Tekno & Sains
·
15 September 2021 15:30
·
waktu baca 3 menit

Sikap Peduli Lingkungan yang Perlu Diterapkan Agar Tercipta Kelestarian Alam

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Sikap Peduli Lingkungan yang Perlu Diterapkan Agar Tercipta Kelestarian Alam (113175)
searchPerbesar
Sikap peduli lingkungan. Foto: Unsplash
Lingkungan merupakan segala sesuatu di sekitar manusia yang keberadaannya mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia.
ADVERTISEMENT
Menurut jurnal Lingkungan Hidup dan Pembangunan Berkelanjutan oleh S. Sayuti, S.T, terdapat setidaknya tiga unsur lingkungan yang secara tidak langsung memiliki pengaruh untuk kehidupan manusia.
  • Biotik, yaitu unsur lingkungan hidup yang terdiri mulai dari makhluk hidup seperti, manusia, hewan, tanaman.
  • Abiotik, yaitu unsur lingkungan hidup yang berasal dari benda-benda seperti, air, udara, dan lainnya.
  • Sosial budaya, yaitu unsur lingkungan yang diciptakan manusia dan di dalamnya terdapat beberapa nilai, gagasan, dan norma.
Keberadaan lingkungan yang memiliki manfaat penting untuk manusia perlu dilestarikan. Oleh karena itu, muncul beberapa gagasan terkait sikap peduli lingkungan.

Sikap Peduli Lingkungan

Sikap Peduli Lingkungan yang Perlu Diterapkan Agar Tercipta Kelestarian Alam (113176)
searchPerbesar
Ilustrasi sikap peduli lingkungan. Foto: Unsplash
Melansir jurnal Penanaman Nilai Peduli Lingkungan dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam karya Yeni Lestari, disebutkan bahwa sikap peduli lingkungan merupakan kewajiban setiap manusia.
ADVERTISEMENT
Pasalnya, manusia sebagai makhluk sosial juga perlu untuk berinteraksi dengan alam sekitar dan wajib menjaga serta melestarikannya. Oleh karena itu, sikap peduli lingkungan merupakan karakter yang sebaiknya dikembangkan oleh manusia.
Menurut Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter yang ditulis oleh Kementerian Pendidikan Nasional, peduli lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam sekitarnya dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan yang sudah terjadi
Artinya, dengan mengembangkan sikap peduli lingkungan, kerusakan alam bisa diminimalisir. Lantas, sikap peduli lingkungan seperti apa yang harus dikembangkan oleh manusia? Berikut ulasannya.
1. Menerapkan konsep 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle)
Menerapkan konsep 3R dalam meminimalisir terjadinya kerusakan lingkungan merupakan poin yang penting. Biasanya, konsep 3R diterapkan pada pengelolaan sampah.
ADVERTISEMENT
  • Reduce yang berarti mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan munculnya sampah.
  • Reuse berarti menggunakan kembali sampah-sampah yang bisa digunakan.
  • Recycle adalah mengolah kembali sampah tersebut menjadi barang yang lebih berguna (daur ulang).
2. Menggunakan produk ramah lingkungan
Sikap Peduli Lingkungan yang Perlu Diterapkan Agar Tercipta Kelestarian Alam (113177)
searchPerbesar
Ilustrasi sikap peduli lingkungan. Foto: Unsplash
Produk ramah lingkungan adalah produk yang biasanya menggunakan bahan-bahan non kimiawi atau yang bisa didaur ulang kembali. Dengan rajin menggunakan produk ramah lingkungan, pencemaran lingkungan karena benda-benda plastik akan lebih berkurang.
Selain itu, sudah banyak kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk menerapkan konsep ramah lingkungan ini. Misalnya, seperti tidak boleh menggunakan plastik saat berbelanja atau sedotan plastik yang diganti dengan kertas.
3. Bercocok tanam
Tanaman atau tumbuhan merupakan unsur lingkungan yang perlu dijaga agar tidak mudah mati. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk merawatnya, yakni dengan memulai bercocok tanam.
ADVERTISEMENT
Bercocok tanam di halaman rumah atau berkebun bisa membantu mengurangi pencemaran lingkungan. Sikap peduli lingkungan ini juga yang memiliki pengaruh besar.
Jika dirasa terlalu sulit, coba untuk memulainya dari hal kecil, seperti menyiram tanaman, mengganti pupuk, dan lainnya.
(JA)