Manfaat Safron Face Mist, Salah Satunya Bikin Make Up Tahan Lama!

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
22 November 2021 17:54
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi safron. Safron adalah salah satu jenis rempah berwarna merah yang berasal dari tanaman Saffron crocus. Foto: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi safron. Safron adalah salah satu jenis rempah berwarna merah yang berasal dari tanaman Saffron crocus. Foto: Pixabay.
ADVERTISEMENT
Tren dalam bidang kecantikan memang tidak ada habisnya. Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak pula inovasi dalam bidang kecantikan yang terus bermunculan, seperti halnya safron face mist. Apa itu safron face mist? Apa manfaat safron face mist? Untuk megetahuinya simak paparan mengenai safron face mist di bawah ini.
ADVERTISEMENT

Pengertian Safron

Safron adalah salah satu jenis rempah berwarna merah yang berasal dari tanaman Saffron crocus (Crocus sativus). Tanaman ini berasal dari Yunani dan kini tumbuh di banyak negara, termasuk Iran, Spanyol, dan Cina.
Safron mempunyai harga yang sangat tinggi dalam industri kosmetik. Selain digunakan untuk keperluan di bidang kecantikan, rempah ini juga bisa digunakan sebagai penyedap dan pewarna makanan.
Sementara itu, face mist adalah salah satu jenis produk perawatan kecantikan yang berwujud cair. Cara mengaplikasikannya adalah dengan menyemprotkannya ke wajah. Cairan face mist ini bukan merupakan air biasa, melainkan cairan yang mengandung khasiat, misalnya, untuk mengunci kelembapan kulit.
Ilustrasi safron. Manfaat safron salah satunya melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Foto: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi safron. Manfaat safron salah satunya melindungi kulit dari radiasi sinar UV. Foto: Pixabay.

Manfaat Safron Face Mist

Bila sudah mengetahui apa itu safron face mist, kini kamu juga perlu mengetahui manfaatnya. Berikut manfaat safron face mist.
ADVERTISEMENT
1. Melindungi kulit dari radiasi sinar UV
Untuk menjaga kesehatan kulit, melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet (UV) adalah salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan. Radiasi UV mendorong produksi radikal bebas, sehingga dapat merusak sel-sel kulit dan mempercepat penuaan pada kulit. Senyawa aktif dalam safron, yaitu Crocin.
Sebuah penelitian berjudul Crocin, a Natural Molecule with Potentially Beneficial Effects Against Skin Ageing (2018), mencatat bahwa Crocin memiliki sifat antioksidan yang kuat. Zat tersebut adalah molekul yang mengurangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas. Studi ini juga menemukan bahwa Crocin melindungi kulit dari sinar ultraviolet A (UVA) dan ultraviolet B (UVB) yang dapat menyebabkan penuaan dini pada kulit.
2. Mengurangi hiperpigmentasi
ADVERTISEMENT
Hiperpigmentasi terjadi ketika beberapa bagian kulit berwarna lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Hal itu disebabkan oleh pigmen yang berlebih atau melanin. Hiperpigmentasi bisa disebabkan karena paparan sinar matahari dan perubahan hormonal.
Sebuah penelitian berjudul Skin Depigmentation Activity of Crocus sativus Extract Cream oleh Naveed Akhtar dkk., (2013), menemukan bahwa senyawa aktif safron, termasuk Crocin, dapat menurunkan melanin. Senyawa tersebut bekerja dengan menekan tirosinase, enzim yang penting untuk produksi melanin.
3. Mengurangi Jerawat
Safron memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa membantu mencegah dan mengurangi jerawat. Selain itu, rempah ini juga bisa menjadi obat yang efektif untuk jerawat dan bekas noda hitam di kulit. Agar hasil lebih maksimal, semprotkan saffron face mist secara rutin sebelum tidur.
ADVERTISEMENT
4. Membuat make up menjadi tahan lama
Manfaat safron face mist selanjutnya, yaitu bisa diaplikasikan ke wajah sebelum memakai make up. Bila kamu menyemprotkan safron face mist sebelum memakai foundation, hasil akhir make up kamu akan lebih halus, merata, dan tidak retak.
Penggunaan safron face mist sebelum make up juga menjadikan kulit wajah terhidrasi lebih baik. Dengan demikian, make up akan tahan lebih lama dari biasanya.
(ZHR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·