Mengenal Ads dan Cara Kerjanya untuk Menghasilkan Uang

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
22 November 2021 13:25
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi seseorang membuat Google AdSense. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
Ads adalah iklan berbayar pada Google yang ditampilkan di sejumlah platform seperti YouTube dan situs web. Iklan tersebut muncul berdasarkan kata kunci yang sudah diatur dengan mesin pencari (search engine).
ADVERTISEMENT
Saat ini, Google AdS menjadi pilihan utama bagi para pebisnis online yang ingin melakukan promosi produknya.
Google AdS juga digunakan bagi para pembuat konten daring untuk mendapatkan penghasilan dari iklan AdS yang ditayangkan.

Definisi Google Adsense

Berdasarkan jurnal Efektivitas Iklan Digital Google Adsense oleh Alvita Tyas Dwi Aryani, AdS adalah program kerja sama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google.
Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang iklan. Namun, bentuk dan materi iklan tersebut sebelumnya telah ditentukan oleh Google.
Kemudian, pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs. Sistem tersebut dikenal sebagai sistem pay per click (PPC) atau bayar per klik.
ADVERTISEMENT
Selain menyediakan iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense for Search, pemilik situs web dapat memasang iklan pada kotak pencarian Google di halaman web.
Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung. Umumnya mereka mengklik iklan yang disertakan pada hasil pencarian.
Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung situs web. Hal ini sebelumnya telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.
Ilustrasi Google AdSense. Foto: Pixabay.com

Cara Kerja Ads

Google AdSense menyediakan cara bagi penayang atau pemilik situs web untuk mendapatkan uang dari konten online mereka. AdSense berfungsi mencocokkan iklan dengan suatu situs berdasarkan konten dan pengunjung.
ADVERTISEMENT
Iklan tersebut dibuat dan dibayar oleh pengiklan yang ingin mempromosikan produk. Karena pengiklan membayar iklan dengan harga yang berbeda-beda, jumlah penghasilan dari ads yang diperoleh juga tidak akan sama.
Mengutip dari laman resmi support.google.com, tahapan cara kerja AdS adalah sebagai berikut:
1. Menyediakan ruang iklan
Langkah pertama untuk bergabung dengan Google AdSense adalah dengan membuat akun. Hal yang diperlukan untuk membuat akun adalah:
Kemudian, pengguna juga perlu menyediakan ruang iklan dengan menempelkan kode iklan dan memilih tempat untuk menayangkan iklan tersebut.
ADVERTISEMENT
2. Iklan yang membayar paling mahal akan muncul di situs web
Pengiklan akan melakukan bid dalam lelang real-time supaya iklannya ditampilkan di ruang iklan yang disediakan. Iklan yang membayar paling tinggi akan ditampilkan di suatu situs.
3. Mendapatkan bayaran
AdSense menangani penagihan terhadap semua pengiklan dan jaringan untuk iklan di situs pengguna. Tujuannya memastikan pengguna menerima pembayaran dari AdS tersebut.
(FNS)