Konten dari Pengguna

Keutamaan Sholat Tepat Waktu Berdasarkan Hadits

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
11 September 2023 12:33 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi keutamaan sholat tepat waktu. Foto: Unpslash.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi keutamaan sholat tepat waktu. Foto: Unpslash.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sholat merupakan ibadah utama dalam Islam yang harus segera dikerjakan saat waktunya tiba. Agar tidak lalai, umat Muslim perlu mengetahui keutamaan sholat tepat waktu.
ADVERTISEMENT
Secara bahasa, sholat artinya berdoa. Sedangkan menurut istilah, sholat dapat dimaknai sebagai ibadah yang menghubungkan manusia dengan sang pencipta melalui doa.
Sholat dibedakan menjadi sholat fardhu dan sholat sunnah. Sholat fardhu dikerjakan lima kali sehari sesuai waktu yang telah ditetapkan. Setiap Muslim wajib mengerjakannya tepat waktu untuk memenuhi kewajiban kepada Allah SWT.
Bukan hanya sebatas kewajiban, tidak menunda-nunda sholat juga akan memberikan banyak keutamaan bagi siapapun yang mengerjakannya. Simak artikel berikut untuk mengetahui keutamaan sholat tepat waktu.

Keutamaan Sholat Tepat Waktu

Ilustrasi keutamaan sholat tepat waktu. Foto: Pixabay.
Keutamaan terbesar dari sholat tepat waktu adalah mendapat rahmat dan kasih sayang Allah SWT. Hal ini dilandaskan pada hadits sahih yang diriwayatkan Imam Bukhari.
Suatu ketika Abdullah bin Mas’ud bertanya kepada Rasulullah, “amalan apa yang paling disukai Allah, wahai Rasulullah? Beliau pun menjawab, “ sholat pada waktunya”.
ADVERTISEMENT
Ibadah tersebut bahkan lebih utama dibandingkan berbakti kepada orang tua ataupun berjihad di jalan Allah. Segera melaksanakan sholat begitu adzan berkumandang merupakan wujud ketaatan seorang Muslim terhadap perintah Allah.
Selain mendapat cinta Allah, orang yang melaksanakan sholat di awal waktu juga akan mendapat berbagai kemuliaan sebagai berikut:

1. Hati menjadi tenang

Sholat dapat menjadi obat segala macam penyakit, terutama penyakit hati dan jiwa. Mendirikan sholat dapat membuat hati tenang dan terbebas dari rasa takut serta gelisah, sebagaimana janji Allah dalam Surat Ar Rad ayat 28.
Allah SWT berfirman yang artinya, “.... sesungguhnya, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram”.

2. Selamat di akhirat

Orang yang sholat di awal waktu juga tidak akan merasa takut dan kebingungan di hari kiamat. Sebab, dia akan mendapatkan petunjuk dan keselamatan saat menghadapi hari pembalasan. Hal ini dilandaskan pada hadits riwayat Ahmad.
ADVERTISEMENT
Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang menjaga sholat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk, dan keselamatan pada hari kiamat. Sedangkan yang tidak menjaga sholat tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk, dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf".

3. Masuk surga

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, sholat pada waktunya merupakan utama yang paling dicintai Allah. Ibadah ini dapat membuat seseorang masuk surga, sebagaimana sabda Rasulullah SAW dalam hadits riwayat Bukhari.
Dari Abu Qatadah bin Rib'i, Rasulullah bersabda, “Allah Ta’ala berfirman, ‘sesungguhnya Aku mewajibkan umatmu sholat lima waktu, dan Aku berjanji siapa yang menjaga waktu-waktunya pasti Aku akan memasukkannya ke dalam surga, dan siapa yang tidak menjaganya maka dia tidak mendapat apa yang Aku janjikan”.
ADVERTISEMENT
(GLW)