Mengenal Teori Atom Dalton Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
27 Januari 2022 22:16
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengenal Teori Atom Dalton Beserta Kelebihan dan Kekurangannya (74436)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi model atom yang paling sederhana sesuai dengan teori atom Dalton. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Teori atom Dalton adalah model atom yang paling sederhana. Teori ini dikemukakan oleh John Dalton, seorang ilmuwan berkebangsaan Inggris. Menurut teori atom ini, atom diibaratkan seperti bola pejal yang tidak bermuatan. Agar lebih memahaminya, simak ulasan berikut ini.
ADVERTISEMENT
Awal mulanya, John Dalton menyebutkan bahwa atom dapat diibaratkan sebagai blok bangunan yang tersusun untuk membentuk struktur kimia.
Setelahnya, John Dalton mengembangkan sebuah hukum yang dikenal dengan hukum perkembangan ganda dan ia dikenalkan kepada dunia sekitar tahun 1803.
Dalton mendapatkan teori tersebut melalui eksperimen dan pemeriksaan hasil yang benar-benar ia lalui secara empiris. Oleh sebab itu, ia menganggap bahwa teori pertama yang ia buat mengenai atom adalah teori ilmiah murni.
Mengutip dari buku Belajar Kimia secara Menarik untuk SMA karya Das Salirawati dkk (2008: 05), teori Atom Dalton sendiri didasarkan pada anggapan:
  • Semua materi yang ada di dunia terbentuk dari kumpulan atom dan atom tersebut sudah tidak bisa diuraikan lagi.
  • Masing-masing atom yang dihasilkan dari suatu senyawa tertentu memiliki sifat, karakteristik, serta massa yang berbeda tergantung pada senyawanya.
  • Setiap senyawa memiliki atom yang berbeda-beda.
  • Adanya kedua atom dapat membentuk menjadi sebuah senyawa, bahkan molekul.
  • Atom yang tidak sejenis juga dapat bergabung dan membentuk senyawa. Namun, atom-atom tersebut harus memperhatikan perbandingannya yang sederhana.
  • Partikel yang menyusun atom memiliki zat yang selaras.
ADVERTISEMENT
Sebab teori atom Dalton merupakan teori pertama yang memaparkan konsep atom, teori ini memiliki beberapa kelemahan.
Mengenal Teori Atom Dalton Beserta Kelebihan dan Kekurangannya (74437)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi teori atom Daltion memiliki kelemahan dan kelebihan. Foto: Pixabay

Kelemahan Teori Atom Dalton

  • Didapati fakta bahwa atom dapat berubah menjadi atom unsur lainnya, apabila atom tersebut mendapatkan reaksi nuklir. Ini tentu sangat bertentangan dengan pendapat Dalton dalam teori yang ia rancang.
  • Adanya isotop dapat membuat setiap atom tidaklah benar-benar sama. Isotop membuktikan pada dunia bahwa atom hanya memiliki kesamaan pada nomor atomnya saja, tidak dengan massa dari atom tersebut.
  • Dalton mengatakan bahwa perbandingan antara senyawa merupakan perbandingan yang bulat. Namun, faktanya banyak sekali senyawa yang memiliki perbandingan bilangan yang sedikit merepotkan, yaitu perbandingan bilangan yang tidak mudah, tidak bulat, dan tidak begitu sederhana.
ADVERTISEMENT

Kelebihan Teori Atom Dalton

  • Untuk kelebihannya, teori atom Dalton memiliki bentuk model yang memiliki potensi untuk dikembangkan oleh para ilmuwan. Dari sinilah, ilmuwan berkeinginan memperbaiki pendapat Dalton menjadi lebih logis dari segi ilmu pengetahuan.
  • Teori atom Dalton juga dapat menjadi motivasi untuk terciptanya bibit atom baru, guna menutupi segala kekurangan dari model ini.
  • Teori atom terus berkembang hingga sekarang. Bahkan, setelah teori atom milik Dalton diangaap tidak relavan, terus bermunculan teori atom milik Thomson, Rutherford, serta Bohr. Teori-teori tersebut membantu, mengembangkan, serta menjadi bentuk pembenaran dari teori-teori atom sebelumnya.
(VIO)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020