Metode-Metode yang Bisa Digunakan untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
14 Januari 2022 10:22
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Metode-Metode yang Bisa Digunakan untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan (319859)
zoom-in-whitePerbesar
Metode yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan. Foto: Unsplash
Metode-metode yang bisa digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan perlu untuk diketahui oleh para pengusaha. Lantas, apa saja metode-metode tersebut?
ADVERTISEMENT
Kepuasan pelanggan atau konsumen adalah salah satu hal yang menjadi peranan penting dalam dunia berbisnis. Hal itu menjadi tonggak utama dalam keberhasilan suatu perusahaan.
Maka dari itu, perusahaan harus bisa peka dalam pemenuhan kepuasan konsumen mengetahui bahwa kebutuhan dan keinginan konsumen yang setiap saat bisa berubah.
Bahkan menurut salah satu ahli pemasaran, Philip Kotler dan Kevin Lane Keller, konsumen bisa dikatakan sebagai perasaan bahagia setelah membandingkan kinerja atau hasil dari produk dan jasa yang digunakan.

Faktor-Faktor yang Menentukan Tingkat Kepuasan

Metode-Metode yang Bisa Digunakan untuk Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan (319860)
zoom-in-whitePerbesar
Faktor yang menentukan tingkat kepuasan. Foto: Unsplash
Berikut adalah lima faktor penentu yang memengaruhi tingkat kepuasan pelanggan, seperti yang dikutip dari buku Ekonomi Syariah yang disusun oleh Fuadi, dkk.
  1. Kualitas produk dan jasa, konsumen akan merasa puas bila hasil evaluasi mereka menunjukkan bahwa produk dan jasa yang mereka gunakan berkualitas.
  2. Kualitas pelayanan, terutama untuk industri jasa. Konsumen akan merasa puas bila mendapatkan pelayanan yang baik atau sesuai dengan yang diharapkan.
  3. Emosional konsumen, pelanggan akan merasa bangga dan mendapatkan keyakinan bahwa orang lain akan kagum terhadap dia bila menggunakan produk dan jasa dengan merek tertentu yang cenderung mempunyai tingkat kepuasan yang lebih tinggi.
  4. Harga produk, konsumen akan memberikan nilai yang lebih tinggi pada barang dengan kualitas baik, tetapi memiliki harga yang relatif murah.
  5. Biaya konsumen, konsumen yang tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan atau tidak perlu membuang waktu untuk mendapatkan suatu produk atau jasa cenderung puas terhadap produk atau jasa tersebut.
ADVERTISEMENT

Metode dan Teknik Pengukuran Kepuasan Konsumen

Menyadur buku Kualitas Layanan Rumah Sakit Terhadap Emosi dan Kepuasan Pasien karya Dr. Hj. Mu'ah, SE, MM, berikut adalah metode dan teknik pengukuran kepuasan konsumen.
1. Sistem keluhan dan saran
Banyak perusahaan yang berhubungan dengan pelanggan membutuhkan kotak saran dan menerima keluhan yang dialami pelanggan. Dengan begitu, perusahaan bisa mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan memperbaiki diri dari kritik dan saran tersebut.
2. Survei kepuasan pelanggan
Sebagian besar perusahaan atau organisasi tertentu melakukan penelitian melalui survei untuk mengukur kepuasan pelanggan. Melalui metode ini, perusahaan bisa memperoleh tanggapan dan umpan balik dari pelanggan.
3. Ghost shopping
Ghost shopping pada umumnya memiliki tujuan guna menelusuri dan menggali beberapa informasi terkait perusahaan pesaing dengan memperkerjakan beberapa orang. Tujuannya untuk menjadi pelanggan potensial perusahaan dan juga pesaing.
ADVERTISEMENT
4. Lost customer analysis
Dalam metode ini, perusahaan dapat menghubungi dan bertanya kepada para pelanggan yang memutuskan untuk berhenti menjadi pelanggan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.
Hal tersebut dilakukan dengan harapan perusahaan bisa mengetahui alasan-alasan yang muncul dari konsumen, terkait berhentinya konsumen untuk membeli produk atau jasa.
(JA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020