Food & Travel
·
14 September 2021 10:01
·
waktu baca 3 menit

Suku-Suku di Pulau Sumatra: Melayu hingga Lampung

Konten ini diproduksi oleh Kabar Harian
Suku-Suku di Pulau Sumatra: Melayu hingga Lampung (1014009)
searchPerbesar
Sebagian wilayah yang mendiami Pulau Sumatra. Foto: Dok. GoogleMaps
Pulau Sumatra merupakan pulau keenam terbesar di dunia yang luasnya mencapai 443.065,8 kilometer persegi. Saat menjadi jalur perdagangan di masa lampau, Pulau Sumatra memiliki banyak sebutan, mulai Somaterra, Samotra, Samatra, Syamatra, Zamatra, atau Zamara.
ADVERTISEMENT
Pulau Sumatra terletak di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara. Di sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala, di timur dengan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Selat Sunda, dan di sebelah barat dengan Samudra Hindia.
Secara umum, Pulau Sumatra didiami oleh bangsa Melayu yang terbagi ke dalam beberapa suku besar. Suku-suku besar yang dimaksud di antaranya Suku Batak, Suku Palembang, Suku Minangkabau, dan masih banyak lagi.
Agar lebih memahaminya, simak gambaran mengenai suku-suku yang terdapat di Pulau Sumatra.
Suku-Suku di Pulau Sumatra: Melayu hingga Lampung (1014010)
searchPerbesar
Rumah adat asli Suku Minang, yaitu rumah Gadang. Foto: Kemdikbud

Suku-Suku di Pulau Sumatra

Merangkum buku Ayo Mengenal Indonesia: Sumatra 1 karya Munasifah (2019: 34), terdapat beberapa suku asli Pulau Sumatra yang tersebar di berbagai provinsi, di antaranya meliputi:
1. Suku Melayu
ADVERTISEMENT
Suku Melayu menjadi suku terbesar yang menduduki Pulau Sumatra. Hampir seluruh wilayah di pulau ini ditinggali oleh Suku Melayu.
Awal terbentuknya suku ini berasal dari munculnya Suku Anneuk Jamee di daerah Aceh dan masyarakat Negeri Sembilan di Semenanjung Malaya.
Rata-rata, Suku Melayu merupakan orang asli yang berasal dari daerah Sumatera Selatan, Jambi, Kepulauan Riau, Riau, Bengkulu, Sumatera Utara, dan lainnya.
2. Suku Aceh
Suku Aceh mendiami wilayah Pulau Sumatra bagian utara. Mereka merupakan penduduk asli daerah Nangroe Aceh Darussalam. Adapun nenek moyang mereka berasal dari Arab, Melayu, dan India.
Dulunya, Suku Aceh banyak yang memeluk agama Hindu. Namun, setelah berkembangnya Islam di Indonesia, mereka kemudian berpindah dan memeluk agama Islam.
ADVERTISEMENT
3. Suku Minangkabau
Suku Minangkabau atau lebih dikenal dengan Suku Minang, merupakan suku dari Pulau Sumatra yang sebagian besar mendiami Sumatera Barat. Dalam kesehariannya, suku ini menggunakan bahasa Minangkabau, yang merupakan cabang dari bahasa Austronesia.
Suku Minang kerap kali menyebut diri mereka sebagai Urang Awak, yang artinya adalah Orang Minang. Uniknya, Suku Minangkabau ini dinilai memiliki kemampuan berdagang yang lebih hebat dari Kerajaan Melayu dan Kerajaan Sriwijaya.
Suku-Suku di Pulau Sumatra: Melayu hingga Lampung (1014011)
searchPerbesar
Kesenian daerah Suku Nias adalah lompat batu. Foto: Flickr
4. Suku Palembang
Suku Palembang mendiami Kota Palembang dengan mayoritas berdomisili di Tepian Sungai Musi. Di wilayah lain juga terdapat Suku Palembang yang masih terdapat keturunan dari suku asli, di antaranya masyarakat yang tinggal di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Bengkulu, dan Jambi.
5. Suku Batak
ADVERTISEMENT
Suku Batak merupakan suku asli yang terletak di Tapanuli dan Sumatra Utara. Mayoritas suku ini memeluk agama Kristen.
Jenis dari Suku Batak pun ada bermacam-macam, di antaranya Batak Toba, Batak Simalungun, Batang PakPak, Batang Mandailing, Batak Angkola, Batak Karo, dan masih banyak lagi.
Suku-Suku di Pulau Sumatra: Melayu hingga Lampung (1014012)
searchPerbesar
Ilustrasi dari rumah adat Sumatra Utara. Foto: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatra Utara
6. Suku Nias
Suku Nias banyak berdomisili di Sumatra Utara, dengan penduduk asli yang dikenal dengan nama Ono. Pulau yang dapat dihuni oleh Suku Nias disebut oleh mereka sebagai Tano Niha.
7. Suku Mentawai
Suku Mentawai mendiami Kepulauan Mentawai, yang tergolong dalam Proto Melayu. Suku Mentawai masih kental akan budaya tradisional dan kehidupannya yang masih terikat adat istiadat.
Masyarakat Suku Mentawai masih mempercayai animisme, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang. Spiritualitas Suku Mentawai juga dicirikan dalam bentuk tato di tubuh, serta mengasah gigi yang menurut mereka dapat meningkatkan kecantikan.
ADVERTISEMENT
8. Suku Lampung
Seperti namanya, Suku Lampung mendiami Provinsi Lampung. Suku ini juga dikenal sebagai Suku Ulun Lampung atau Suku Orang Lampung.
Secara umum, suku di Lampung sendiri dibagi menjadi dua, yaitu Lampung Saibatin dan Lampun Pepadun. Inilah yang menyebabkan Lampung memiliki semboyan Sai Bumi Ruwa Jurai, yang bermakna “Satu Bumi Dua Jiwa”.
(VIO)
Apa suku yang paling banyak ditemukan di Pulau Sumatra?
chevron-down
Berasal dari manakah nenek moyang Suku Aceh?
chevron-down
Bahasa apa yang digunakan Suku Minangkabau?
chevron-down
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white