Pahami Kondisi Geografis Indonesia beserta Pengaruhnya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
1 September 2021 16:15 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi kondisi geografis Indonesia. Sumber: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi kondisi geografis Indonesia. Sumber: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Kondisi geografis merupakan hal yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi kehidupan yang berada di dalam wilayah tersebut. Negara Indonesia secara geografis terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia, serta di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik.
ADVERTISEMENT
Letak geografis yang demikian membuat Indonesia berada pada posisi silang jalur transportasi perdagangan yang ramai. Tak hanya itu, posisi silang ini juga menyebabkan Indonesia memiliki keragaman budaya dan suku bangsa.
Penasaran bagaimana sebenarnya kondisi geografis Indonesia? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Letak Geografis Indonesia

Selain diapit oleh dua benua dan dua samudera, Indonesia secara geografis juga dibatasi dengan sejumlah wilayah seperti negara dan samudera, yakni:

Kondisi Geografis Indonesia

Letak geografis tersebut membuat Indonesia memiliki kondisi geografis yang unik.
Indonesia menjadi negara maritim akibat kondisi geografis yang dimilikinya. Sumber: Pexels.com
Menurut modul pembelajaran yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berjudul Posisi Strategis Indonesia sebagai Poros Maritim Indonesia, berikut kondisi geografis Indonesia.
ADVERTISEMENT
1. Musim
Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis. Diapitnya negara ini oleh dua benua dan dua samudera mengakibatkan Indonesia hanya memiliki dua musim, yaitu musim hujan dan musim kemarau.
Kedua musim ini ada di Indonesia karena angin muson barat dan angin muson timur yang berembus dari dua benua yang mengapit Indonesia yakni benua Asia dan Australia.
2. Wilayah Strategis
Letak Indonesia yang terletak di antara dua benua dan dua samudera. Hal ini mengakibatkan Indonesia menjadi jalur perlintasan internasional, baik laut dan udara.
Akibatnya, perkembangan ekonomi akan terjadi pada zona ekonomi eksklusif Indonesia yang dilewati industri-industri besar. Hal ini senada dengan artikel yang dirilis oleh situs resmi Kementerian Luar Negeri yang menyebutkan bahwa Indonesia menjadi titik persilangan kegiatan perekonomian di dunia.
Kondisi geografis Indonesia memiliki dampak terhadap sosial dan budaya masyarakat Indonesia. Sumber: Pixabay.com
3. Sosial-Budaya
ADVERTISEMENT
Letak negara Indonesia yang berdekatan dengan Benua Asia dan Australia menyebabkan kondisi negara Indonesia dihuni oleh penduduk yang berasal dari suku dan etnis yang berbeda-beda.
Tak hanya itu, masyarakat benua Eropa dan Amerika yang melintasi Indonesia juga secara tidak langsung memengaruhi keragaman sosial budaya di Indonesia.

Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia

Sejumlah kondisi geografis Indonesia yang telah dijelaskan di atas memiliki dampak pada negara Indonesia, di antaranya yaitu:
(SAI)