Mengenal Ciri-Ciri Kingdom Animalia dan Kelompok Hewannya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
25 Januari 2022 9:44
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengenal Ciri-Ciri Kingdom Animalia dan Kelompok Hewannya (13819)
zoom-in-whitePerbesar
Mengenal ciri-ciri kingdom Animalia. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Ciri-ciri kingdom Animalia terdiri dari berbagai macam ragam. Salah satunya adalah makhluk hidup yang multiseluler. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang kingdom Animalia, simak serba-serbi di bawah ini.
ADVERTISEMENT
Kingdom Animalia dikelompokkan menjadi dua, yaitu Avertebrata (hewan tidak bertulang belakang) dan Vertebrata (hewan bertulang belakang). Mengutip dari buku Cerdas Belajar Biologi karya Oman Karmana, berikut ciri-ciri kingdom Animalia:
  1. Memiliki banyak sel otot untuk pergereakannya dan sel saraf untuk merespon rangsang
  2. Reproduksi umumnya seksual (pada beberapa filum secara aseksual)
  3. Bentuk dewasanya selalu diploid (2n)
  4. Memerlukan oksigen
  5. Heterotrof (tidak dapat membuat makanan sendiri)

Hewan Avertebrata

Mengenal Ciri-Ciri Kingdom Animalia dan Kelompok Hewannya (13820)
zoom-in-whitePerbesar
Vemes termasuk ke dalam hewan avertebrata. Foto: Unsplash
Hewan avertebrata berarti tidak memiliki tulang belakang. Umumnya, tubuh terbungkus oleh rangka luar (eksoskleton), sistem eksresinya masih sederhana, tubuhnya simetris radial atau bilateral.
Kelompok avertebrata terdiri dari enam filum, yaitu:
1. Porifera
Porifera atau hewan berpori memiliki ciri-ciri di antaranya, permukaan tubuh berpori-pori, umumnya hidup di air, memiliki rangka dari zat tanduk yang berbentuk duri halu atau spikula, dan belum memiliki sistem pencernaan.
ADVERTISEMENT
2. Coelenterata
Coelenterata atau hewan berongga umumnya hidup di air, tubuhnya berongga, memiliki tentakel untuk menangkap mangsa dan alat peraba, memiliki sistem pencernaan namun belum sempurna, bentuk tubuhnya pipih dan simetris bilateral.
3. Vermes
Vermes atau cacing merupakan hewan yang umumnya hidup di tempat lembap. Ada pula yang bersifat parasit dalam tubuh makhluk hidup lain.
4. Arthropoda
Tubuh arthropoda beruas-ruas, terdiri dari kepala, dada, dan perut, rangka luar tersusun dari zat kitin, peredaran darahnya terbuka, alat pencernaan sudah sempurna, matanya majemuk disebut dengan mata faset, tubuh hewan ini peka terhadap sentuhan, panas, dan bau.
5. Mollusca (hewan lunak)
Tubuh mollusca lunak dan dipenuhi lendir, biasanya terbungkus oleh mantel dan cangkang tersusun dari zat kapur. Mollusca terbagi menjadi 3 kelas, yakni Polecypodal Bivalvia, Chepalopoda, Gastropoda.
ADVERTISEMENT
6. Echinodermata
Echinodermata merupakan hewan yang umumnya hidup di laut, tubuhnya dipenuhi oleh duri, alat geraknya kaki ambulakral, pernapasan dengan insang, alat pencernaan sudah sempurna, dan rangka luarnya tersusun dari zat kitin.

Hewan Vertebrata

Mengenal Ciri-Ciri Kingdom Animalia dan Kelompok Hewannya (13821)
zoom-in-whitePerbesar
Mamalia termasuk ke dalam hewan vertebrata. Foto: Unsplash
Vertebrata merupakan hewan yang memiliki ruas-ruas tulang belakang sejati. Habitatnya menyebar di darat, air tawar, dan air laut. Umumnya hewan ini telah memiliki kepala yang terlihat jelas dengan otak yang dilindungi oleh tulang tengkorak.
Vertebrata terbagi dalam lima kelas, yaitu:
1. Pisces
Tubuh pisces ditutupi oleh sisik, habitatnya di air, baik air tawar maupun alut, bernapas dengan insang, bergerak dengan sirip, dan berkembang biak dengan bertelur atau ovipar dengan pembuahan di luar.
2. Amphibi
Amphibi hidup di dua habitat, yaitu air dan darat, kulitnya halus dan selalu basah, bernapas dengan paru-paru, insang, dan permukaan kulit, berkembang biak dengan bertelur, pembuahan di luar, suhu tubuhnya termasuk poikiloterm seperti ikan.
ADVERTISEMENT
3. Reptilia
Reptilia atau hewan melata umumnya berdarah dingin, hidup di darat, berkulit keras, kering, dan bersisik. Seperti halnya pisces dan amphibi, reptilia juga berdarah dingin dengan jantungnya terdiri dari empat ruang namun sekat tidak sempurna.
4. Aves
Tubuh aves ditutupi oleh bulu dan memiliki sayap untuk terbang. Suhu tubuhnya berbeda dengan golongan pisces, amphibia, dan reptilia. Aves berdarah panas (homoioterm) artinya suhu tubuh tetap meskipun terjadi perubahan suhu lingkungan.
5. Mamalia
Mamalia memiliki kelenjar susu, darahnya bersuhu tetap atau berdarah panas, memiliki rambut, dan bernapas dengan paru-paru. Cara perkembangbiakan dengan beranak dan pembuahan di dalam.
(JA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020