Siapa Itu Joyboy, Karakter yang Masih Jadi Misteri di One Piece?

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
4 Agustus 2023 12:17 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Luffy One Piece. Foto: enchanted_fairy/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Luffy One Piece. Foto: enchanted_fairy/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Joyboy adalah karakter yang memainkan peran penting dalam sejarah Pulau Manusia Ikan di seri manga dan anime One Piece. Meski namanya kerap disebut dalam banyak episode, identitas siapa itu sosok Joyboy masih jadi misteri sampai sekarang.
ADVERTISEMENT
Sosok Joyboy pertama kali disinggung dalam manga One Piece chapter 628, ketika Nico Robin membacakan tulisan Poneglyph di Sea Forest. Berdasarkan sejarah yang tercatat di Poneglyph, sosoknya diyakini akan kembali sekitar 800 tahun setelah Void Century, saat Luffy membangkitkan mode Gear 5 miliknya.
Namanya kemudian disebutkan berkali-kali dalam beberapa kesempatan, sehingga membuat para fans bertanya-tanya siapa itu Joyboy sebenarnya. Simak artikel berikut untuk mengenal sosoknya lebih jauh.

Siapa Itu Joyboy?

Ilustrasi One Piece. Foto: Unsplash
Joyboy adalah sosok yang hidup lebih dari 800 tahun sebelum cerita utama One Piece dimulai. Saat itu, ia berjanji kepada penduduk Pulau Manusia Ikan untuk membawa mereka ke permukaan agar bisa hidup berdampingan dengan manusia.
Namun, karena alasan tertentu, Joyboy gagal memenuhi janjinya. Mengutip laman One Piece Wiki, ia kemudian menulis permintaan maafnya di Poneglyph yang disimpan di Sea Forest dan berjanji bahwa seseorang akan melunasi janjinya di masa depan.
ADVERTISEMENT
Dalam pesan lain yang ditinggalkan di pulau yang tidak bernama, Joyboy menuliskan bahwa dia akan kembali dalam waktu 800 tahun. Pesan itu lalu dibaca oleh Gol D. Roger setelah dirinya berhasil menaklukkan Grand Line.
Dalam pulau itu pula, Joyboy diyakini meninggalkan harta karunnya yang kemudian ditemukan Sang Raja Bajak Laut. Gol D. Roger langsung tertawa ketika menemukannya sehingga pulau tersebut diberi nama Laugh Tale.

Teori Fans tentang Joyboy

Karakter Luffyd di One Piece. Foto: Andari Novianti/kumparan
Misteri siapa itu Joyboy masih belum terungkap dan petunjuk mengenai sosoknya pun samar. Alhasil, muncullah teori-teori dari para fans untuk menebak-nebak siapa sebenarnya sosok yang amat dirahasiakan tersebut.

1. Joyboy adalah Jubah

Selama ini, Joyboy selalu dianggap sebagai nama seseorang. Padahal, bisa jadi ia bukan manusia, melainkan jubah yang dikenakan siapa pun yang berusaha membebaskan dunia dari penindasan.
ADVERTISEMENT
Mengutip situs Screen Rant, teori ini cocok dengan tema kebebasan yang diangkat dalam seluruh episode One Piece. Sebagaimana yang dikatakan salah satu Gorosei bahwa orang yang memiliki Hito Hito no Mi Model Nika adalah perwujudan dari prajurit pembebasan.

2. Luffy Keturunan Joyboy

Banyak fans yang percaya bahwa Joyboy memiliki keterikatan erat dengan klan D, tak terkecuali Monkey D. Luffy yang jadi tokoh utama di One Piece. Teori ini didukung oleh pernyataan Zunesha, salah satu makhluk yang mengenal Joyboy secara langsung,
Dalam suatu episode, Zunesha mengatakan bahwa dia dapat mendengar Drums of Liberation yang menandakan kembalinya Joyboy. Munculnya Drums of Liberation bertepatan saat buah iblis Luffy mengalami kebangkitan atau awakening.
Tak hanya itu, mengutip CBR, Luffy dan Joyboy juga terkoneksi melalui topi jerami mereka. Diceritakan bahwa harta karun yang tersimpan di Sacred Marijoa adalah topi jerami batu raksasa, yang dipercaya mirip dengan topi Joyboy.
ADVERTISEMENT

3. Penguasa Kerajaan Besar

Sebagian fans percaya bahwa Joyboy merupakan penguasa Kerajaan Besar yang menyatukan Senjata Kuno. Namun, dia dikhianati oleh pihak-pihak yang menginginkan senjata tersebut untuk menaklukkan dunia.
Pengkhianatan ini menyebabkan munculnya Bangsawan Dunia/Naga Langit Pemerintah Dunia yang mengubur dalam-dalam rahasia pada masa Abad Kekosongan itu. Itu sebabnya tidak banyak petunjuk tentang siapa itu Joyboy yang bisa didapatkan.
(ADS)