Food & Travel
·
13 September 2021 16:40
·
waktu baca 3 menit

Suku-Suku di Pulau Sulawesi: Bugis hingga Talaud

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Suku-Suku di Pulau Sulawesi: Bugis hingga Talaud (14038)
searchPerbesar
Suku Toraja menempati rumah adat Tongkonan. Foto: Pixabay
Pulau Sulawesi merupakan sebuah pulau yang berada di tengah Kepulauan Maluku dan Pulau Kalimantan. Luasnya sekitar 174.600 km persegi, yang membuat pulau ini menduduki sebagai pulau terbesar ke-4 di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pulau Sulawesi dibagi menjadi enam provinsi yaitu, Sulawesi Barat dengan ibukota Mamuju, Sulawesi Tengah dengan ibukota Palu, Sulawesi Selatan dengan ibukota Makassar, Gorontalo dengan ibukota Gorontalo, Sulawesi Utara dengan ibukota Manado, dan Sulawesi Tenggara dengan ibukota Kendari.
Beberapa suku bangsa masih mendiami wilayah keenam provinsi tersebut. Salah satu suku yang paling dominan adalah Suku Bugis. Suku Bugis dapat ditemukan di seluruh daerah yang terdapat di Pulau Sulawesi.
Selain Suku Bugis, masih terdapat suku-suku lainnya yang juga masih kental akan adat istiadat dan budayanya. Lantas, apa saja suku-suku yang masih menduduki wilayah Pulau Sulawesi? Simak uraian lengkapnya berikut ini.
Suku-Suku di Pulau Sulawesi: Bugis hingga Talaud (14039)
searchPerbesar
Ilustrasi Suku Bugis. Sumber: Portal Informasi Indonesia

Suku-Suku di Pulau Sulawesi

Mengutip dalam buku Ayo Mengenal Indonesia: Sulawesi karangan Tri Yulianto (2019: 10), berikut suku-suku yang mendiami wilayah Pulau Sulawesi.
ADVERTISEMENT
1. Suku Bugis
Suku Bugis merupakan suku yang paling banyak mendiami wilayah Pulau Sulawesi. Daerah persebarannya mulai dari Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Tengah.
Dalam kesehariannya, Suku Bugis menggunakan bahasa Bugis. Bahasa ini memiliki beberapa dialek, seperti dialek Pinrang yang mirip dengan dialek Sidrap.
2. Suku Mandar
Mayoritas Suku Mandar menempati wilayah Sulawesi Barat, meskipun persebarannya juga terdapat di wilayah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah.
Suku Mandar dalam kesehariannya menggunakan bahasa Mandar. Bahasa ini masuk ke dalam kelompok utara rumpun bahasa Sulawesi Selatan dalam cabang Melayu Polinesia dari rumpun bahasa Austronesia.
3. Suku Toraja
Suku Toraja mendiami pegunungan bagian utara Sulawesi Selatan. Namun, persebarannya juga terdapat di Kabupaten Tana Toraja, Kabupaten Mamasa, dan Kabupaten Toraja Utara. Mayoritas Suku Toraja memeluk agama Kristen Protestan, agama tertinggi kedua adalah Katolik.
ADVERTISEMENT
Dalam kehidupan sehari-hari, Bahasa yang digunakan oleh Suku Toraja dalam adalah Toraja-Sa’dan, Mamasa, Ta’e, Talondo’, Kalumpang, dan Toala’.
Suku-Suku di Pulau Sulawesi: Bugis hingga Talaud (14040)
searchPerbesar
Ilustrasi masyarakat asli Suku Makassar. Foto: Wikimedia Commons
4. Suku Makassar
Suku Makassar merupakan sebutan atau nama Melayu bagi suku yang tinggal di pesisir selatan Pulau Sulawesi. Suku Makassar masuk ke dalam rumpun bahasa Bentong, Selajar, dan Konjo.
Dikutip berdasarkan buku Ensiklopedi Suku Bangsa di Indonesia oleh Dr. Zulyani Hidayah (2015: 25), orang Makassar menyebut dirinya sendiri sebagai Mangkasra, yang artinya “mereka yang bersifat terbuka”. Suku ini terkenal dengan keberaniannya dan berjiwa penakluk, akan tetapi tetap menjunjung tinggi demokrasi dalam sebuah sistem pemerintahan.
5. Suku Buton
Suku Buton menempati wilayah Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kepulauan Buton. Karena berada di wilayah kepulauan, Suku Buton termasuk dalam suku pelaut. Sejak zaman nenek moyang, orang-orang Buton sudah menjadi pelaut dan merantau ke seluruh Nusantara.
ADVERTISEMENT
Adapun bahasa yang digunakan dalam kesehariannya, yaitu bahasa Wolio. Bahasa Wolio ini merupakan bahasa resmi pada sistem pemerintahan Kesultanan Buton.
6. Suku Minahasa
Suku Minahasa mendiami wilayah Sulawesi Utara, yang merupakan suku terbesar di provinsi ini. Suku Minahasa menggunakan berbagai bahasa dalam percakapan kesehariannya, seperti bahasa Manado, bahasa Tombulu, bahasa Tonsawang, bahasa Tonsea, dan bahasa Tontemboan.
7. Suku Talaud
Suku Talaud merupakan suku yang terletak di kawasan Sulawesi Utara, yang mendiami pulau-pulau kecil di kawasan Kepulauan Sangir, Kabupaten Talaud.
Suku Talaud memiliki enam dialek bahasa seperti Essang, Nanusa, Karakelang, Miangas, Sali-Babu, dan Kabaruan. Seperti bahasa Jawa, bahasa ini memiliki tingkatan halus, menengah, hingga kasar. Tak sedikit pula, Suku Talaud yang juga menggunakan bahasa Melayu Manado.
ADVERTISEMENT
(VIO)
Apa saja enam provinsi di Pulau Sulawesi?
chevron-down
Apa suku yang paling dominan di Pulau Sulawesi?
chevron-down
Apa saja bahasa yang digunakan dalam keseharian Suku Toraja?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020