Food & Travel
·
14 September 2021 9:20
·
waktu baca 4 menit

Macam-Macam Suku di Indonesia dan Penyebarannya

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Macam-Macam Suku di Indonesia dan Penyebarannya (578065)
searchPerbesar
Indonesia memiliki keragaman suku dan etnis yang tersebar di seluruh wilayah nusantara. Sumber: Pixabay.com
Setiap suku pastinya memiliki adat istiadat, tata kelakuan, dan norma yang berbeda. Walaupun demikian, kita harus menghormati segala perbedaan tersebut.
ADVERTISEMENT
Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang memiliki keragaman suku dan budaya harus mampu bersatu. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.
Menurut data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik Indonesia, Indonesia memiliki 1.340 suku dan kelompok etnis yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.
Berikut beberapa penjelasan mengenai suku dan etnis yang terdapat di Indonesia.

Pengertian Suku

Sebelum membahas soal suku di Indonesia, pahami dulu pengertian suku. Mengutip dari buku Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Paket B Setara SMP/MTs, berikut beberapa pengertian dari suku menurut beberapa ahli, yaitu:
  • Enslikopedia Indonesia, suku bangsa merupakan kelompok sosial dalam sistem sosial atau kebudayaan yang memiliki arti tertentu karena adanya garis keturunan, adat, agama, bahasa, dan sebagainya.
  • Frederick Bart, suku bangsa ialah himpunan manusia karena adanya kesamaan ras, agama, asal-usul bangsa atau merupakan kombinasi dari kategori-kategori tersebut, dan terikat pada sistem nilai budaya.
  • Koentjaraningrat berpendapat bahwa suku bangsa ialah sekelompok manusia yang memiliki kesatuan budaya dan terikat oleh kesadaran akan identititasnya tersebut. Kesadaran akan identitas tersebut diperkuat dengan kesatuan bahasa.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan pengertian-pengertian di atas, bisa disimpulkan bahwa suku bangsa ialah kelompok etnis dan budaya masyarakat yang terbentuk secara turun temurun.

Klasifikasi Suku Bangsa di Indonesia

Suku di Indonesia menurut ilmu Sosiologi dapat diklasifikasikan atau dikelompokkan berdasarkan dua hal, yakni garis keturunan dan campuran.
Garis Keturunan
Garis keturunan merupakan faktor utama yang dalam penentuan suku di Indonesia. Ada setidaknya tiga macam penentuan suku bangsa berdasarkan garis keturunan, yaitu:
  • Patrilinial adalah penentuan suku bangsa di Indonesia yang mengikuti garis keturunan ayah. Hal ini banyak terjadi di dalam suku-suku yang terdapat di Indonesia suku Batak, Ambon, Timor dan yang lainnya.
  • Matrilinieal adalah kebalikan dari patrinial, yakni penentuan suku bangsa berdasarkan garis keturunan ibu, seperti yang terjadi di dalam suku Minangkabau di Sumatra Selatan.
  • Bilateral/parental adalah penentuan garis keturunan mengikuti kedua orangtua, yakni ayah dan ibu. Hal ini biasanya dijalankan oleh suku Jawa.
Macam-Macam Suku di Indonesia dan Penyebarannya (578066)
searchPerbesar
Suku Jawa merupakan suku dengan pendekayan parental dan juga merupakan suku terbesar di Indonesia. Foto: Kumparan
Suku Bangsa Campuran
ADVERTISEMENT
Suku bangsa campuran adalah suku bangsa yang terjadi dengan adanya percampuran antar ras yang mendiami satu kawasan/wilayah tertentu.
Contohnya, yaitu suku Peranakan yang merupakan percampuran antar ras Tionghoa dengan Melayu.

Macam-Macam Suku di Indonesia

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, Indonesia memiliki beragam suku dan etnis yang tersebar di seluruh nusantara. Berikut beberapa kelompok suku di Indonesia.
1. Suku Jawa
Suku Jawa adalah suku yang paling banyak di Indonesia. Sekitar 40,2% dari populasi penduduk Indonesia adalah kelompok suku Jawa.
Suku ini merupakan gabungan dari suku Jawa, Osing, Tengger, Samin, Bawean/Boyan, Naga, Nagaring dan suku-suku lainnya di Pulau Jawa.
2. Suku Sunda
Menyusul suku Jawa, suku Sunda merupakan suku terbesar kedua di Indonesia dengan jumlah sebanyak 36,7 juta jiwa (15,5 persen dari jumlah penduduk di Indonesia. Suku ini biasanya tinggal di daerah Jawa Barat, Tanggerang, dan selainnya.
ADVERTISEMENT
3. Suku Batak
Suku bangsa terbesar berikutnya secara berturut-turut adalah suku Batak sebanyak 8,5 juta (3,6 persen). Suku Batak mecakup Suku Batak Angkola, Batak Karo, Batak Mandailing, Batak Pakpak Dairi, Batak Simalungun, Batak Tapanuli, Batak Toba dan Dairi.
Macam-Macam Suku di Indonesia dan Penyebarannya (578067)
searchPerbesar
Suku Asmat merupakan suku di Indonesia yang mendiami pulau Papua. Foto: Asmatkab.gov.id
4. Suku Sulawesi
Selanjutnya adalah suku Sulawesi dengan jumlah sebanyak 7,6 juta jiwa (3,2 persen). Kelompok ini merupakan gabungan dari sebanyak 208 jenis suku bangsa asal Sulawesi, tidak termasuk Suku Makassar, Bugis, Minahasa dan Gorontalo.
5. Suku Dayak
Suku Dayak merupakan suku yang mendiami pulau Kalimantan. Suku ini memiliki beberapa rumpun, yakni rumpun Klemantan alias Kalimantan, rumpun Iban, rumpun Apokayan yaitu Dayak Kayan, Kenyah dan Bahau, rumpun Murut, rumpun Ot Danum-Ngaju dan rumpun Punan.
ADVERTISEMENT
6. Suku di Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara.
Ada beberapa suku yang terdapat di tiga wilayah ini. Untuk wilayah Maluku terdapat suku Ambon, Sangir Talaud, Ternate. Sedangkan untuk pulau Bali dan Nusa Tenggara antara lain suku Bali, Lombok, Bima, dan Timor.
Untuk daerah Papua, tentu juga terdapat beberapa suku di dalamnya, yakni Papua terdapat suku Asmat, dan suku Dani.
(SAI)
Apa pengertian suku menurut Koentjaraningrat?
chevron-down
Apa faktor utama yang menentukan keberagaman suku di Indonesia?
chevron-down
Apa yang dimaksud garis keturunan matrilineal?
chevron-down
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white