Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenisnya Berdasarkan dari Makanan

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
20 Desember 2021 18:39
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenisnya Berdasarkan dari Makanan (33919)
zoom-in-whitePerbesar
Pengertian organisme heterotrof dan jenisnya berdasarkan dari makanan. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Organisme heterotrof adalah organisme yang membutuhkan senyawa organik di mana karbon diekstrak bagi pertumbuhannya.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut heterotrof lebih dikenal sebagai konsumer atau tidak bisa membuat makanan sendiri di dalam rantai makanan dan hanya bisa bergantung pada yang lainnya.
Mengutip dari laman Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang masuk ke dalam heterotrof adalah semua hewan, jamur, dan juga bakteri.
Heterotrof juga terdiri dari beberapa bagian, berikut adalah penjelasan singkatnya, seperti yang dikutip dar buku Geografi: Jelajah Bumi dan Alam Semesta yang disusun oleh Hartono, yakni:
  1. Konsumen, organisme heterotrof yang secara tidak langsung memakan organisme lain, seperti manusia dan juga hewan.
  2. Pengurai, organisme heterotrof yang mendapatkan makanan berupa bahan organik dengan cara merombak sisa-sisa organisme mati atau produk dari organisme hidup, seperti bakteri dan jamur.
  3. Detritivor, organisme heterotrof yang memakan partikel-partikel organik atau remukan jaringan organik yang telah membusuk, seperti cacing tanah, siput, bahkan tripang.
ADVERTISEMENT

Organisme Heterotrof Berdasarkan Jenis Makanan

Pengertian Organisme Heterotrof dan Jenisnya Berdasarkan dari Makanan (33920)
zoom-in-whitePerbesar
Panda termasuk ke dalam hewan pemakan tumbuhan atau herbivor. Foto: Unsplash
Tidak sampai di situ, berdasarkan jenis makanannya, organisme heterotrof dapat dibedakan menjadi, herbivora, omnivora, dan karnivora.
Mengutip buku IPA Kelas 4 SD yang disusun oleh Yudhistira Ghalia Indonesia, berikut penjelasan dari masing-masing organisme heterotrof berdasarkan jenis makannya, yakni:
1. Herbivora (hewan pemakan tumbuhan)
Herbivora bisa disebut juga dengan hewan yang memakan tumbuhan, seperti daun-daunan, buah-buahan, hingga biji-bijian. Contoh dari hewan herbivora adalah panda, kanguru, unta, kelinci, belalang, hingga burung kolibri.
Hewan herbivora bisa dibedakan dari bentuk atau susunan giginya. Gigi hewan herbivora tersusun atas gigi seri, gigi taring, dan juga gigi geraham.
Permukaan gigi geraham berukuran lebar, bergerigi, dan juga mempunyai banyak bumbungan atau puncak gigi. Biasanya gigi geraham digunakan untuk mengunyah dan juga menggilas makanan, sedangkan gigi seri dan gigi taring yang ada di rahang bawah untuk memotong makanan.
ADVERTISEMENT
2. Karnivora (hewan pemakan daging)
Karnivora adalah sebutan untuk hewan yang memakan daging. Hewan ini disebut sebagai hewan predator atau pemangsa. Contoh hewan yang termasuk ke dalam hewan karnivora, yakni singa, harimau, bunga bangkai, dan lain sebagainya.
Hewan herbivora dan juga karnivora bisa dibedakan dari susunan giginya. Gigi hewan karnivora tersusun atas gigi geraham, gigi seri, dan juga gigi taring.
Gigi geraham berkeluk-keluk tajam yang berfungsi untuk mengerat daging, mematahkan tulang dan juga menghancurkan makanan.
Gigi seri hewan karnivora berukuran kecil, runcing dan tajam. Gigi seri juga berfungsi untuk menggigit dan juga memotong makanan.
Lalu, gigi taring yang ada pada hewan karnivora yang panjang dan juga tajam berfungsi untuk mengoyak mangsa.
ADVERTISEMENT
3. Omnivora (hewan pemakan segala)
Omnivora adalah hewan yang memakan tumbuhan dan hewan lain dengan jumlah yang sama banyak. Hewan omnivora juga bisa disebut sebagai hewan pemakan segala. Contohnya, musang, burung gagak, tikus, beruang, ayam, dan lain sebagainya.
Tentunya susunan gigi omnivora dengan karnivora dan herbivora sangat berbeda. Susunan gigi hewan omnivor terdiri dari gigi seri, gigi taring, dan geraham.
Gigi seri berfungsi untuk memotong makanan, gigi taring untuk mengerat makanan, dan gigi geraham berfungsi untuk melumatkan makanan.
(JA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020