Masa Paleozoikum: Pengertian dan Sejarah Pembagian Periodenya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
26 November 2021 18:04
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Masa Paleozoikum: Pengertian dan Sejarah Pembagian Periodenya (152692)
searchPerbesar
Ilustrasi Masa Paleozoikum. Foto: gambar.pro
Masa Paleozoikum merupakan masa kehidupan tertua yang berlangsung kurang lebih 340 juta tahun (sekitar 542 sampai 251 juta tahun yang lalu).
ADVERTISEMENT
Kata Paleozoikum berasal dari bahasa Yunani, yaitu palaio yang artinya "tua" dan zoion yang artinya "hewan". Dari kedua kata tersebut, pengertian Paleozoikum dapat diartikan sebagai "kehidupan purba".
Paleozoikum sering juga disebut sebagai era pertama dalam peradaban dunia. Sebab, pada era ini belum terdapat manusia purba.
Namun, pada masa inilah tanda-tanda kehidupan dimulai dengan makhluk-makhluk bersel satu (mikroorganisme) dan hewan-hewan tak bertulang punggung, jenis-jenis ikan, ganggang, serta rumput-rumputan. Semua ini diketahui dari sisa-sisa penemuan fosil.

Sejarah Pembagian Periode Masa Paleozoikum

Masa Paleozoikum: Pengertian dan Sejarah Pembagian Periodenya (152693)
searchPerbesar
Sejarah Pembagian Periode Masa Paleozoikum. Foto: gambar.pro
Masa Paleozoikum dibagi menjadi enam periode, yaitu Kambrium, Ordovisium, Silur, Devon, Karbon, dan Perm. Enam periode itu diurutkan dari yang paling tua hingga yang termuda. Untuk lebih memahaminya, simak penjelasan berikut.
ADVERTISEMENT
1. Kambrium
Kambrium adalah periode pada skala waktu geologi yang dimulai pada sekitar 542 juta hingga 485,4 juta tahun lalu. Periode ini merupakan periode pertama masa Paleozoikum.
Kelimpahan makhluk hidup yang ditemukan pada periode ini berhubungan dengan evolusi skeleton (rangka). Hal tersebut ditunjukkan oleh fosil hewan yang mempunyai skleton pelindung di sebelah luar.
2. Ordovisium
Ordovisium adalah suatu periode pada era Paleozoikum yang berlangsung antara 488,3 hingga 443,7 juta tahun lalu. Periode ini melanjutkan periode Kambrium dan diikuti oleh periode Silur.
Periode yang mendapat namanya dari salah satu suku di Wales, Ordovices, ini didefinisikan oleh Charles Lapworth pada tahun 1879.
Itu dilakukan untuk menyelesaikan persengketaan antara pengikut Adam Sedgwick dan Roderick Murchison yang masing-masing mengelompokkan lapisan batuan yang sama di Wales Utara masuk dalam periode Kambrium dan Silur.
ADVERTISEMENT
3. Silur
Silur adalah periode pada skala waktu geologi yang berlangsung mulai akhir periode Ordovisium, sekitar 443,7 juta tahun lalu hingga awal periode Devon, sekitar 416,0 juta tahun yang lalu.
Seperti periode geologi lainnya, lapisan batuan yang menentukan awal dan akhir periode ini teridentifikasi dengan baik, tapi tanggal tepatnya memiliki ketidakpastian sebesar 5-10 juta tahun.
Awal Silur ditentukan pada suatu peristiwa kepunahan besar (peristiwa kepunahan Ordovisium-Silur) sewaktu 60 persen spesies laut musnah.
4. Devon
Devon adalah periode pada skala waktu geologi yang termasuk dalam era Paleozoikum dan diperkirakan terjadi 419,2 juta hingga 358,9 juta tahun lalu. Pada periode ini hewan mulai hidup di darat.
Hewan darat pertama yang ditemukan ialah serangga. Mereka hidup dalam tumbuhan darat yang ditemukan di periode sebelumnya.
ADVERTISEMENT
Pada periode ini ikan mulai mengalami evolusi menjadi amfibia sehingga membentuk spesies-spesies baru hewan bertulang belakang.
Selama periode Devon, bumi saat itu terdiri dari tiga benua utama besar, di mana Amerika Utara dan Eropa tergabung menjadi satu dan terletak di dekat daerah ekuator di mana pada saat ini sebagian besar daratannya tenggelam di dasar laut.
5. Karbon
Karbon adalah periode pada skala waktu geologi yang diperkirakan terjadi sekitar 358,9 juta hingga 298,9 juta tahun yang lalu.
Pada periode ini merupakan perkembangan amfibi dan tumbuhan hutan. Reptilia dan serangga raksasa muncul pertama kali. Pohon pertama yang muncul adalah jamur klab, tumbuhan paku ekor kuda yang tumbuh di rawa-rawa.
Saat itu, benua-benua mulai menyatu membentuk satu masa daratan yang sangat luas dan dikenal sebagai Pangea. Bumi mulai mengalami perubahan lingkungan serta berbagai bentuk kehidupannya.
ADVERTISEMENT
Pada masa ini, kondisi sangat mendukung pembentukan awal batu-bara (karbon), perkembangan biologis, geologis, dan iklim bumi.
6. Permian
Permian adalah periode terakhir masa Paleozoikum yang diperkirakan berlangsung sekitar 298,9 juta hingga 252,2 juta tahun yang lalu.
Pada periode ini dibagi para ahli menjadi tiga masa, yakni Cisuralian, Guadalupian, dan Lopongian yang terjadi perkembangan reptil mirip mamalia.
(SFR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020