Mengenal Tujuan Pengemasan Produk Kerajinan dan Jenis-jenisnya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
14 Januari 2022 17:53
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mengenal Tujuan Pengemasan Produk Kerajinan dan Jenis-jenisnya (330733)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kemasan produk kerajinan yang erat kaitannya dengan proses pemasaran dan distribusi. Foto: Pixabay
Kemasan tidak bisa dipisahkan dari proses pemasaran dan distribusi suatu produk, termasuk salah satunya produk kerajinan. Meski beberapa produsen masih sering menyepelekannya, ternyata tujuan pengemasan produk kerajinan cukuplah krusial.
ADVERTISEMENT
Dr. Suprihatiningsih, M.Pd dalam bukunya Prakarya dan Kewirausahaan Tata Busana di Madrasah Aliyah (2020: 41) menjelaskan bahwa kemasan produk secara umum adalah wadah ataupun pembungkus yang memiliki fungsi untuk mencegah atau meminimalisasi terjadinya kerusakan pada produk yang dikemas.
Selain itu, kemasan dapat dikatakan sebagai material pembungkus produk yang memiliki fungsi untuk menampung, melindungi, mengidentifikasi, dan mempromosikan produk.
Dalam hal tersebut, fungsi kemasan tidak hanya berguna untuk melindungi produk, tapi juga berfungsi sebagai alat pemasaran dan membangun identitas brand sekaligus meningkatkan penjualan.
Agar lebih mengenalnya, simak tujuan dan jenis-jenis kemasan produk kerajinan berikut ini.
Mengenal Tujuan Pengemasan Produk Kerajinan dan Jenis-jenisnya (330734)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pengemasan produk kerajinan untuk melindunginya dari guncangan hingga salah satu bentuk promosi. Foto: Pixabay

Tujuan Pengemasan Produk Kerajinan

Pengemasan produk kerajinan ternyata memiliki beberapa tujuan, yaitu:
  • Physical Production, yaitu pembuatan kemasan produk kerajinan bertujuan untuk melindungi dari iklim, getaran, guncangan, tekanan, dan faktor lain yang mampu merusak produk.
  • Barrier Protection, yaitu pemasangan kemasan produk kerajinan bertujuan untuk melindungi produk dari adanya hambatan, berupa oksigen, uap, air, debu, dan lain sebagainya.
  • Containment of Agglomeration, yaitu pengemasan yang bertujuan untuk mengelompokkan produk, sehingga proses penanganan dan penyaluran akan menjadi lebih efisien.
  • Information Transmission, yaitu produk kerajinan yang dikemas dengan informasi tertentu, supaya tercantum cara penggunaan transportasi, daur ulang, atau cara membuang kemasan tersebut.
  • Reducing Theft, yaitu pemberian kemasan produk kerajinan bertujuan untuk mencegah adanya tindak pencurian, dengan cara melihat kerusakan fisik yang ada pada kemasan.
  • Convenience, yaitu kemasan adalah salah satu fitur yang mampu meningkatkan kenyamanan, distribusi, penanganan, penjualan, tampilan, penggunaan, dan masih banyak lagi.
  • Marketing, yaitu desain dan label yang menarik pada kemasan bisa digunakan oleh pihak pemasar, untuk meningkatkan minat beli para konsumen.
Mengenal Tujuan Pengemasan Produk Kerajinan dan Jenis-jenisnya (330735)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kemasan produk kerajinan yang terbuat dari kertas. Foto: Pixabay

Jenis-Jenis Kemasan Produk Kerajinan

Merujuk pada salah satu materi yang tertuang dalam buku Saku Prakarya (Kerajinan) untuk SMA Kelas X karangan Retno Murti Setyorini, S.Pd, M.Pd (2015: 73), kemasan produk kerajinan dibagi menjadi tiga macam, yaitu:
ADVERTISEMENT
1. Kemasan Kertas
Kemasan kertas merupakan kemasan fleksibel yang pertama, sebelum ditemukannya plastik dan alumunium foil. Hingga saat ini, kemasan kertas juga masih banyak digunakan dan mampu bersaing dengan kemasan lainnya, seperti plastik dan logam.
Kemasan kertas memiliki banyak keunggulan, antara lain harganya murah, perolehannya mudah, dan penggunaannya bisa mencapai ukuran yang tak terbatas.
2. Kemasan Kayu
Kemasan kayu biasanya berupa peti, tong kayu, atau palet yang banyak digunakan transportasi berbagai komoditas dalam perdagangan internasional. Pengiriman produk kerajinan seperti keramik kerap dikemas dengan peti kayu, agar dapat terlindungi dari risiko pecah.
3. Kemasan Plastik
Kemasan plastik merupakan kemasan yang paling banyak ditemui, terutama jenis akrilik. Akrilik menjadi favorit produk pengemasan produk kerajinan, karena memiliki sifat kaku dan transparan, penahan yang baik terhadap oksigen dan cahaya, hingga titik leburnya rendah.
ADVERTISEMENT
(VIO)
Apa yang dimaksud dengan tujuan pengemasan physical production?
chevron-down
Apa yang dimaksud dengan tujuan pengemasan barrier protection?
chevron-down
Apa yang dimaksud dengan tujuan pengemasan convenience?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020