Apa pengertian dari kegiatan produksi?
chevron-down
Apa saja macam nilai guna?
chevron-down
Apa yang dimaksud dengan nilai guna kepemilikan?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020