Pengertian dan Klasifikasi Biota Berdasarkan Habitatnya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
16 Desember 2021 18:46 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Makhluk hidup adalah makhluk yang memiliki sejumlah karakteristik yang menempati bumi. Foto: Pexels.com
zoom-in-whitePerbesar
Makhluk hidup adalah makhluk yang memiliki sejumlah karakteristik yang menempati bumi. Foto: Pexels.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Biota adalah istilah yang kerap kali digunakan untuk kumpulan makhluk hidup. Dalam kehidupan sehari-hari manusia, istilah biota laut dan biota darat mungkin sudah tidak asing lagi.
ADVERTISEMENT
Agar tidak bingung dalam memahami konsep biota, simak penjelasan mengenai pengertian biota dan klasifikasi biota di bawah ini.

Pengertian Biota

Dalam kamus Merriam Webster, kata biota memiliki arti the flora and fauna of a region, yang berarti flora dan fauna yang berada dalam suatu wilayah.
Pengertian dari kata biota tersebut sama dengan apa yang diterangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, yaitu kumpulan atau keseluruhan flora dan fauna yang berada di suatu daerah.
Rara Maysa dalam bukunya yang berjudul Seri Sungai Populer Nusantara: Bengawan Solo memberikan penjelasan spesifik mengenai biota, yaitu semua makhluk hidup yang hidup dan berkembang biak di air.
Namun, pengertian tersebut memiliki perbedaan dengan apa yang disebutkan Bambang Winarto dalam Kamus Kehutanan yang menyebutkan bahwa biota adalah kumpulan fauna dan flora yang hidup di suatu kawasan.
Pengertian dari biota adalah kumpulan flora dan fauna yang menempati suatu wilayah di permukaan bumi. Foto: Pexels.com

Klasifikasi Biota

Menurut Prof. Dr. K.E.S. Manik yang ditulis oleh Pengelolaan Lingkungan Hidup, biota diklasifikasikan menjadi dua jenis berdasarkan tempat hidup dari flora dan fauna. Klasifikasi biota tersebut ialah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
1. Biota Darat
Biota darat adalah jenis biota yang hidup di wilayah atau daerah daratan. Contoh dari biota darat adalah:
2. Biota Laut
Contoh biota laut adalah ikan, rumput laut, terumbu karang, dan sebagainya. Foto: Pexels.com
Biota laut adalah seluruh jenis makhluk hidup yang tinggal atau memiliki habitat di laut. Biota laut tentunya memiliki cara hidup yang berbeda dengan biota darat.
Contoh dari fauna yang hidup di laut adalah ikan-ikanan, kuda laut, singa laut, udang, kepiting, dan sebagainya, sedangkan contoh dari flora yang hidup di laut ialah rumput laut, alga, lamun, dan mangrove.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan biota darat, biota laut dikelompokkan menjadi tiga kelompok besar. Dikutip dari buku Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta karya Hartono, kelompok besar biota laut tersebut adalah sebaga berikut:
(SAI)