Sumber Peluang Usaha dari Faktor Eksternal dan Internal

Menyajikan beragam informasi terbaru, terkini dan mengedukasi.
Konten dari Pengguna
2 November 2021 17:55
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Kabar Harian tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber peluang usaha. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Sumber peluang usaha. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Peluang usaha terdiri dari beberapa faktor yang bisa memengaruhinya. Ada dari eksternal, ada juga yang berasal dari internal.
ADVERTISEMENT
Peluang usaha bisa dikatakan sebagai momen bagi pengusaha untuk memajukan usaha yang telah dibangunnya. Dengan begitu, usaha bisa berkembang, terus meningkat, dan mendapatkan banyak konsumen.
Sama seperti kesempatan, peluang yang diberikan tidak bisa datang dua kali. Oleh karena itu, ketika mendapatkan peluang, sebisa mungkin pikirkan dampak-dampak yang akan berpengaruh pada perkembangan usaha tersebut.
Seperti yang telah disebutkan, sumber peluang bisa berasal dari faktor internal dan eksternal. Mengutip jurnal yang berjudul Analisis Faktor Internal dan Faktor Eksternal dalam Mengembangkan Usaha karya Sri Karina, faktor internal merupakan faktor peluang usaha yang berasal dari dalam lingkungan bisnis.
Sementara itu, faktor eksternal merupakan faktor peluang usaha yang berasal dari luar lingkungan bisnis. Biasanya, sumber peluang usaha dari faktor eksternal adalah pengalaman dari pengusaha tersebut.
ADVERTISEMENT

Faktor Internal Peluang Usaha

Faktor internal peluang usaha. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Faktor internal peluang usaha. Foto: Unsplash
Membahas tentang faktor peluang usaha, berikut faktor internal dari peluang usaha yang berpengaruh pada perkembangan usaha tersebut.
Simak di bawah ini, seperti yang dikutip dari jurnal Pengaruh Faktor Internal, Faktor Eksternal, dan Faktor Pendidikan Terhadap Intensi Kewirausahaan karya Hengky Widhiandono, dkk.
1. Wawasan atau pengetahuan
Seorang pengusaha membutuhkan wawasan serta pengetahuan yang luas untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya. Mulai dari cara memasarkannya, hingga keterampilannya dalam meyakinkan konsumen.
Oleh karena itu, faktor internal berupa wawasan dan pengetahuan merupakan hal penting untuk memajukan usaha.
2. Pengalaman dalam dunia bisnis
Seseorang yang memiliki pengalaman di dunia bisnis sebelumnya tentu lebih terampil dalam mengembangkan usahanya. Pasalnya, ia lebih mengetahui produk seperti apa yang memang diinginkan di pasaran.
ADVERTISEMENT
3. Sumber daya manusia atau kreativitas
Pengusaha yang memiliki kreativitas yang tinggi bisa lebih mudah mengeluarkan ide-idenya untuk mengembangkan usahanya tersebut.
Ide-ide kreatif yang disalurkan biasanya berhubungan dengan cara untuk mempromosikan usahanya tersebut.

Faktor Eksternal Peluang Usaha

Faktor eksternal peluang usaha. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Faktor eksternal peluang usaha. Foto: Unsplash
Setelah membahas tentang faktor internal, berikut faktor eksternal peluang usaha, yakni:
1. Masalah yang dihadapi
Masalah atau fenomena di sekitar merupakan salah satu faktor eksternal. Misalnya, terdapat masalah air yang sulit untuk diserap oleh tanah, sehingga peluang usaha untuk membuat biofilter bisa menjadi usaha yang bisa berkembang pesat.
2. Permintaan pasar
Permintaan pasar bisa menjadi faktor eksternal karena pengusaha bisa melihat besarnya permintaan pasar, sehingga pengusaha tersebut menciptakan produk yang diinginkan oleh pasar.
ADVERTISEMENT
Dengan begitu, usaha yang diciptakan oleh pengusaha bisa mendatangkan para pembeli, bukan lagi pengusaha yang mencari pembelinya.
3. Menciptakan hal baru dari yang sudah ada
Produk yang pernah ada dan diminati oleh banyak orang bisa menjadi peluang usaha untuk menciptakan hal baru. Misalnya bermunculan merek kopi karena industri tersebut tengah digandrungi oleh berbagai kalangan masyarakat.
(JA)