Source Code: Pengertian, Macam, dan Jenis Berkasnya

Kabar Harian
Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
18 November 2021 17:52 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi source code pada komputer. Source code adalah file tempat kode dalam suatu program ditulis. Foto: Pexels.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi source code pada komputer. Source code adalah file tempat kode dalam suatu program ditulis. Foto: Pexels.
ADVERTISEMENT
Source code adalah suatu pernyataan yang ditulis dalam bahasa pemrograman komputer dan bisa terbaca oleh manusia. Menurut laman itbu.ac.id, kode sumber tersebut biasanya disimpan dalam suatu berkas teks. Atau bisa juga ditampilkan dalam wujud cuplikan kode yang dicetak pada buku atau media lainnya.
ADVERTISEMENT
Dalam pemrograman, source code adalah suatu berkas atau file tempat kode dalam suatu program ditulis. Kode sumber memiliki berbagai macam jenis, antara lain java, bahasa c, dan php.

Macam-macam Source Code

1. Java
Menurut buku The Best 40 Java Applications oleh Wahana Komputer, Java adalah bahasa pemrograman yang bisa dioperasikan di berbagai jenis komputer dan sistem operasi, termasuk telepon genggam.
Bahasa pemrograman ini dirilis pada 1995 dan berhasil dikembangkan oleh Sun Microsystems. Adapun kelebihan Java antara lain:
ADVERTISEMENT
2. Bahasa C
Bahasa C adalah standar bahasa pemrograman yang berlaku secara internasional untuk mempelajari konsep dasar pemrograman.
Berdasarkan buku Dasar Pemrograman dalam Bahasa C karya Bernadus Anggo Seno Aji, dkk., bahasa C termasuk ke dalam bahasa pemrograman yang menggunakan paradigma pemrograman prosedural.
Meski begitu, beberapa versi terbaru mulai ditambahkan fasilitas agar terorientasi dengan objek (C++). Berikut ini kelebihan Bahasa C:
ADVERTISEMENT
3. PHP
Menyadur dari buku PHP & MySql Secara Otodidak karya Anhar, Hypertext Preprocessor (PHP) adalah bahasa pemrograman web server-side yang bersifat open source.
PHP merupakan skrip yang terintegrasi dengan HTML dan berada pada server. Script PHP digunakan untuk membuat halaman situs web yang dinamis. Hal itu berarti halaman yang akan ditampilkan dibuat saat halaman itu diminta oleh klien.
Ilustrasi bahasa pemrograman yang mengandung source code. Foto: Pexels.

Jenis File Source Code

Setiap bahasa pemrograman mempunyai ekstensi berkas tersendiri. Berikut contohnya, dikutip dari buku Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas 10:
ADVERTISEMENT
(ZHR)