Pengertian Kelas Artropoda dan Ciri-cirinya pada Hewan

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
26 November 2021 13:51
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian Kelas Artropoda dan Ciri-cirinya pada Hewan (399926)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi semut sebagai hewan artropoda. Foto: Pexels.com
Kelas artropoda merupakan kelas hewan yang dominan dibanding klasifikasi kelas hewan lainnya di dunia ini. Diperkirakan lebih dari 80 persen dari seluruh jenis hewan yang ada berasal dari kelas artropoda.
ADVERTISEMENT
Penasaran apa yang dimaksud dengan hewan kelas artropoda? Simak paparannya berikut ini.

Definisi Arthropoda

Berdasarkan jurnal Keanekaragaman Jenis Arthropoda Permukaan Tanah di Desa Banua Rantau Kecamatan Banua Lawas oleh Juan Setiawan dan Fujianor Maulana, kelas artropoda adalah hewan dengan organ beruas-ruas dan bersegmen.
Istilah tersebut berasal dari bahasa Yunani yang terdiri dari dua kata, yaitu Arthro yang berarti ruas dan Podos yang berarti kaki. Artropoda memiliki sistem organ yang lebih kecil dibandingkan dengan hewan invertebrata lainnya.
Kelas artropoda menjadi tingkatan klasifikasi (filum) terbesar dari kelas kingdom untuk hewan. Karena menjadi filum yang terbesar, artropoda dapat ditemukan di berbagai tempat. Mulai dari hutan, dataran rendah, hingga dataran tinggi sekalipun.
Hewan artropoda juga dapat hidup di air tawar, darat, laut, dan udara. Jenis hewan dari kelompok ini yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, yakni semut, lobster, dan beberapa jenis hewan laut lain.
ADVERTISEMENT
Meski sering ditemui, masih terdapat masyarakat yang belum mengetahui jenis hewan yang termasuk sebagai hewan artropoda.

Ciri-ciri Kelas Artropoda

Pengertian Kelas Artropoda dan Ciri-cirinya pada Hewan (399927)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi lobster sebagai hewan arthropoda. Foto: Pexels.com
Menurut jurnal Pengenalan Arthropoda dan Biologi Serangga oleh Upik Kesumawati Hadi, berikut ciri-ciri hewan dari kelas artropoda.
1. Tubuh Beruas-ruas
Tubuh hewan artropoda beruas-ruas yang terdiri dari tiga bagian, yaitu kepala (caput), dada (toraks), dan badan belakang atau perut (abdomen). Bagian kepala dan dada hewan artropoda menyatu.
2. Struktur Tubuh Simetri Bilateral
Simetri bilateral adalah kondisi hewan yang apabila tubuhnya dibagi menjadi bagian yang sama, bagian sisi kanan dan kiri akan terbagi sama.
3. Sistem Saraf Tangga Tali
Sistem saraf pada hewan artropoda adalah sistem saraf tangga tali. Saraf tersebut membentuk serabut memanjang pada bagian bawah (ventral) tubuh. Dengan struktur tubuh hewan artropoda yang beruas-ruas, serabut saraf membentuk simpul yang disebut ganglion.
ADVERTISEMENT
4. Terdapat Kerangka Luar Tubuh
Kerangka luar pada tubuh hewan artropoda memberikan bentuk dan berguna untuk melindungi tubuh. Kerangka luar hewan artropoda disebut sebagai cangkang yang dapat mengupas jika tubuhnya membesar.
5. Sistem Peredaran Darah Terbuka
Sistem peredaran darah pada hewan dapat dibedakan menjadi dua, yaitu sistem peredaran darah terbuka dan sistem peredaran darah tertutup.
Pada hewan artropoda, sistem peredaran darahnya terbuka. Hal ini berarti darah yang mengalir ke seluruh tubuh hewan ini tidak melalui pembuluh kapiler darah.
6. Sistem Organ Tubuh Lengkap
Sistem organ tubuh dalam hewan artropoda lengkap. Artinya, hewan ini memiliki sistem pencernaan, sistem pernapasan, sistem peredaran darah, sistem pengeluaran (ekskresi), sistem saraf, dan sistem reproduksi.
Sistem pencernaan pada hewan artropoda lurus, yaitu terdapat mulut dan anus. Sedangkan sistem ekskresinya berupa saluran-saluran yang bermuara di saluran pencernaan. Kemudian, limbahnya dikeluarkan melalui anus.
ADVERTISEMENT
Respirasi hewan artropoda berlangsung memakai insang, trakea, dan spirakel. Selanjutnya, sistem reproduksinya hampir selalu terpisah dengan alat kelaminnya.
(FNS)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020