Tekno & Sains
·
24 Agustus 2021 11:39
·
waktu baca 3 menit

Kenali Macam-Macam Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Kenali Macam-Macam Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan (22102)
searchPerbesar
Ilustrasi gangguan pencernaan. Sumber: Freepick
Sistem pencernaan merupakan suatu sistem yang berperan penting pada tubuh manusia. Organ-organ dalam sistem bekerja untuk mengolah dan menyerap nutrisi yang dimiliki makanan atau minuman yang dikonsumsi manusia.
ADVERTISEMENT
Dalam sistem pencernaan, ada beberapa organ yang bekerja sama dalam mengolah dan mengedarkan nutrisi dari zat makanan di antaranya mulut, esofagus (kerongkongan), lambung, usus halus, usus besar, rektum, dan anus.
Dalam buku Modul Biologi Kelas XI yang disusun oleh Icih Tresnaasih, MPD, sistem pencernaan juga dapat mengalami gangguan akibat beberapa faktor.
Gangguan sistem pencernaan adalah masalah yang terjadi pada saluran atau organ yang terlibat dalam pencernaan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi hingga naiknya asam lambung.
Untuk mengenal penyakit serta penyebab gangguan sistem pencernaan, simak ulasan dan penjelasan berikut ini.

Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan

Setiap penyakit pada organ sistem pencernaan memiliki penyebab yang berbeda-beda. Dalam dunia medis, ada banyak jenis gangguan pada sistem pencernaan. Gangguan tersebut disebabkan oleh hal yang berbeda. Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT
Maag
Maag adalah gangguan sistem pencernaan yang terjadi di lambung. Menurut Abdullah dalam buku Ilmu Penyakit Dalam, sakit maag diakibatkan oleh kelebihan asam lambung, sehingga dinding lambung lama-lama tidak kuat menahannya, sehingga timbul rasa sakit yang sangat mengganggu si penderita.
Beberapa penyebab maag adalah:
  1. Makan secara tidak teratur
  2. Terdapat mikroorganisme yang merugikan
  3. Mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  4. Mengkonsumsi alkohol
  5. Pola tidur yang tidak teratur dan stress
  6. Telat makan
Diare
Menurut Chris Tanto dan Frans Liwang dalam Kapita Selekta Kedokteran Edisi IV, diare adalah perubahan konsistensi tinja yang terjadi tiba-tiba akibat kandungan air di dalam tinja melebihi normal (10ml/kg/hari) dengan peningkatan frekuensi lebih dari 3 kali dalam 24 jam dan berlangsung kurang dari 14 hari.
ADVERTISEMENT
Diare disebabkan oleh kondisi-kondisi, seperti:
  1. Infeksi bakteri, virus atau parasit
  2. Malabsorbsi atau organ tak mampu menyerap makanan dengan baik
  3. Kandungan yang terdapat dalam makanan
Kenali Macam-Macam Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan (22103)
searchPerbesar
Ilustrasi gangguan pencernaan. Sumber: Freepick
GERD
Sama halnya dengan maag, GERD merupakan gangguan sistem pencernaan yang terjadi di lambung. GERD atau gastroesophageal reflux disease adalah penyakit dengan kondisi kondisi saat cairan dari asam lambung kembali naik ke kerongkongan.
Penyakit ini terjadi karena terbukanya atau tidak tertutup rapat katup otot pada bagian tengah perut yang menyebabkan cairan dalam pencernaan keluar.
Sembelit
Sembelit merupakan salah satu gangguan pada sistem pencernaan dimana feses terasa keras dan susah untuk dikeluarkan. Gangguan ini terjadi disebabkan karena usus besar menyerap air terlalu banyak.
Sembelit disebabkan karena kurang mengkonsumsi makanan berserat seperti misalkan buah dan sayur atau kebiasaan buruk yang selalu menunda buang air besar.
ADVERTISEMENT
Wasir
Wasir atau penyakit yang disebut hemaroid merupakan gangguan sistem pencernaan ketika muncul pembengkakan berisi pembuluh darah yang membesar.
Pembuluh darah yang terkena gangguan ini yaitu berada di sekitar atau di dalam anus, entah itu di dalam anus atau di dalam rektum.
Wasir disebabkan oleh:
  1. Sering menunda BAB
  2. Kehamilan
  3. Pasca melahirkan
  4. Kebiasaan duduk terlalu lama
Kenali Macam-Macam Penyebab Gangguan Sistem Pencernaan (22104)
searchPerbesar
Ilustrasi gangguan pencernaan. Sumber: Pexels
Gigi Berlubang
Penyakit ini terjadi pada gigi sehingga mengakibatkan seseorang akan sulit memproses dan mengolah makanan. Gigi berlubang disebabkan oleh bakteri Streptococcus.
Bakteri ini merupakan bakteri yang bisa mengubah karbohidrat menjadi asam laktat. Asam inilah yang secara perlahan-lahan dapat melarutkan email dan menimbulkan lubang pada gigi. Apabila lubang tersebut telah mencapai pulpa, gigi akan terasa sakit.
ADVERTISEMENT
Tukak Lambung
Salah satu gangguan pencernaan yang terjadi pada organ lambung adalah tukak lambung. Tukak lambung adalah kondisi ketika organ lambung memiliki luka atau goresan di sekitarnya.
Gangguan ini disebabkan karena terkikisnya lapisan dinding lambung itu sendiri. Luka yang muncul ini juga bisa saja muncul pada dinding duodenum atau usus kecil serta esofagus atau kerongkongan.
(SAI)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020