Mengenal Apa Itu Magang, Tujuan, dan Manfaatnya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
8 Juli 2022 18:13 WIB
·
waktu baca 6 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengenal apa itu magang. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Mengenal apa itu magang. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Apa itu magang? Secara sederhana, magang adalah bagian dari pelatihan kerja yang biasanya diperuntukkan untuk mahasiswa tingkat akhir atau siswa SMK kelas 3.
ADVERTISEMENT
Pada beberapa kampus dan institusi pendidikan lainnya, magang dijadikan sebagai salah satu syarat utama untuk menyelesaikan proses pendidikannya.
Meski demikian, hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa memang ada beberapa mahasiswa yang mengikuti magang sekadar untuk menambah ilmu, uang jajan, pengalaman, dan lainnya.
Ingin tahu lebih lengkap apa yang dimaksud dengan magang dan apa saja tips untuk bisa mengambil program tersebut? Simak informasinya pada artikel di bawah ini.

Pengertian Magang

Magang adalah salah satu bentuk pembelajaran di tempat kerja yang memberi kesempatan kepada seorang pegawai untuk mengembangkan kompetensi dalam kurun waktu tertentu.
Nantinya, peserta magang akan didampingi oleh seseorang yang memang mahir pada pekerjaan tersebut. Dengan begitu, peserta magang bisa mendapatkan ilmu-ilmu yang baru tentang pekerjaan yang dijalaninya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, menurut Peraturan Menteri, magang diartikan sebagai bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang lebih berpengalaman dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.
Dasar hukum yang mengatur tentang magang adalah Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan pasal 21 – 30 di UU. Selain itu, magang juga diatur dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Per. 22/Men/IX/2009 yang juga membahas pemagangan ini secara spesifik di dalam negeri.
Adapun perjanjian magang yang ditetapkan dalam Pasal 22 Undang-Undang-Undang Ketenagakerjaan, ialah:
ADVERTISEMENT

Tujuan dan Manfaat Magang

Apa saja tujuan dan manfaat magang? Foto: Unsplash
Ada banyak tujuan dan manfaat yang bisa didapatkan dari program magang ini. Namun secara umum, tujuan magang adalah sebagai ajang untuk mempersiapkan para pelajar atau mahasiswa untuk masuk ke dalam dunia kerja.
Dengan begitu, hal ini bisa dimanfaatkan oleh para peserta magang sebagai tempat untuk mencari ilmu atau pengalaman di bidang yang dikuasainya.
Lebih lengkap, berikut beberapa tujuan dan manfaat yang didapatkan menurut buku Belajar Sambil Bekerja dan Bekerja Sambil Belajar karangan Muhammad Firdaus, di antaranya:

Tujuan Magang

ADVERTISEMENT

Manfaat Magang

Berbicara tentang hak dan gaji yang didapatkan oleh peserta magang, berikut adalah peraturan menteri yang mengatur hak dan kewajiban peserta magang yang terdapat dalam pasal 12 dan 13 Undang-Undang Ketenagakerjaan, yakni:
ADVERTISEMENT

Tips Sukses Magang

Mendapatkan kesempatan magang termasuk hal yang harus dijalani dengan semaksimal mungkin. Dengan begitu, tujuan dari magang yang disebutkan di atas bisa dirasakan oleh para pesertanya itu sendiri.
Untuk bisa memaksimalkan kesempatan magang yang dijalani, peserta perlu mengetahui beberapa tips sukses magang berikut ini seperti yang dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada dan sumber-sumber lainnya.

1. Buat inovasi dan kreasi

Menyadur buku Let's Change karangan Rhenald Khasali, ketika bekerja, seseorang harus bisa membuat sesuatu yang kreatif sekaligus inovatif. Begitu juga ketika magang.
ADVERTISEMENT
Kreativitas peserta magang bisa menjadi nilai tambah di mata atasan, sehingga bisa meningkatkan kesempatan untuk mengembangkan kariernya di perusahaan tersebut. Sederhananya, bisa jadi perusahaan menambahkan masa magang yang sebetulnya sudah berakhir, karena inovasi yang diberikan.

2. Proaktif

Tips sukses magang yang selanjutnya adalah aktif meminta agenda pekerjaan pada supervisor, sehingga jangan menunggu perintah. Langkah pertama yang bisa dilakukan ialah menyelesaikan pekerjaan tepat waktu dan buat laporannya.
Lalu, mintalah untuk masukan tentang pekerjaan sebagai bahan evaluasi kerja. Dengan begitu, peserta magang bisa menunjukkan keetosannya ketika bekerja.

3. Jalin koneksi dengan rekan kerja

Menjalin koneksi dengan rekan kerja bisa membuat peserta magang untuk membangun karier yang lebih baik. Contohnya ketika peserta magang selesai menyelesaikan periode magangnya, ia masih bisa berkomunikasi dengan rekan kerja untuk sekadar bertukar kabar, berbicara tentang pekerjaan, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Tidak jarang, loh, para pekerja mendapatkan pekerjaan dari sesama rekan kerja di tempat magang yang sebelumnya.

4. Jangan fokus pada uang

Bagi peserta magang yang diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ini oleh kampus atau universitas, ada baiknya agar tidak fokus pada uang saku yang didapatkan. Pasalnya, tujuan utama dari magang ialah mendapatkan ilmu dan pengalaman.
Lebih lanjut, biasanya pihak perusahaan memang akan memberikan uang saku, tetapi dengan nominal yang tidak begitu besar. Maka itu, apabila peserta magang mengharapkan uang saku, ia akan kecewa dan menjalani magang tersebut dengan berat hati.

5. Belajar untuk tetap disiplin

Kedisiplinan merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh semua orang, supaya tidak merugikan lingkungan yang ada di sekitar. Bagi peserta magang, supaya mendapatkan kesan yang baik, pastikan untuk selalu bersikap disiplin dan menjaga etika selama bekerja di suatu perusahaan.
ADVERTISEMENT
Sikap-sikap disiplin yang dapat diterapkan ialah mengumpulkan pekerjaan tepat waktu, tidak terlambat ketika menghadiri rapat, teliti dalam mengerjakan pekerjaan yang diberikan, dan lain sebagainya.

6. Cepat beradaptasi dengan lingkungan baru

Tips lain yang bisa dilakukan agar sukses magang ialah cepat untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Pasalnya, magang hanya dilakukan sampai beberapa periode saja. Maka itu, penting untuk bisa menyesuaikan diri dengan cepat.
(JA)