Tekno & Sains
·
24 Agustus 2021 13:04
·
waktu baca 3 menit

Mengenal Sistem Pencernaan pada Tubuh Manusia

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Mengenal Sistem Pencernaan pada Tubuh Manusia (22079)
searchPerbesar
Sistem pencernaan pada tubuh manusia memiliki fungsi untuk mengolah makanan agar dapat diserap tubuh. Sumber: Freepick.com
Tubuh manusia tentu membutuhkan zat-zat yang baik pada makanan. Makanan tersebut kemudian diolah untuk diambil nutrisinya agar menjadi sumber energi dan gizi yang baik bagi tubuh.
ADVERTISEMENT
Pencernaan merupakan sebuah sistem yang bekerja dalam tubuh yang berfungsi untuk mencerna segala makanan atau minuman yang ada dalam tubuh, kemudian diedarkan melalui pembuluh darah.
Menurut Heru Nurcahyo dalam Sistem Pencernaan Makanan, pencernaan atau digesti adalah proses pemecahan zat-zat makanan sehingga dapat diabsorpsi oleh saluran pencernaan.
Proses pencernaan terdiri dari beberapa proses, yaitu:
  1. Pengambilan makanan (prehensi)
  2. Memamah (mastikasi)
  3. Penelanan
  4. Pencernaan (digesti)
  5. Pengeluaran sisa-sisa pencernaan (egesti).

Organ-organ Pencernaan

Menurut jurnal Pendidikan Kesehatan yang diterbitkan oleh Universitas Pendidikan Indonesia, terdapat beberapa organ yang terlibat dalam sistem pencernaan, di antaranya:
  1. Mulut merupakan organ yang menjadi awal dari saluran pencernaan. Mulut berfungsi untuk menghaluskan makanan (yang dilakukan oleh gigi dan air liur) sebelum ke saluran selanjutnya.
  2. Kerongkongan merupakan organ yang berfungsi sebagai penghubung antara mulut dan lambung. Apabila makanan telah dihaluskan oleh mulut, makanan tersebut akan melewati kerongkongan dan masuk ke dalam lambung.
  3. Lambung adalah organ yang berfungsi sebagai untuk menghaluskan lagi makanan agar bisa diserap tubuh. Organ ini juga dapat menjadi tempat penyimpan makanan yang dapat memuat 1-2 liter makanan.
  4. Usus halus. Setelah dari lambung, makan yang telah dihaluskan akan menuju ke usus halus, organ yang berfungsi untuk menyerap air dan nutrisi dari makanan ke dalam aliran darah.
  5. Usus besar adalah organ yang berfungsi untuk mengolah sisa-sisa makanan dari usus halus serta racun-racun dalam tubuh menjadi tinja atau kotoran.
  6. Anus merupakan organ yang berfungsi untuk membuang sisa-sia makanan dari usus besar.
Mengenal Sistem Pencernaan pada Tubuh Manusia (22080)
searchPerbesar
Mulut merupakan organ yang menjadi awal masuknya makanan dalam tubuh. Sumber: Pexels.com
Selain keenam organ di atas, ada juga organ pencernaan yang berfungsi sebagai pelengkap dari sistem pencernaan, yaitu lidah, gigi, kantung empedu, kelenjar air liur, hati, dan pankreas.
ADVERTISEMENT

Jenis Pencernaan

Menyadur Modul Biologi Kelas XI yang disusun oleh Icih Tresnaasih, secara umum, pencernaan dibagi menjadi pencernaan secara mekanik dan pencernaan secara kimiawi.
Pencernaan secara mekanik merupakan proses pencernaan makanan menjadi molekul yang lebih kecil tanpa melibatkan enzim. Contoh pencernaan secara mekanik, yaitu gigi yang sedang mengunyah makanan tanpa bantuan enzim.
Sementara itu, pencernaan secara kimiawi adalah proses pencacahan makanan dengan bantuan enzim. Contohnya, pada di dalam mulut, makanan diolah secara kimiawi oleh air liur.
Mengenal Sistem Pencernaan pada Tubuh Manusia (22081)
searchPerbesar
Ilustrasi seseorang terserang gangguan pencernaan. Sumber: Freepik.com

Gangguan Pencernaan

Sistem pencernaan bisa saja mengalami gangguan layaknya organ-organ pada tubuh manusia. Gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari infeksi oleh bakteri, virus atau parasit hingga naiknya cairan yang bernama asam lambung.
ADVERTISEMENT
Ada pun contoh-contoh gangguan yang terjadi pada sistem pencernaan di antaranya yaitu diare, maag, tukak lambung, wasir, GERD atau gastroesophageal reflux disease, kanker mulut dan sebagainya.
(SAI)
Apa saja proses pencernaan yang terjadi di tubuh?
chevron-down
Apa saja organ pelengkap dari sistem pencernaan?
chevron-down
Apa contoh pencernaan secara mekanik?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020