Pengertian Tari Modern, Fungsi, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
8 Maret 2022 18:06
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa pengertian tari modern? Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Pengertian tari modern dapat diartikan sebagai bentuk tarian dengan gerakan lebih ekspresif dan dapat menjadi suatu karya baru. Ragamnya gerakan tersebut disebabkan oleh pengaruh budaya asing pada abad ke-20 di Amerika Serikat dan Eropa.
ADVERTISEMENT
Hal ini juga yang membuat tari modern lebih bebas dibandingkan dengan tari tradisional. Meski demikian, gerakan yang diciptakan dari tari modern tetap berlandaskan pada pola-pola yang ada, sehingga terciptalah koreografi yang indah.
Untuk mengetahui lebih banyak mengenai tari modern, simak penjelasan di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Tari Modern?

Apa yang dimaksud tari modern? Mengutip buku The Living Stage: A Story of The World Theater karangan Kenneth Macgowan, tari modern adalah tari yang didominasi oleh emosi manusia yang memiliki desakan untuk ingin bebas dan terlepas dari sebuah tradisi.
Menurut buku Seni Budaya yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, pelopor seni tari modern adalah Isadora Duncan, Loie Fuller, dan Ruth St. Denis yang melakukan protes pada tradisi balet karena memiliki banyak aturan di dalamnya.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, mereka melakukan berbagai eksperimen dari gerakan tari modern dan berkembang menjadi sebuah koreografi yang dianggap tidak lazim bagi beberapa orang.
Hal tersebut karena gerakan tari modern yang lebih ekspresif dan relatif santai. Dalam buku Mengenal Seni Tari Indonesia karangan Muryanto, tari modern masuk ke dalam jenis tari kreasi yang tidak berpolakan pada tradisi.
Artinya, tari modern tidak memiliki banyak aturan baku atau pakem-pakem gerakan tarian yang kaku seperti tari tradisional. Namun, tetap dalam proses pembuatannya, teknik yang digunakan mengacu pada pola tradisi yang sudah ada.

Fungsi Tari Modern

Tari modern difungsikan sebagai hiburan. Foto: Unsplash
Pada umumnya, seni tari merupakan wadah bagi beberapa orang untuk mengekspresikan apa yang dirasakan melalui gerakan tubuh dengan iringan musik.
ADVERTISEMENT
Selain menjadi wadah untuk mengekspresikan emosi, seni tari terutama tari modern juga memiliki beragam fungsi. Menurut laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, berikut macam-macam fungsi tari modern:
1. Sebagai hiburan
Tari modern bisa dijadikan sebagai hiburan untuk memeriahkan atau merayakan suatu pertemuan hingga event. Dibandingkan keindahan, tari modern lebih mengutamakan gerakan yang dapat menghibur, sehingga tari modern terdiri dari tarian pergaulan atau social dance.
2. Sebagai pertunjukan
Tari sebagai pertunjukkan bertujuan untuk memberi pengalaman estetik kepada para penontonnya. Artinya, fungsi tari modern ini ingin menyajikan apresiasi dari suatu hasil seni yang memerlukan pengamatan lebih serius.
Pada poin ini, tari modern dijadikan sebagai pertunjukan yang mengutamakan bobot nilai seni dibandingkan dengan tujuan yang lainnya.
ADVERTISEMENT
3. Sebagai media pergaulan
Tari modern dengan fungsi ini memiliki arti bahwa jenis tarian ini dapat dijadikan sebagai media untuk berinteraksi bagi para pencipta, pelaku, dan penikmat seni. Lebih lanjut, tari ini mengutamakan terbentuknya sebuah media komunikasi yang aktif di suatu lingkungan.

Jenis Tari Modern

Balet jadi salah satu jenis tari modern. Foto: Unsplash
Tari modern memiliki ciri khasnya yang membuat jenis tarian ini semakin berkembang. Umumnya, pengaruh perkembangan tari modern ini didasari oleh kreativitas dan inovasi yang dimiliki oleh para penggiat seni.
Berikut jenis-jenis tari modern yang perlu diketahui.
1. Tari balet
Tari balet berkembang pada abad ke-18 masehi dan berasal dari bahasa Italia, yaitu ballo yang berarti tarian. Jika dilihat lebih detail lagi, gerakan pada balet mirip dengan anggar. Bedanya gerakan ini memadukan elemen artistik, seperti musik, kostum, hingga dekorasi panggung.
ADVERTISEMENT
2. Tari tango
Menurut buku Seni Budaya karangan Yoyok RM, dkk, tari tango merupakan tari pergaulan yang berasal dari Amerika Latin dan telah populer di seluruh dunia.
Iramanya didasarkan pada hitungan 2/4 atau 4/4, sedangkan temponya sedang. Gerakan tarian ini sangat memikat karena dilakukan dengan langkah-langkah yang menimbulkan kesan dan perasaan melayang.
3. Tari flamenco
Tari flamenco merupakan salah satu jenis tarian Spanyol. Ciri khasnya adalah pola ritmik dari berbagai hentakan kaki penar, yaitu hentakan ujung kaki, tumit, atau seluruh telapak. Tarian ini biasanya diiringi oleh gitar, tepuk tangan, hentakan kaki, dan seruan dari para penonton.
4. Tari salsa
Salsa merupakan tarian berpasangan yang berkaitan dengan musik salsa. Kata salsa ini berasal dari bahasa Spanyol yang berarti saus yang berarti rasa atau gaya.
ADVERTISEMENT
Salsa ditarikan dengan irama delapan ketukan yakni dengan dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Umumnya, setiap empat ketukan menggunakan tiga langkah, satu ketukan dilewatkan.
Di Indonesia sendiri, tari salsa semakin digemari sebagai alternatif kesehatan karena gerakan-gerakannya yang mengandung banyak manfaat. Salah satunya adalah alternatif untuk menurunkan berat badan.
5. Tari break dance
Tari break dance merupakan tarian yang berasal dari kelompok pekerja kulit hitam Amerika. Bentuk tariannya berupa gerakan patah-patah dan bersifat akrobatik.
Tarian ini juga lahir bersamaan dengan perkembangan musik rap yang terkenal dalam komunitas kaum pekerja kulit hitam Amerika.
6. Tari kontemporer
Dalam buku Seni Budaya untuk SMA/MA Kelas X karangan Jelly Eko Purnomo, S.Pd, tari kontemporer adalah gerakan tari simbolik yang koreografinya bercerita dengan gaya unik yang penuh dengan penafsiran.
ADVERTISEMENT
Tarian ini diiringi dengan campuran alat musik tradisional dengan penambahan alat musik modern yang tidak lazim, misalnya lagu dari yang sederhana hingga menggunakan program musik komputer, seperti midi, Nuendo, bahkan orkestra.
7. Tari waltz
Waltz adalah jenis tarian berpasangan yang ditarikan dalam birama 3/4 dengan tempo yang berbeda-beda. Di Jerman misalnya, tarian ini dibawakan dengan tempo yang lambat. Sementara itu di Wina, tarian ini dilakukan dengan tempo yang lebih cepat dan bersemangat.

Contoh Tari Modern di Indonesia

Seperti apa contoh tari modern di Indonesia? Foto: Unsplash
Setelah mengetahui pengertian, fungsi, dan jenis-jenis tari modern. Berikut beberapa contoh tari modern di Indonesia, seperti yang dikutip dari buku Seni Budaya dan Keterampilan karangan Drs. Sri Murtono, M.Pd, dkk.
ADVERTISEMENT
(JA)