Food & Travel
·
15 September 2021 9:01
·
waktu baca 2 menit

Mengenal Tari Klana Topeng yang Berasal dari Cirebon

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Mengenal Tari Klana Topeng yang Berasal dari Cirebon (149211)
searchPerbesar
Tari Klana Topeng adalah salah satu jenis Tari Topeng yang berasal dari Cirebon, Jawa Barat. Sumber: Indonesi1001
Tari Klana Topeng merupakan tari tradisional yang berasal dari Pulau Jawa. Tari ini memiliki beberapa jenis sesuai dengan asalnya.
ADVERTISEMENT
Di Yogyakarta, tari ini dikenal sebagai tari Klana Alus, sedangkan di Jawa Barat, khususnya Cirebon, tari ini dikenal sebagai tari Klana Topeng.
Untuk mengenal lebih dalam mengenai tari Klana Topeng, berikut beberapa penjelasannya.

Tari Topeng Cirebon

Dalam kebudayaan khas Cirebon, terdapat beberapa jenis tari topeng, yaitu tari Topeng Panji, tari Topeng Samba, tari Topeng Rumyang, tari Topeng Temanggung dan tari Topeng Kelana atau Rahwana.
Kelima tarian topeng ini kemudian disebut sebagai Pancawanda atau lima rupa karena menggambarkan tokoh-tokoh dalam tarian tersebut.
Melansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, kelima tarian ini tentu memiliki filosofi tersendiri mengenai siklus kehidupan manusia, yakni:
Mengenal Tari Klana Topeng yang Berasal dari Cirebon (149212)
searchPerbesar
Tari Topeng khas Cirebon memiliki filosofi mengenai siklus hidup seorang manusia. Sumber: Pixabay.com
  1. Tari Topeng Panji, tari topeng ini menggunakan gerakan yang lembut sehingga mewakili kehidupan masa kanak-kanak.
  2. Tari Topeng Samba adalah tarian lanjutan dari tari Topeng Panji yang menjadi perwakilan masa hidup manusia yang lincah dan penuh rasa ingin tahu.
  3. Tari Topeng Rumyang adalah tarian yang mewakili siklus hidup manusia ketika beranjak dewasa yang ditandai dengan kulit rupanya merona memerah sebagai tanda kedewasaan. Tarian ini juga memiliki gerakan yang tegas yang menunjukkan manusia yang mendekati kemapanan.
  4. Tari Topeng Temanggung mengisahkan manusia yang telah menempati masa kematangan dan kemapanan yang sempurna. Hal tersebut bisa dari gerakan tarinya yang dinamis yang menandakan seseorang telah berada di puncak kedewasaan.
  5. Tari Topeng Kelana memiliki perbedaan dengan tari topeng lainnya. Tari ini tidak menceritakan tentang siklus hidup melainkan menggambarkan tentang sifat buruk manusia yang penuh emosi dan amarah.
Mengenal Tari Klana Topeng yang Berasal dari Cirebon (149213)
searchPerbesar
Tari Klana Topeng menggunakan properti topeng untuk menggambarkan tokoh dalam tarian tersebut. Sumber: iStock.com

Tari Klana Topeng

Dikutip dari Buku Siswa Seni Budaya SMP/MTs Kelas 8 yang diterbitkan oleh Gramedia Widiasarana Indonesia, tari Klana Topeng merupakan tarian yang menggambarkan kisah tentang seorang raja pemarah yang bernama Prabu Klana Sewandana yang sedang jatuh cinta kepada Dewi Candra Kirana, putri di Kediri.
ADVERTISEMENT
Tari ini merupakan jenis tarian yang berkembang di wilayah Cirebon. dan biasa diiringi dengan lagu Gonjing yang dilanjutkan dengan Sarung Ilang.
Gerakan dalam tarian ini menggambarkan seseorang dalam keadaan marah, mabuk, gandrung, lalu tertawa terbahak-bahak, dan sebagainya.
Tari Topeng Kelana sering pula disebut topeng Rahwana. Hal ini disebabkan tari ini menceritakan tentang salah satu tokoh Rahwana pada cerita Ramayana.
Rahwana sendiri memiliki cerita dan tabiat yang sama dengan Panji, tokoh dalam Topeng Kelana. Oleh karena itu, kedua tarian ini disamakan oleh beberapa dalang.
(SAI)
Apa saja jenis tari topeng dari Cirebon?
chevron-down
Apa makna tari Topeng Samba?
chevron-down
Bercerita tentang apakah tari Topeng Temanggung?
chevron-down
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white